Kali Kuning: Wisata Lereng Merapi yang Asri
6 Jan

Kali Kuning: Wisata Lereng Merapi yang Asri

Kali Kuning – Tempat wisata alam lereng merapi Jogja yang asri. Jika ingin mencari destinasi wisata di Yogyakarta dengan nuansa sejuk dan pemandangan ala puncak maka destinasi wisata di sekitar lereng Merapi jawabannya. Biasanya orang-orang hanya tahu wilayah Kaliurang maupun Cangkringan yang menjadi tempat tinggal Mbah Marijan. Namun sebenarnya masih banyak lagi tempat lain di lereng Merapi yang menawarkan keindahan alam. Tempat tersebut salah satunya adalah Kali kuning. Kali kuning jogja merupakan tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi yang menawarkan keindahan panorama alam. Dengan pemandangan alam berupa bukit, pegunungan, hutan dengan pepohonan yang tinggi serta udara yang sejuk dan segar membuat lokasi tersebut adalah tempat yang tepat untuk berlibur setelah berkutat dalam rutinitas yang melelahkan.

Kali Kuning – Photo by @arie_shusanto

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Kali Kuning

Di Kali Kuning sendiri ada dua tempat yang bisa kamu kunjungi. Tempat pertama yaitu Plunyon Kali kuning dan yang kedua adalah lokasi wisata baru yang bernama Kali Kuning Park. Kedua tempat tersebut sama-sama memiliki keistimewaan masing-masing. Agar tidak salah tempat ketika ingin kesana maka akan dibahas satu persatu.

Plunyon Kali Kuning

Lokasi Kali Kuning ini berada di Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu tidak familiar dengan nama daerahnya maka tinggal cari saja di Google Maps dan ikuti saja rute yang diarahkan. Untuk Rute Kali kuning dapat kamu tempuh dari Kota Yogyakarta dengan melalui Jalan Kaliurang. Setelah itu kamu harus melalui persimpangan Pakem menuju Cangkringan. Ambil jalan yang belok ke arah kanan atau timur yang mengarahkan ke Cangkringan. Selanjutnya ambil arah menuju Kalikuning. Setelah sampai di sana kamu bisa menitipkan kendaraan di pinggir jalan desa dan menuruni anak tangga menuju Kali Kuning.

Keistimewaan Plunyon Kali Kuning ini adalah pada keindahan alamnya yang masih alami. Disana banyak sekali tumbuh pepohonan tinggi dengan aneka jenis tumbuhan. Suasana alam yang jarang dijamah manusia masih terasa kental. Selain itu di Kali kuning Yogyakarta juga terdapat tebing andesit yang dapat dipanjat oleh para pecinta olahraga extreme. Dahulu Plunyon kali kuning merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun pasca letusan Gunung Merapi, keadaan Kali Kuning pun berubah. Banyak pepohonan yang hilang akibat erupsi Gunung Merapi sehingga tempat tersebut tidak memiliki daya tarik lagi bagi wisatawan.

Namun setelah beberapa tahun pasca erupsi Merapi, kini Kali Kuning mulai menampakkan lagi keindahannya. Pohon-pohon pun mulai tumbuh subur di area tersebut. Di kawasan tersebut juga terdapat berbagai jenis pepohonan seperti pohon pinus, pohon puspa, pohon rasamala, pohon kina, kantung semar dan lainnya. Bahkan jika kamu kesana pada waktu yang tepat dan sedang beruntung, maka kamu dapat melihat elang Jawa yang populasinya kini semakin menurun. Selain itu disana juga terdapat jembatan ikonik yang dikenal sebagai jembatan Plunyon. Biasanya para pengunjung menjadikan tempat tersebut sebagai spot foto favorit.

Kali Kuning – Photo by @marcella_ong

Di Plunyon Kalikuning juga terdapat aliran sungai yang sumber airnya berasal dari mata air Umbul Wadon. Pada waktu musim penghujan debit airnya bisa mencapai 650 liter/detik sedangkan saat kemarau tiba debit airnya hanya 400 liter/detik. Di sungai tersebut kamu bisa melakukan aktivitas susur sungai dengan ditemani oleh pemandu. Selain susur sungai, aktivitas yang bisa dilakukan disana antara lain outbond hingga camping. Dengan kondisi alam yang masih alami maka tempat tersebut cocok untuk digunakan sebagai area camping.

 

Rute Menuju ke Wisata Kali Kuning

Lokasi Wisata Kali kuning Park Jl. Bebeng, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute menuju Kali Kuning Park jika ditempuh dari Kota Yogyakarta adalah melalui jalan Kaliurang dan menuju ke Pakem. Setelah itu di persimpangan Pakem, kamu ambil jalan yang belok ke kanan atau timur arah Cangkringan. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah utara hingga kamu akan melewati camp-camp wisata jeep. Tak jauh dari situ, di kiri jalan kamu akan menemukan Wisata Kali Kuning Park yang dihiasi dengan beragam spot foto buatan yang menjadi ikon dari tempat tersebut. Jika bingung mencari lokasinya dimana kamu bisa memanfaatkan GPS atau bertanya dengan masyarakat setempat.

Wisata Kali Kuning Park ini bisa dibilang wisata yang masih baru di daerah tersebut. Disana terdapat banyak spot foto buatan dengan berlatar keindahan alam. Beberapa spot foto yang sudah ada disana adalah spot foto berbentuk hati, kupu-kupu dan Bunga. Spot foto itu dibuat agar memanjakan para pengunjung yang hobi ber-selfie. Selain itu keunikan lain dari tempat tersebut yaitu disana kamu bisa berfoto dengan burung hantu yang merupakan spesies satwa endemic di Lereng Gunung Merapi. Jika kamu ingin melihat keindahan bukit kali kuning dan pemandangan lereng Gunung Merapi dari ketinggian, maka kamu bisa naik ke gardu pandang disana yang tingginya mencapai empat meter.

Tiket Masuk ke Kali Kuning

Untuk tiket masuk kesana cukup murah yaitu hanya Rp 3000 saja. Meskipun tergolong lokasi wisata baru, namun Kali Kuning Park ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalanpun memudahkan para wisatawan untuk menemukannya. Bagi yang suka berfoto-foto dan eksis di sosial media pasti akan menyukai tempat ini. Apalagi jika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat Gunung Merapi yang gagah menampakkan diri dan kamupun bisa berfoto dengan berlatarkan pemandangan Gunung Merapi yang indah.

Di sepanjang perjalanan menuju wisata Kali Kuning kesana kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Jika di Kota Jogja suhu udaranya lebih tinggi, maka ketika memasuki daerah Kaliurang kamu sudah bisa menikmati suhu udara yang sejuk dengan pemandangan indah yang memanjakan mata. Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju kesana memakan waktu sekitar satu jam hingga satu jam setengah. Jaraknya dari Kota Jogja hanya 30 kilometer. Jadi tempat tersebut cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin mendapatkan suasana alam ala puncak namun tidak terlalu jauh lokasinya dari Kota Jogja.

Berbagai macam penginapan juga tersedia di sekitar area Kali Kuning atau Cangkringan. Kamu bisa memilih sendiri jenis penginapan seperti apa yang kamu butuhkan. Biasanya jika kesana dengan banyak rombongan maka wisatawan cenderung lebih suka untuk memilih menyewa villa. Namun bagi kamu yang ingin menginap di hotel berbintang sayangnya belum tersedia disana.

Kali Kuning – Photo by @erzaleyva

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Kali Kuning

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung kesana adalah saat pagi hari. Kamu akan merasakan dinginnya udara di area Kali Kuning dan segarnya udara disana yang bebas dari polusi. Namun datang kesana waktu siang hari pun tidak masalah. Karena lokasinhya yang berada di dataran tinggi maka tak akan terasa terik matahari. Sebaiknya jika ingin mendapatkan pemandangan indah dan melihat kegagahan Gunung Merapi maka pastikan kamu berkunjung kesana saat cuaca sedang cerah.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja kali kuning ini?

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved