Memacu Adrenalin di Pantai Timang
6 Jan

Memacu Adrenalin di Pantai Timang

Pantai Timang – Liburan ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke wisata pantainya. Namun wisata Pantai Selatan yang ada di Bantul Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis atau Pantai Goa Cemara pasti sudah kamu coba semuanya. Apalagi jika kesana pada waktu liburan bisa dipastikan tempat tersebut ramai dengan wisatawan karena memang menjadi tempat yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Namun ada alternative pantai lain di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 panta-timang-@dedetisno Memacu Adrenalin di Pantai Timang

Pantai Timang – Photo by @dedetisno

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Pantai Timang

Pantai-pantai di Gunungkidul sangat recommended untuk dikunjungi. Bahkan pantai-pantai disana memiliki keunikan tersendiri antar pantai yang satu dengan pantai yang lain. Ada yang berpasir putih dengan bibir pantai yang luas, ada yang cocok digunakan untuk menikmati sunrise atau sunset, ada yang berkarang, ada yang dikelilingi tebing tinggi, ada yang menawarkan pengalaman snorkling, dan berbagai keunikan lainnya yang tidak ada habisnya untuk di explore.

Jika kamu bingung untuk menentukan berkunjung ke pantai mana, mungkin Pantai Timang dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu hanya ingin liburan santai di pantai dan ingin menikmati keindahan pantai sambil sesekali selfie untuk dibagikan ke sosial media. Pantai Timang ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan pantai lain yang ada di Gunungkidul. Keunikan tersebut adalah Pantai Timang memiliki jembatan pantai timang dan gondola yang bisa digunakan wisatawan untuk menyeberang ke karang di seberang bibir pantai. Pengalaman naik ke gondola atau jembatan gantung di tengah laut pasti memacu adrenalin para wisatawan yang mencobanya.

Tarif Masuk ke Pantai Timang

Jika kamu berkunjung ke Pantai Timang ini sebaiknya persiapkan budget ekstra. Tarif Pantai Timang ini sebenarnya sama dengan tiket masuk di Pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul yaitu Rp. 5.000. Tiket masuk Pantai Timang tersebut berlaku untuk per orangnya. Jika kamu ingin merasakan sensasi naik jembatan gantung atau naik gondola maka kamu harus mengeluarkan biaya tambahan. Untuk melewati jembatan gantung biayanya sebesar Rp. 100.000. Sedangkan biaya kereta gantung pantai timang adalah sebesar Rp. 150.000. Biaya tersebut mungkin bagi sebagian orang dianggap cukup mahal.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 panta-timang-@d27_dipe Memacu Adrenalin di Pantai Timang

Pantai Timang – Photo by @d27_dipe

Namun itu sebanding dengan pengalaman seru nan ekstrim ketika kamu mencoba kereta gantung atau jembatan gantung yang panjangnya mencapai 200 meter tersebut. Pastinya tarif yang agak mahal tersebut juga dikarenakan proses pembangunan jembatan gantung tersebut memakan biaya yang tak murah. Jadi jika kamu kesana, wajib untuk mencoba jembatan gantung atau gondolanya. Pengalaman meliuk-liuk di jembatan gantung yang diterpa angin sambil deg-degan melihat bawah adalah laut akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Jadi ketika berkunjung kesana tak usah memikirkan harga naik gondola pantai timang yang agak berat di kantong. Itu semua akan terbayar dengan sebuah pengalaman yang menyenangkan.

 

Sebenarnya dahulu Pantai Timang ini bukanlah sebuah lokasi wisata. Tidak seperti pantai lainnya di Gunungkidul yang kebanyakan memiliki pasir putih yang luas, Pantai Timang ini hanya dikelilingi karang-karang. Dahulu orang-orang yang datang ke Pantai Timang tersebut adalah para nelayang yang ingin mencari lobster. Untuk mencari lobster, mereka harus ke tengah pantai atau menuju ke batu karang yang ada di seberang pantai. Untuk menuju kesana lalu para nelayan tersebut kemudian membuat gondola tradisional agar bisa menyeberang ke karang tersebut. Akhirnya para masyarakat setempat berinisiatif untuk menjadikan hal itu sebagai daya tariff wisata yang ada di Pantai Timang.

Tak disangka, Nama Pantai Timang dari waktu ke waktu semakin dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan lokasi tersebut sudah pernah digunakan untuk syuting iklan, film maupun reality show. Wisatawan yang datang kesana pun tak ragu-ragu untuk ikut mencoba gondola dan jembatan gantungnya. Meskipun kereta gantung atau gondola yang dibuat oleh masyarakat setempat masih sangat sederhana, namun tetap terjaga keamanannya. Jadi jangan ragu untuk ikut merasakan kengerian berjalan di atas jembatan gantung atau terbang dengan kereta gantung yang ada di Pantai Timang.

Lokasi Pantai Timang

Lokasi Pantai Timang berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Timang ini memang cukup jauh jika ditempuh dari Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja membutuhkan waktu dua setengah jam hingga tiga jam untuk sampai di lokasi wisata. Jika ditempuh dari Ibukota Kabupaten Gunung Kidul yaitu Wonosari, jaraknya kurang lebih 35 kilometer. Namun perjalanan panjang dan jauh itu akan terbayarkan jika kamu sudah sampai disana dan melihat sendiri keunikan Pantai Timang yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Apalagi di sepanjang perjalanan kamu juga akan melewati jalanan yang menanjak dan berkelok-kelok. Pemandangan Kota Yogyakarta dari atas bukit akan memanjakan matamu.

jalan menuju Pantai Timang sebagian besar sudah bagus dan beraspal. Jadi tidak masalah jika kamu ingin kesana menggunakan motor atau mobil. Namun perlu hati-hati karena jalanan berliku-liku dan menanjak. Dibutuhkan konsentrasi tinggi dan skill mengendarai yang oke. Jika malam hari di sepanjang jalan menuju Pantai Timang atau jalan pulang menuju Kota Yogyakarta banyak titik-titik jalan yang minim lampu penerangan, jadi pastikan lampu kendaraanmu berfungsi dengan baik.

Rute Menuju Pantai Timang

Rute Menuju ke Pantai Timang yang bisa kamu tempuh jika dari Kota Yogyakarta adalah lewat Jalan Wonosari hingga mengikuti jalan sampai ke pusat Kota Wonosari. Setelah itu ambil arah ke Pantai Baron. Di pusat Kota Wonosari Akan ada papan petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron kamu akan menemukan pertigaan Mulo. Disitu kamu bisa ambil arah ke Kiri menuju arah Pantai Siung. Setelah sampai di Pasar Dakbong maka kamu bisa ambil rut eke arah Pantai Timang. Disitu nanti kamu akan melihat petunjuk jalan yang mengarahkan kesana. Jika bingung dan merasa tidak familiar dengan rute tersebut maka sebaiknya kamu menggunakan GPS. Namun biasanya ketika akan sampai di pantai seringkali sinyal internet akan melemah. Kamupun tak perlu ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Sedikit Tips Saat Berkunjung ke Pantai Timang

Pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen berhargamu ketika melewati jembatan gantung atau gondola. Membawa action cam adalah pilihan yang tepat karena bisa mengambil dari sudut pandang yang luas. Jika ingin mendapatkan view yang bagus maka kamu harus kesana saat cuaca bagus dan cerah. Tak seru kan jika kesana saat cuaca sedang hujan. Ototmatis kamu pun tak bisa mencoba pengalaman naik kereta gantung atau jembatan gantung yang ada disana. Jika kamu ingin mencoba lobster hasil tangkapan nelayan setempat maka jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada pihak pengelola tentang tempat untuk membeli hasil tangkapan lobster nelayan.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 panta-timang-@ventrithio Memacu Adrenalin di Pantai Timang

Pantai Timang – Photo by @ventrithio

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Pantai Timang

Jika kamu masih belum puas menjelajah dan memacu jantung di Pantai Timang, maka kamu bisa melanjutkan liburanmu dengan mengeksplore destinasi wisata yang ada di sekitar. Cobalah untuk berkujung ke pantai-pantai terdekat yang ada di Pantai Timang seperti Pantai Nglambor yang cocok untuk snorkling, Pantai Jogan yang memiliki air terjun musiman, hingg Pantai Pok Tunggal yang memiliki pasir putih dan view yang eksotis.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja pantai timang ini?

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved