Air Terjun Gendangan atau Seribu Batu
5 Feb

Air Terjun Gendangan atau Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu – Imogiri biasanya dikenal sebagai daerah dengan wisata makam-makam Raja Mataram. Kondisi geografis Imogiri yang berupa tebing-tebing tinggi dan pepohonan yang rimbun membuat suasana di Imogiri sangat menenangkan. Namun tak hanya kawasan wisata makam Raja Mataram saja yang ada di wilayah Imogiri. Terdapat wisata alam lainnya yang masih jarang dikunjungi para wisatawan. Salah satunya yaitu wisata alam Air terjun Seribu Batu atau yang dikenal juga sebagai Air Terjun Sewu Watu.

Air Terjun Seribu Batu – Photo by @rengga1923

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Air Terjun Seribu Batu

Lokasi Air Terjun Seribu Batu

Asal usul Air Terjun Seribu Batu dinamakan seperti itu dikarenakan dilokasi tersebut banyak sekali terdapat bebatuan baik yang ukurannya sangat besar maupun kecil-kecil yang jumlahnya sangat banyak. Bebatuan itu konon katanya adalah bebatuan yang sama dengan yang ada di Gunung Api Nglanggeran. Lokasi Air terjun Seribu Batu berada di Dusun Cengkehan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Berada di tengah-tengah hutan, menjadikan Air Terjun Seribu Batu ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun itulah yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Kamu bisa melihat keindahan air terjun tersebut sambil menikmati suasana hutan dan suasana pedesaan yang jauh dari hingar bingar perkotaan.

Rute Menuju Air Terjun Seribu Batu

Rute menuju Air Terjun Seribu Batu Imogiri tidak jauh dari kawasan Makam Raja-Raja Mataram Imogiri Yogyakarta. Namun lebih tepatnya berada di kawasan perbukitan belakang Makam Sunan Cirebon (Pesarean Giriloyo) dan masuk wilayah Desa Wisata Wukirsari sebagai sentra kerajinan batik tulis di Imogiri. Tidak banyak papan petunjuk jalan menuju kesana. Jadi jika kamu ingin kesana sebaiknya jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar. Pengunjung dapat berpatok pada lokasi desa wisata Wukirsari Imogiri kemudian mengikuti satu-satunya jalan hingga ujung jalan.

 

Harga Tiket Masuk Air Terjun Seribu Batu

Harga tiket masuk Air Terjun Seribu Batu ini sampai sekarang masih gratis. Memang lokasi wisata ini belum dikelola dengan cukup baik. Namun akses jalan dari lokasi parkir menuju kawasan air terjun sudah tersedia sehingga kamu tak perlu kebingungan lagi. Pengunjung yang datang kesana bisa menitipkan kendaraan di rumah warga sekitar. Setelah itu untuk mencapai lokasi air terjunnya harus berjalan kaki sekitar 100 meter jauhnya.

Waktu paling tepat untuk menuju wisata di jogja yaitu Air Terjun Seribu Batu ini adalah saat musim penghujan. Saat itu debit air terjun akan deras sehingga menarik untuk dikunjungi. Karena Air Terjun Seribu Batu adalah air terjun musiman, maka ketika musim kemarau airnya akan mongering atau debit airnya sedikit. Saat musim kemarau juga pepohonan disana akan meranggas, sehingga kamu tidak bisa menikmati hijaunya pepohonan yang ada disana.

Air Terjun Seribu Batu – Photo by @boy_brandal

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Air Terjun Seribu Batu

Jangan lupa ketika berkunjung kesana persiapkan kamera untuk mengabadikan momenmu dan keindahan alam yang ada di sekitar Air Terjun Seribu Batu. Pulang dari air terjun tersebut, kamu bisa mampir ke lokasi wisata lainnya yang ada disekitar. Salah satunya yaitu Wisata Makam Raja-raja Mataram yang cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang senang mempelajari sejarah.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja air terjun seribu batu ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved