Keindahan Sunrise di Bukit Kediwung
5 Jan

Keindahan Sunrise di Bukit Kediwung

Bukit Kediwung – Kota Yogyakarta selalu saja punya spot baru yang harus dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung ke Kota Jogja. Tak hanya wisata sejarahnya saja yang popular, banyak wisatawan yang datang ke Jogja karena ingin menikmati keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata di Jogja yang saat ini sedang hits dan banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri yaitu Bukit Panguk Kediwung.

Tempat wisata yang hits tersebut banyak dikunjungi orang-orang yang ingin menikmati matahari terbit dari balik pegunungan sewu. Ditambah lagi ketika musim penghujan tiba, wisatawan akan disuguhi pemandangan lautan awan. Tak heran jika di akhir pekan, Bukit Panguk Kediwung sudah dibanjiri orang yang datang kesana sebelum fajar tiba. Kebanyakan pengunjung didominasi anak muda. Namun tempat tersebut juga menjadi pilihan favorit untuk kunjungan para rombongan atau keluarga.

Bukit Kediwung Photo by @narova_rizaa

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Bukit Kediwung

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di Dusung Kediwung Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Meskipun lokasi Bukit Panguk Kediwung tersebut berada di ujung desa, namun saat ini akses jalannya sudah cukup baik. Mobil dan motor dapat masuk ke area tersebut. Akses dan jalan yang mudah tersebut membuat banyak wisatawan datang dari luar kota.

Rute Bukit Panguk Kediwung

Rute untuk menuju Bukit Panguk Kediwung ini sebenarnya tidak terlalu susah. Namun jalan menuju kesana memang tidak terlalu lebar. Apalagi karena lokasinya yang berada di perbukitan maka sepanjang perjalanan kamu akan melewati jalan yang menanjak dan berkelok. Namun perjuanganmu akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang kamu dapatkan disana.Apalagi pemandangan alam sepanjang perjalanan juga tak kalah cantiknya, perjalanan menuju kesana pun tak akan menjadi perjalanan yang membosankan.

Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta, rute Bukit Panguk Kediwung yang ditempuh membutuhkan waktu satu setengah jam. Jika dari arah Kota maka kamu harus memilih rute menuju Ringroad Selatan arah ke Imogiri. Setelah melewati Ringroad Selatan dan lanjut terus ke arah selatan, kamu akan melewati Pasar Imogiri. Setelah sampai di pertigaan setelah Pasar Imogiri, kamu ambil rute ke kiri menuju Area Makam Raja Imogiri. Sebelum sampai di area Makam Raja Imogiri, kamu akan menemukan pertigaan. Ambil ke arah kanan mengikuti papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kebun Buah mangunan.

Bukit Kediwung Photo by @farhankristianto

Bukit Panguk Kediwung letaknya kurang lebih 2 Kilometer dari Kebun Buah Mangunan. Sesampainya Di kawasan Kebun Buah Mangunan maka kamu perlu berjalan lurus mengikuti jalan yang menurun. Di sepanjang jalan kamu akan menemukan papan petunjuk jalan menuju Bukit Panguk Kediwung. Ikuti saja papan itu dan sesekali jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar yang ramah. Alternatif lain jika kamu malas bertanya kepada penduduk setempat maka gunakanlah GPS.

 

Keistimewaan Bukit Panguk

Tempat wisata Bukit Panguk Jogja itu mulai banyak dikenal wisatawan karena tempat tersebut mulai popular di media sosial. Bahkan akhir-akhir ini mulai sering dijadikan sebagai lokasi syuting untuk iklan maupun film. Pemandangan yang masih alami dan instagramable menjadikan tempat tersebut semakin banyak dikunjungi orang dari waktu ke waktu. Padahal dulunya tempat tersebut hanyalah hutan dan semak belukar yang letaknya di ujung desa. Namun karena inisiatif salah satu warga setempat untuk membuka lahan tersebut menjadi lokasi wisata, akhirnya tanah yang semula kosong itu dapat dikelola dengan baik bahkan menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat setempat.

Meskipun dikelola oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis), namun Bukit Panguk Kediwung dikelola dengan baik. Fasilitas yang ada disana pun dari waktu ke waktu semakin lengkap. Mulai dari area parkir yang lebih luas, semakin banyak tempat makan, penambahan spot foto, kamar mandi, hingga akan didirikan homestay di area tersebut. Fasilitas yang lebih lengkap tersebut semakin membuat pengunjung merasa nyaman bahkan membuat mereka ingin kembali kesana.

Harga Tiket Masuk ke Bukit Kediwung

Meskipun fasilitas di Bukit Kediwung yang ditawarkan cukup lengkap, namun harga tiket masuk pun tetap murah. Untuk satu orang pengunjung harga tiket masuknya sebesar Rp3000. Sedangkan untuk parkir motor hanya Rp.2000 dan parkir mobil Rp.5000. Maka dari itu Bukit Panguk Kediwung ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin berlibur ke tempat alami namun dengan budget yang tetap hemat. Bahkan berbagai tempat makan disana pun menyajikan menu-menu yang harganya tergolong murah untuk ukuran tempat wisata.

Adanya banyak spot foto unik dan ikonik disana juga menjadi Bukit Panguk Kediwung semakin banyak dikunjungi wisatawan. Pengelola terus menambahkan spot foto baru sehingga membuat wisatawan yang datang kesana merasa puas dan tidak harus lama mengantri ketika ingin berfoto. Biasanya ketika sedang ramai pengunjung maka pengelola akan menyediakan nomor antrean untuk pengunjung. sehingga semua pengunjung memiliki kesempatan berfoto di spot favoritnya. Spot foto favorit wisatawan yaitu spot foto dengan miniatur perahu dan kuda terbang.

Bukit Kediwung Photo by @masmeya

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Bukit Kediwung

Untuk berfoto di beberapa spot menarik dan spot favorit yang ada disana kamu akan dikenakan biaya Rp 3000 per spot foto. Namun beberapa spot spot foto juga digratiskan sehingga pengunjung bisa sepuasnya berfoto. Jika ingin mendapatkan foto terbaik maka datanglah di pagi hari saat kabut-kabut tipis menyelimuti. Itu akan membuat fotomu menjadi semakin keren. Bukit Panguk Kediwung juga seringkali digunakan sebagai lokasi untuk prewedding. Namun untuk keperluan komersial dan prewedding aka nada tarif khususnya.

Rekomendasi Waktu Terbaik Datang ke Bukit Kediwung

Waktu terbaik untuk datang ke Bukit Panguk Kediwung adalah awal dan akhir musim penghujan di pagi hari. Saat itu pemandangan di Bukit Panguk Kediwung sedang bagus-bagusnya. Kamu bisa menikmati matahari terbit dari balik pegunungan sewu yang kehijauan dengan kabut-kabut tipis yang menyelimuti. Namun jika kesana pada musim kemarau, pegunungan sewu yang membentang di depan Bukit Panguk Kediwung akan terlihat kecoklatan karena pohon-pohonnnya meranggas. Selain itu kabut-kabut pun jarang terlihat ketika kemarau tiba. Jadi sebelum kesana pastikan dulu kondisi di lokasi wisata seperti apa. Jika kamu ingin memastikan kondisi Bukit Panguk Kediwung terkini maka kamu bisa bertanya kepada admin instagram @bukitpangukkediwung.

Tips – Jika ingin perjalananmu menyenangkan selama berada di Bukit Panguk Kediwung maka kamu bisa mengikuti tips di bawah ini :

  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tidak licin karena saat musim hujan, jalan di Bukit Panguk Kediwung sangat licin.
  • Jika malas untuk mengantre ketika berfoto maka datanglah pada waktu di luar weekend atau libur panjang.
  • Ketika kesana saat musim hujan, kamu bisa membawa payung agar tetap bisa berkeliling di Bukit Panguk Kediwung.
  • Jika kesana menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima mengingat jalan yang cukup menantang.
  • Jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada pengelola untuk memfoto, mereka biasanya dengan senang hati akan membantu
  • Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan selfie terbaikmu.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja bukit kediwung ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved