Camping Seru di Tebing Watu Mabur
7 Jan

Camping Seru di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur – Biasanya jika ingin melakukan aktivitas camping sewaktu liburan pasti destinasi pilihan yang terbesit di benak kamu adalah gunung atau pantai. Jika camping di gunung membutuhkan effort lebih untuk melakukan pendakian, namun jika camping di pantai sepertinya kurang asyik jika sudah memasuki musim penghujan. Jika kamu ingin camping tanpa effort namun tetap mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata maka kamu harus mencoba untuk camping di salah satu camping area yang ada di Yogyakarta. Namanya yaitu Tebing Watu Mabur. Tempat tersebut masih belum banyak didatangi orang untuk camping namun pengelola setempat sudah menyediakan area untuk wisatawan yang ingin camping disana. Dengan view yang indah dan sepi dari pengunjung membuat tempat ini cocok didatangi bagi kamu yang ingin mendapatkan kedamaian dan ingin merasakan ketenangan.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 tebing-watu-mabur-@upiecupi Camping Seru di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur – Photo by @upiecupi

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur Bantul merupakan destinasi wisata baru di Yogyakarta yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Konsep wisata ini sebenarnya sama dengan destinasi wisata lainnya seperti wisata Kebun Buah Mangunan, wisata Bukit Panguk Kediwung, dan wisata lainnya yang masih satu area dengan Tebing Watu Mabur Dlingo Bantul. Semua destinasi wisata tersebut sama-sama menawarkan keindahan alam dan sensasi pagi berkabut sehingga seperti berada di negeri atas awan. Namun Tebing Watu Mabur Imogiri ini memiliki keunikan lainnya. Disana kamu juga bisa bercamping dengan tenda menghadap tepat ke arah tebing. Jadi bisa kamu bayangkan sendiri ketika camping disana kemudian pagi-pagi bangun dan keluar tenda melihat pemandangan berkabut yang indah. Apalagi saat ini lokasi tersebut belum terlalu terkenal sebagai tempat camping. Biasanya wisatawan hanya kesana untuk berfoto saja dan melanjutkan untuk mengunjungi destinasi lain. Jadi jika kamu camping disana akan terasa seperti tempat milik pribadi.

Area tempat wisata Tebing Watu Mabur itu dulunya hanyalah tempat kosong yang dipenuhi dengan tanaman liar. Padahal tempat tersebut cukup bagus untuk dijadikan sebagai tempat berburu sunrise. Kemudian sekitar tahun 2015, masyarakat sekitar mulai tertarik menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata. Apalagi ketika melihat jumlah kunjungan wisatawan di wisata sekitar seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, dan wisata lainnya yang dari waktu ke waktu semakin meningkat membuah masyarakat ingin juga mengelola tempat tersebut menjadi lebih berkembang. Akhirnya masyarakat setempat bergotong-royong membangun berbagai macam fasilitas agar mendorong wisatawan untuk tertarik datang kesana. Berbagai macam spot selfie dan gardu pandang pun dibangun agar Tebing Watu Mabur tidak kalah hits-nya dengan lokasi wisata lain yang juga memiliki banyak spot foto menarik.

Lokasi Tebing Watu Mabur

Tempat tersebut dinamakan Tebing Watu Mabur karena waktu pagi berkabut tebing yang ada disana terlihat mabur atau melayang. Lokasi Tebing Watu Mabur terletak di RT 28, Dusun Lemahabang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan menuju kesana sudah cukup bagus. Namun karena kontur jalan yang berliku dan menanjak maka pada waktu musim hujan kamu harus ekstra hati-hati jika menuju kesana. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Baik motor dan mobil bisa masuk ke lokasi tersebut, namun lebih fleksibel jika kesana menggunakan motor. Sepanjang perjalanan menuju kesana kamu akan menemukan beberapa destinasi wisata.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 tebing-watu-mabur-@daneswara Camping Seru di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur – Photo by @daneswara

Jika memiliki banyak waktu tak ada salahnya untuk mampir ke beberapa wisata di sekitar Tebing Watu Mabur. Pemandangan kehijauan ala perbukitan juga akan memanjakan mata sepanjang perjalanan menuju Tebing Watu Mabur. Jadi perjalanan selama kurang lebih satu jam dari Kota Yogyakarta tidak akan terasa membosankan. Bahkan kamu akan mereasa takjub dengan keindahan alam yang ada di daerah tersebut. Udara disana juga sejuk tidak seperti dengan udara Kota Yogyakarta yang panas, sehingga kamu tak akan merasa rugi sudah jauh-jauh menuju ke lokasi wisata tersebut yang jaraknya kurang lebih 30 kilometer jika ditempuh dari Kota Yogyakarta.

 

Rute Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur Mangunan ini lokasinya masih satu wilayah dengan destinasi wisata Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung dan Bukit Mojo. Jadi jika sebelumnya kamu sudah pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata tersebut pastinya tidak akan terlalu susah untuk menemukan lokasi atau rute menuju Tebing Watu Mabur. Namun bagi kamu yang belum pernah ke kawasan itu sama sekali maka jangan khawatir karena di Google Maps pun kamu sudah bisa melihat rute menuju Tebing Watu Mabur. Untuk kamu yang datang dari Kota Yogyakarta maka harus mengambil jalan ke arah selatan menuju Jalan Imogiri.

Ikuti jalan tersebut ke selatan hingga kamu menemukan pertigaan terakhir setelah Pasar Imogiri. Setelah itu belok ke Kiri menuju ke arah Makam Raja Imogiri. Sebelum sampai di Makam Raja Imogiri, kamu akan menemukan pertigaan. Disitu aka nada petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan. Ambil arah ke Kiri untuk menuju ke Tebing Watu Mabur. Setelah itu ikuti saja jalan hingga kamu menemukan pertigaan lagi ke arah Kebun Buah Mangunan. Sampai di Kebun Buah Mangunan kamu harus mengambil jalan ke Arah Bukit Panguk Kediwung. Sampai di persimpangan menuju Bukit Panguk Kediwung, kamu akan melihat papan petunjuk jalan yang mengarahkanmu ke Tebing Watu Mabur.

Tiket Masuk ke Tebing Watu Mabur

Untuk tiket masuk Tebing Watu Mabur saat ini masih menggunakan sistem seikhlasnya. Namun jika kamu ingin camping disana maka harus membayar Rp. 10.000 per malamnya. Dana hasil tiket masuk pengunjung tersebut akan digunakan lagi untuk pembangunan dan pengembangan wisata disana.

Jika kamu berniat untuk camping di area wisata Tebing Watu Mabur tersebut maka pastikan kamu membawa sendiri semua peralatan yang dibutuhkan untuk camping karena disana tidak menyediakan persewaan alat camping. Fasilitas disana juga terbatas sehingga sangat disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri jika memang berniat untuk camping disana. Jalanan yang masih tanah dan berbatu akan sangat licin untuk dilalui ketika musim hujan tiba. Maka sebaiknya kamu mempersiapkan juga alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

Rental Mobil Jogja Murah - Harga Sewa Mobil Jogja 2018 tebing-watu-mabur-@blackdannet Camping Seru di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur – Photo by @blackdannet

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Tebing Watu Mabur

Lokasi wisata Tebing Watu Mabur yang masih jarang dikunjungi orang akan membuatmu lebih leluasa mengeksplorasi setiap keindahan Tebing Watu Mabur. Selain itu di kompleks yang sama dengan wisata Tebing Watu Mabur juga terdapat sebuah wisata lain yaiitu Goa Gajah. Jika kamu penyuka wisata yang cukup menantang maka harus mencoba datang kesana dan mengeksplorasi Goa Gajah yang masih jarang sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak seperti Goa Pindul, Goa Jomblang, dan Goa lainnya yang sudah terkenal. Goa Gajah ini masih jarang dikunjungi sehingga hawa-hawa mistis masih terasa kuat. Jika kamu penasaran isi dalam Goa tersebut namun tidak cukup berani untuk kesana sendiri maka sebaiknya meminta pengelola setempat untuk menjadi guide dan menemani berkeliling. Pastikan untuk membawa senter agar bisa menjadi alat bantu penerangan ketika menjelajah di goa tersebut.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja tebing watu mabur ini?

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved