Curug Bayat – Air Terjun Dengan Keindahan Alami
29 Jan

Curug Bayat – Air Terjun Dengan Keindahan Alami

Curug Bayat – Gunungkidul memang surganya wisata alam. Kondisi geografis yang berupa perbukitan dan pegunungan membuat Gunungkidul menyimpan potensi wisata alam yang menjanjikan. Salah satu potensi wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika liburan nanti adalah Wisata Curug Bayat. Curug Bayat atau yang biasa dikenal juga sebagai Curug Tegalrejo adalah wisata air terjun dengan pemandangan alam indah yang mengelilingi air terjun tersebut. Tak banyak orang yang tahu akan keberadaan lokasi wisata alam ini, sehingga cocok kamu kunjungi jika berwisata ke Jogja pada waktu peak season.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 curug-bayat-@salwa.r.77 Curug Bayat - Air Terjun Dengan Keindahan Alami

Curug Bayat – Photo by @salwa.r.77

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Curug Bayat

Asal Usul Curug Bayat dinamakan seperti itu karena lokasi curug tersebut dekat dengan wilayah Bayat yang ada di Klaten. Padahal sebenarnya lokasi curug Bayat tersebut berada di wilayah Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul. Maka dari itu ada orang yang menyebutnya Curug Bayat, ada pula yang menyebutnya sebagai Curug Tegalrejo.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 curug-bayat-@bingah_inawati Curug Bayat - Air Terjun Dengan Keindahan Alami

Curug Bayat – Photo by @bingah_inawati

Lokasi Curug Bayat

Lokasi Curug Bayat terletak di Tegalrejo, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul. Meskipun lokasinya berada di Gunugkidul, namun biasanya orang-orang yang ingin datang ke sana dari Kota Jogja lebih sering lewat wilayah Klaten daripada lewat Patuk, Gunungkidul. Hal tersebut karena jika lewat Klaten akan lebih dekat daripada lewat Gunungkidul. Dengan estimasi jarak kira-kira 30 kilometer, untuk mencapai curug yang masih eksotis tersebut dapat ditempuh dengan waktu lebih dari 1 jam perjalanan.

 

Rute Menuju Curug Bayat

Rute menuju Curug Bayat ini dapat kamu tempuh melalui Jalan Jogja-Solo yang mengarah ke Prambanan. Setelah melewati Prambanan, kamu lanjutkan perjalanan hingga ke daerah Stasiun Srowot Klaten. Setelah itu ikuti petunjuk ke arah Pasar Wedi. Ikuti petunjuk yang mengarahkan ke Pasar Bayat. Ketika menemukan Koramil di pertigaan, ambil arah ke kiri. Setelah itu kamu akan menemukan gapura perbatasan. Ikuti saja jalan tersebut dan ikuti petunjuk arah menuju Curug Bayat. Setelah menemukan lokasi Curug Bayat ini kamu harus menitipkan motor dan trekking terlebih dahulu untuk bisa mencapai lokasi air terjun tersebut. Pemandangan dengan pepohonan dan tumbuhan liar akan menyambutmu. Kira-kira 15 menit setelah trekking, baru kamu bisa menemukan keindahan Curug Bayat yang bentuknya seperti bertingkat-tingkat.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 curug-bayat-@mr.bawor_ Curug Bayat - Air Terjun Dengan Keindahan Alami

Curug Bayat – Photo by @mr.bawor

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Curug Bayat

Harga Tiket Masuk Curug Bayat

Harga tiket masuk Curug Bayat ini tergolong murah yaitu Rp 3000 saja. Untuk fasilitas yang ada disana masih minim sekali karena belum dikelola secara profesional. Namun tetap saja mengunjungi Curug Bayat ini pasti akan mengasyikkan karena kamu bisa bermain-main air sepuasnya di tengah-tengah hutan yang masih asri. Apalagi di bawah air terjunnya terdapat kedung-kedung kecil yang cocok digunakan untuk berenang. Namun sebaiknya kamu kesana pada waktu musim hujan karena debit airnya akan banyak. Jika kesana saat musim kemarau, air yang sedikit akan membuat kondisi air terjun kurang menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja curug bayat ini?

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved