Menelusuri Jejak Candi Abang
18 Feb

Menelusuri Jejak Candi Abang

Candi Abang – Pada umumnya candi-candi di Indonesia memiliki keunikan dan kemegahan pada arsitektur bangunannya. Namun Candi Abang di Yogyakarta inimemiliki keunikan tersendiri. Meskipun bangunan candi tidak berdiri megah, namun memiliki pesona tersendiri. Candi ini terkenal dengan bukit teletubbis nya Yogyakarta. dikarenakan bangunan candi yang tinggal puing-puingnya tersebut telah ditumbuhi dengan rerumputan sehingga membentuk sebuah gundukan tanah menyerupai bukit. Banyak orang yang datang kesana kemudian bertanya “Namanya Candi Abang (merah), tapi kok tidak ada candinya ya?” memang jika dilihat disana tidak terdapat bangunan megah yang menyerupai candi. Dan kita tidak akan menemukan bangunan candi seperti pada umumnya.

Candi Abang – Photo by @deviagnes

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Candi Abang

Asal Usul Candi Abang ini dibangun sekitar abad ke-9 sampai abad ke-10. Candi tersebut dinamakan Candi Abang (merah) karena tersusun dari batu bata yang berwarna merah. Jika lebih teliti melihat sekeliling, kita akan menemukan sisa-sisa batu bata merah penyusun bangunan Candi Abang. Bentuk candi Hindu ini berupa segi empat dengan ukuran 36 m x 34 meter. Pada waktu pertama kali ditemukan, dalam candi ini terdapat arca dan alas yoni lambang dewa Siwa berbentuk segi delapan.

Candi Abang – Photo by @fabian.iqbal.948

Lokasi Candi Abang

Lokasi Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk mencapai kesana lebih mudah jika menggunakan motor. Kalaupun menggunakan kendaraan roda empat masih memungkinkan meskipun jalanan agak kecil. Sayangnya, akses transportasi umum tidak menjangkau tempat tersebut karena berada disebuah desa yang jauh dari jalan raya. Jalan yang akan dilalui menuju ke candi cukup bagus meskipun kecil dan berkelok-kelok. Setidaknya sudah beraspal meskipun disepanjang jalan menuju kesana tidak terdapat lampu jalan, sehingga perlu berhati-hati jika memlalui jalan itu pada petang hari. Kamu bisa menggunakan GPS untuk menemukan rute menuju Candi Abang.

 

Harga Tiket Candi Abang

Wisata ke Candi Abang belum dikelola dengan baik. Untuk masuk ke kawasan Candi Abang pengunjung tidak dikenakan harga tiket masuk Candi Abang. Pengunjung hanya membayar biaya parkir sebesar 2000 rupiah. Karena letaknya yang berada di atas bukit yang dikelilingi banyak pepohonan, menjadikan pengunjung yang ingin masuk kedalam harus berjalan kira-kira sekitar 100 meter untuk mencapai puncak. Dari jalan masuk menuju puncak, sepeda motor memang tidak bisa lewat. Akan tetapi, ada jalur khusus untuk para penyepeda (bikers). Jalanan yang tidak rata dan menantang membuat sensasi tersendiri untuk bikers.

Pada waktu sampai di puncak Candi Abang, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Disebelah utara Gunung Merapi terlihat dengan gagahnya. Sedangkan disebelah timur terlihat hijaunya perbukitan Gunung Kidul. Sedangkan disisi lainnya nampak sawah-sawah yang masih hijau. Dengan lokasinya yang dekat dengan Bandara Adi Sucipto, akan terlihat pesawat yang melintas.

Candi Abang – Photo by @sennylatifah

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Candi Abang

Beberapa tips jika ingin pergi ke Candi Abang yang pertama yaitu siapkan kendaraan pribadi dengan kondisi yang prima. Sehingga tidak mengalami kesulitan ketika melewati tanjakan serta dan mengatur kecepatan ketika menuruni bukit. Kedua yaitu persiapkan makanan dan minuman yang cukup. Karena disana tidak ada satupun warung dan orang yang berjualan. Bahkan didekat kawasan Candi Abang hanya terdapat beberapa rumah saja yang berdiri disana. Ketiga yaitu gunakanlah sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak licin. Sehingga ketika kita menaiki puncak Candi Abang akan terasa nyaman. Hal yang terpenting yaitu hindari ke Candi Abang pada waktu musim kemarau. Karena rumput yang hijau dipuncak bukit akan berubah menjadi kecokelatan sehingga kurang menarik ketika difoto.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja candi abang ini?

Info Wisata Jogja Menarik Lainnya

Wisata Kekinian di Stonehenge Cangkringan Stonehenge Cangkringan - Belakangan ini di Media Sosial sedang viral foto lokasi wisata di Yogyakarta yang mirip dengan Stonehenge di Inggris. Karena ...
Asrinya Air Terjun Kedung Bendo Air Terjun Kedung Bondo - saat musim penghujan tiba, paling menyenangkan adalah pergi ke wisata air terjun yang ada di Yogyakarta. DI Jogja banyak sek...
Destinasi Wisata Pantai Menawan di Gunung Kidul Jo... Deretan Destinasi Pantai yang Menawan di Gunung Kidul Jogja, Tempat Wisata Terindah - Apa yang akan anda pikirkan jika mendengar tentang Pantai di Kot...
Trekking dan Camping Menantang di Bukit Pengilon Bukit Pengilon - Saat ini Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk sebagai salah satu Kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Maka dari itu tak ...

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved