Menikmati Gurihnya Bakmi Mbah Mo Ditengah Suasana Desa Yang Tenang
22 Apr

Menikmati Gurihnya Bakmi Mbah Mo Ditengah Suasana Desa Yang Tenang

Bakmi Mbah Mo – Bakmi Mbah Mo merupakan salah satu kuliner legendaris yang ada di Yogyakarta. Bakmi Mbah Mo sudah ada sejak tahun 80an. Dikala itu Bakmi Mbah Mo dikelola langsung oleh Mbah Mo. Namun kini setelah ia meninggal dunia, warung bakmi Mbah Mo dikelola oleh istri, anak dan sang menantu. Meskipun begitu, mereka mampu mempertahankan cita rasa yang sama sehingga para peminat tidak berhenti datang dan kembali lagi.

Bakmi Mbah Mo – Photo by @radityamuhbyarta

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo sering dijuluki sebagai sang legenda bakmi. Mengapa? Alasannya adalah cita rasa kelezatan yang diberikan bakmi Mbah Mo berbeda dari warung bakmi yang lain dan cita rasa tersebut mampu dipertahankan dari tahun ke tahun. Bakmi Mbah Mo memliki rasa yang gurih, namun tidak manis seperti bakmi pada biasanya. Sebenarnya Bakmi Mbah Mo menggunakan bumbu yang sama dengan bumbu bakmi pada umumnya, namun ada sedikit berbedaan pada isi dari bakmi tersebut. Bakmi Mbah Mo menggunakan tambahan ayam kampung dan telur bebek didalamnya.

Warung bakmi Mbah Mo memiliki kesan yang sangat sederhana. Desain warungnya masih dengan desain tradisional dengan kursi kursi bambu maupun diding jaman dulu. Selain itu, proses memasak bakmi Mbah Mo pun masih dilakukan dengan cara yang sederhana dan terbilang cara lama. Bakmi Mbah Mo dimasak menggunakan anglo yaitu tungku atau kompor yang terbuat dari tanah liat.

Warung bakmi Mbah mo buka pada sore hari hingga malam yaitu sekitar pukul 5 sore sampai pukul 11 malam. Bagi anda yang ingin mencoba kelezatan bakmi Mbah Mo sebaiknya tidak datang pada malam hari. Karena anda akan mendapat antrian yang cukup panjang dan waktu anda menunggu semakin lama. Salah satu alasannya karena bakmi Mbah Mo dimasak satu per satu untuk setiap pemesannya, dengan alasan menjaga konsistensi rasa bakmi tersebut. Maka dari itu, sebaiknya datanglah pada sore hari.

 

Terdapat beragam menu bakmi yang ditawarkan di warung bakmi Mbah Mo. Diantaranya adalah bakmi goreng, bakmi godog, bakmi goreng istimewa, bakmi godog istimewa dan bakmi nyemek. Mungkin sebagian dari anda masih bingung dengan bakmi godog dan bakmi nyemek. Simplenya bakmi godog adalah bakmi berkuah dan bakmi nyemek seperti bakmi tumis yang memiliki sedikit kuah.

Selain makanan yang terlihat sederhana namun spesial, warung bakmi Mbah Mo juga menawarkan minuman yang juga spesial. Minuman yang ditawarkan di warung bakmi Mbah Mo sebagian besar sama dengan warung jawa pada umumnya yaitu teh, jeruk, air putih, kopi jahe. Namun warung bakmi Mbah Mo menggunakan gula batu pada minumannya, sehingga kenikmatan yang diberikan tiada duanya.

Harga bakmi Mbah Mo ternyata sesederhana warung makannya. Harga yang dibanderol untuk bakmi berada pada kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 18.000. terbilang cukup murah apalagi jika dibandingkan dengan rasa yang diberikan.

Lokasi bakmi Mbah Mo berada cukup jauh dari kota Yogyakarta. Meskipun tidak terlalu jauh, namun membutuhkan waktu sekitar 25 – 30 menit untuk tiba di warung bakmi mbah mo. Lokasi bakmi Mbah Mo berada di wilayah kabupaten bantul, lebih tepatnya dusun code, trirenggo. Untuk menuju lokasi bakmi Mbah Mo, anda bisa melalui dua jalur yaitu lewat jalan parangtritis ataupun jalan bantul. Jika anda melalui jalan bantul, anda bisa mengikuti rute berikut ini.

Bakmi Mbah Mo – Photo by @kulineryogya

Baca juga: Travel Wisata Jogja Murah ke Bakmi Mbah Mo

Rute menuju Bakmi Mbah Mo adalah keluar ringroad selatan mengarah ke jalan bantul lalu lurus hingga melewati gapura bantul projo tamansari terus setelah gapura, belok kiri (timur) pada jalan pramuka kemudian lurus terus ke timur hingga melewati SMAN3 setelah itu tetap lurus hingga menemukan gapura dusun code lalu masuk melalui gapura tersebut lanjut lurus hingga menemukan plank bakmi Mbah Mo dan ikuti petunjuk jalan tersebut.

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved