Wisata Instagramable Air Terjun Grojogan Lepo Dlingo
27 Dec

Wisata Instagramable Air Terjun Grojogan Lepo Dlingo

Air Terjun Grojogan Lepo – Memilih Jogja sebagai tujuan wisata memang pilihan yang tepat pasalnya kota dengan seribu candi ini memiliki segudang potensi wisata yang mampu ditawarkan kepada siapapun yang datang. Wisata kota Jogja tergolong lengkap dan membidik segala usia. Kamu tinggal memilih ingin pergi kemana, ada museum sejarah, peninggalan zaman kolonial, kesenian tradisional, tempat-tempat unik untuk berbelanja, wisata alam Jogja seperti goa, pantai hingga air terjun juga sangat instagramable.

Semua tempat wisata Jogja bisa kamu datangi dengan mudah karena jaraknya kerap kali berdekatan. Di Jogja juga memiliki banyak paket wisata yang menarik untuk di coba. Paket wisata ke Yogyakarta ini sangat memudahkan wisatawan. Karena biasanya sudah meliputi tiket masuk dan akomodasi kendaraan. Sehingga wisatawan tinggal duduk manis saja menikmati liburan mereka.

Menikmati Keindahan Surga Kecil di Dlingo

Torehkan Pengalaman Tak Terlupakan di Air Terjun Grojogan Lepo

Kali ini saya ingin menulis tentang air terjun di Jogja. Bicara tentang air terjun Jogja memang tidak akan ada habisnya. Air Terjun Lepo Dlingo adalah salah satu wisata air terjun Jogja yang menawarkan kendahan alam berbeda. Pertama kali dibuka untuk wisatawan adalah pada tahun 2013. Dengan keunikan dan kecantikan alam yang khas, maka air terjun grojogan lepo dlingo sayang jika kamu lewatkan.

Grojogan Lepo

Grojogan Lepo

Air Terjun Grojogan Lepo Dlingo sesuai dengan namanya. Dlingo adalah nama kecamatan di Kabupaten Bantul. Disini kamu bisa mengajak keluarga dan anak-anak. Karena Air Terjun Lepo Dlingo merupakan destinasi wisata keluarga. Walau saya sebut destinasi keluarga bukan berarti hanya boleh didatangi oleh keluarga. Namun karena tempat wisata ini sangat ramah dikunjungi bagi semua usia, tidak ada track yang ekstrem. Jika ingin bersantai sembari bermain disini adalah tempat yang tepat.

Air terjun memiliki beberapa tingkatan dalam satu lokasi. Pada saat tiba pada tingkatan air terjun pertama kamu akan bertemu dengan warga setempat yang berjaga sekaligus meminta donasi. Tingkat pertama Air Terjun Lepo Dlingo tidak lah tinggi, bahkan belum mantap jika disebut air terjun. Karena tingginya kurang lebih 1 meter sementar kedalaman kolam kurang lebih 1,5 meter.

Berjalan sedikit kamu akan bisa melihat tingkatan ke dua Air Terjun Lepo Dlingo, kali ini tingginya mencapai 10 meter. Grojokan kedua adalah tempat wisatawan berhenti untuk menikmati keindahan air terjun . Bentuk air terjun melebar dan terdapat dinding kapur yang dialiri air. Kolamnya pun cukup terbilang panjang. Pada tingkatan Air Terjun Grojogan Lepo Dlingo yang ketiga wisatawan dapat menikmati bebatuan persegi panjang yang dialiri air sungai. Walupun medannya tidaklah ekstrem, tetap harus berhati-hati. Karena terkadang bebatuan dan pijakan di sekitar air terjun bisa cukup licin.

Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Grojogan Lepo Dlingo Bantul

Bagi kamu yang ingin membawa anak-anak ke Air Terjun Lepo Dlingo. Bisa mengajak mereka untuk belajar tentang ekosistem alam sekitar. Karena masih asri anak-anak bisa belajar tentang tumbuh-tumbuhan, serangga tropis seperti kumbang, bahkan bermain air di bawah guyuran Air Terjun Lepo Dlingo. Tempat ini sangat ramai pada akhir pekan dan liburan sekolah. Tidak jarang wisatawan mancanegara juga datang ke Air Terjun Lepo Dlingo sengaja untuk menenangkan pikiran juga hati.

Lokasi ini masih di urus oleh warga setempat. Sehingga jika datang berkunjung jangan lupa memberikan donasi. Karena nantinya donasi tersebut bisa dipergunakan membangun dan memperbaiki fasilitas di Air Terjun Lepo Dlingo. Selain itu donasi bisa membantu perekonomian warga setempat yang sudah bergotong-royong menyediakan kenyamanan di Air Terjun Lepo Dlingo. Tempat yang satu ini sangat instgaramable. Kamu bisa mengambil foto dengan latar belakang air terjun. Sementara anak-anak juga bisa berenang dan bermain air menggunakan pelampung sewaan.

Menjadi wisatawan yang menghargai dan menghormati setiap tempat yang dikunjungi. Cara menunjukkannya dengan tidak mencorat-coret lokasi wisata. Kamu cukup berselfie tanpa harus menorehkan nama di lokasi wisata. Suka miris jika mengunjungi sebuah tempat wisata dan membaca nama seseorang yang di torehkan menggunakan spidol. Satu lagi bawa kebali sampah yang kamu bawa pulang. Belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan alam sekitar.

Rute Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Rute menuju Air Terjun Lepo Dlingo cukup mudah. Kamu bisa memilih beberapa rute yang dikira cukup singkat. Rute bisa diambil dari kota Jogja, rute arah Klaten ataupun dari arah Sleman. Walupun track terbilang mudah. Berdasarkan letak geografis wilayah bantul, track akan berjalan mendaki ataupun menurun. Karena zaman sudah canggih kamu bisa membuka maps untuk sampai kesana.

Rute Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Rute Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Menikmati perjalanan dengan melihat pepohonan yang berdiri berbelok-belok mengikuti ruas jalan. Dari kota Jogja dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Disarankan kamu membawa motor jika inging berkunjung. Sesampainya dilokasi kamu bisa mengikuti papan petunjuk yang dipasang. Berikut adalah sedikit arahan rute yang bisa kamu cocokan dengan lokasimu.

• Dari Jogja – Jalan menuju Arah Makan Raja Imogiri – Imogiri – Lurus Menuju Kecamatan Dlingo
• Dari Klaten – Jalan Playen – Kecamatan Dlingo – Dusun Pokoh 1
• Dari Sleman – Jalan Piyungan – Jlan Pathuk – Kecamatan Dlingo

 

Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Lokasi grojokan lepo berada di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja. Kamu bisa mencari tahu lokasi akuratnya melalui martphone. Sehingga tidak akan tersesat. Pastikan menyimpan informasi tersebut. Antisipasi jika sewaktu-waktu kamu tidak memiliki sinyal internet.

Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo Dlingo

Karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah. Harga tiket masuk air terjun grojona lepo resmi jadi tidak ada pastinya, hanya saja disini warga setempat berperan aktif dalam menyediakan fasilitas dan menjaga kenyamanan wisatawan. Tiket masuk adalah sumbangan suka rela yang kamu berikan di awal kedatangan.

Waktu Operasional atau Jam Buka Air Terjun Lepo

Tertarik datang ke Air Terjun Lepo Dlingo harus memastikan waktu operasional lokasi wisata. Biasanya jika weekend dan tanggal merah tempat ini akan penuh dengan wisatawan. Berikut adalah jam buka Air Terjun Lepo Dlingo.

• Hari Biasa (Senin s/d Jumat) Pkl 08:00 – Pkl 17:00
• Hari Libur (Sabtu s/d Minggu) Pkl 08:00 – Pkl 17:00
• Hari Libur Nasional Pkl 08:00 – Pkl 17:00

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo Dlingo

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo Dlingo

Fasilitas Air Terjun Lepo

Walaupun dikelola warga setempat bukan berarti berkunjung ke Air terjun Lepo Dlingo tidak ada yang bisa dinikmati. Berikut adalah fasilitas grojogan lepo bagi wisatawan.

• Parkir Motor/Mobil
• Pelampung
• Kamar Mandi
• Tikar untuk alas duduk
• Mushola
• Tempat bermain anak
• Tempat Makan/Minum

Demikian informasi seputar tempat wisata Air Terjun Lepo Dlingo. Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata lainnya yang juga ada di wilayah Bantul, kamu bisa mencoba layanan rental mobil Jogja murah. Disitu kamu akan dipandu mengunjungi beberapa destinasi wisata tanpa harus pusing memikirkan rute dan alat transportasi. Happy traveling!

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2019 Nagan Tour. All Rights Reserved

Promo Paket Wisata Jogja Murah dan Terbaik