Makanan Legendaris Jogja Brongkos Bu Padmo
18 Apr

Makanan Legendaris Jogja Brongkos Bu Padmo

Brongkos Bu Padmo – Brongkos adalah salah satu makanan khas jawa, lebih tepatnya Yogyakarta. Mungkin sebagian dari anda ada yang masih bingung brongkos itu makanan seperti apa. Simplenya, brongkos adalah makanan yang hampir mirip dengan rawon. Namun yang membedakannya adalah brongkos lebih kental kuahnya. Brongkos dimasak menggunakan santan dan memiliki tambahan kacang tolo, daging sapi maupun tahu. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai brongkos bu padmo yaitu salah satu warung yang menyediakan brongkos sejak dulu.

Brongkos Bu Padmo – Photo By @brongkos_bupadmo

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Brongkos Bu Padmo

Brongkos bu padmo juga dikenal dengan nama warung ijo bu padmo brongkos mak nyuuus. Penggunaan kata warung ijo sebenarnya untuk menggambarkan warung yang berwarna hijau. Memang warung bu padmo dicat dengan warna hijau secara keseluruhan. Sedangkan penggunaan kata mak nyuus karena pada waktu itu seorang ahli kuliner Pak bondan pernah datang ke brongkos bu padmo dan ia memberikan penilaian mak nyuss pada brongkos bu padmo yang berarti lezat.

Brongkos bu padmo berdiri sejak 1950, pada waktu itu memang nama pemiliki warung brongkos tersebut adalah bu padmo. Kini yang melanjutkan usaha tersebut adalag generasi kedua atau anak dari bu padmo. Brongkos bu padmo memiliki rasa yang cukup khas, hal ini karena proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Hingga kini brongkos bu padmo diolah menggunakan tungku dan juga kayu bakar. Tentunya dengan cara pembuatan yang tradisional, rasa yang dihasilkan juga pasti berbeda.

Warung ijo brongkos bu padmo menyediakan beberapa varian menu. Untuk menu utama sudah pasti brongkos bu padmo maknyuuus, namun ada juga pecel yang bisa anda nikmati selain brongkos. Ketika menikmati brongkos, anda dipersilahkan memilih lauk sesuai dengan selera diantaranya adalah terik daging sapi, krecek, babat, tempe goreng, perkedel, peyek dan beberapa pilihan lauk lainnya. Anda juga bisa menikmati beberapa jenis kerupuk yang disediakan di toples tradisional untuk menambah kenikmatan menikmati brongkos bu padmo.

 

Warung brongkos bu padmo masih terbilang murah jika dibandingkan dengan kelezatan rasa yang diberikan. Di warung brongkos bu padmo, satu porsi nasi pecel dibanderol dengan harga brongkos bu padmo sekitar Rp. 10.000. Sedikit berbeda dengan brongkos yang harganya bervariasi tergantung lauk yang dipilih, untuk satu porsi brongkos kisaran harganya mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 33.000. jika anda menambah tambahan lauk seperti perkedel ataupun tempe bacem, maka akan dihitung satuan dengan kisaran harga Rp. 2000. Warung bu padmo buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Dulunya lokasi brongkos bu padmo berada di sekitaran pasar Tempel atau lebih tepatnya dibawah jembatan sungai krasak. Namun kini dengan alasan kurangnya are parkir, lokasi brongkos bu padmo pindah ke utara pasar tersebut. Karena sudah memiliki banyak pelanggan, warung brongkos bu padmo juga membuka cabang yang berlokasi tidak jauh dari lokasi brongkos bu padmo pusat. Namun anda tidak perlu khawatir akan perbedaan rasa, karena keduanya memiliki rasa yang sama persis.

Brongkos Bu Padmo – Photo By @brongkos_bupadmo2

Baca juga: Travel Wisata Jogja Murah ke Brongkos Bu Padmo

Lokasi brongkos bu padmo sangat mudah ditemukan karena berada di jalan utama dan diperbatasan jogja – jawa tengah. Berikut ini adalah rute menuju lokasi brongkos bu padmo pusat maupun cabang.

Lokasi brongkos bu padmo pusat

Dari ringroad utara / McD jombor menuju kea rah utara lalu melaju hingga perempatan jejamuran kemudian tetap lurus terus hingga jembatan perbatasan jogja dan jawa tengah dan lewati jembatan lalu putar arah balik hingga melewati jembatan tersebut lalu lalu belok kiri pada jalan setelah jembatan.

Lokasi brongkos bu padmo cabang

Rutenya sama dengan rute menuju lokasi brongkos bu padma pusat. Hanya saja sebelum jembatan perbatasan, anda akan melihat disisi kiri jalan ada warung ijo bu padmo. Warungnya didepan jalan utama.

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved