Spot Selfie Alami di Bukit Mojo Gumelem
5 Jan

Spot Selfie Alami di Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem – Destinasi wisata di Yogyakarta seakan-akan tak pernah ada habisnya. Setiap waktu selalu saja ada tempat wisata baru yang memanjakan para wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang cukup baru di Yogyakarta dan sedang hitz adalah Bukit Mojo Gumelem. Bukit Mojo Gumelem Bantul lokasinya tidak terlalu jauh dari Bukit Panguk mojo gumelem Bantul. Jika Bukit Panguk merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise, Bukit Mojo Gumelem ini menjadi tempat yang tepat buat kamu untuk menikmati keindahan sunset. Meskipun jika kamu kesana pada pagi hari pun tak ada salahnya. Kamu tetap akan dibuat takjub dengan keindahan alam yang bisa kamu nikmati dari Bukit Mojo Gumelem. Hijaunya pegunungan sewu dan kelokan sungai oyo yang indah menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang kesana. Ditambah lagi dengan beragam spot foto unik, menjadi Bukit Mojo Gumelem semakin terkenal di media sosial.

Bukit Mojo Gumelem Photo by @trianuralifiani

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Bukit Mojo Gumelem

Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Lokasi Bukit Mojo Gumelem ini terletak di Pedukuan Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata yang banyak memiliki spot selfie keren ini berdekatan dengan Bukit Panguk Kediwung. Meskipun sama-sama menawarkan pesona pemandangan alam dan memiliki spot berfoto yang unik, namun tak ada salahnya jika kamu mengunjungi dua tempat tersebut sekaligus sehingga dapat membandingkan mana yang menurutmu lebih istimewa. Sayangnya jalan menuju Bukit Mojo Gumelem ini sempit dan kurang bagus. Jadi disarankan untuk menggunakan mobil atau lebih baik lagi memakai motor jika tidak bersama banyak rombongan.

Rute Menuju Bukit Mojo Gumelem

Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, Rute Menuju Bukit Mojo Gumelem dapat kamu tempuh dengan lewat Terminal Giwangan ke arah Ringroad Selatan. Setelah melewati Ringroad Selatan maka perjalanan dilanjutkan dengan melewati Jalan Imogiri hingga di pertigaan Pasar Imogiri kamu bisa mengambil ke arah kiri menuju Makam Raja Imogiri. Sampai di pertigaan Makam Raja Imogiri kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarahkanmu ke Mangunan. Dari pertigaan Makam Raja Imogiri itu kamu ambil arah kanan menuju ke Mangunan. Disepanjang jalan kamu akan melihat papan petunjuk yang mengarahkanmu ke Mangunan, Ikuti saja jalan ke arah Mangunan. Setelah sampai di Mangunan, kamu akan menemukan pertigaan lagi, ambil jalan lurus yang menuju ke SD Kanigoro. Dari sini kamu akan melewati jalan sempit dengan kondisi yang kurang bagus. Sepanjang jalan itu kamu akan melihat papan petunjuk jalan yang mengarahkanmu ke Bukit Mojo. Di pertigaan terakhir akan terlihat papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kanan jika ingin ke Bukit Mojo. Jika kamu kebingungan mencari jalan menuju kesana maka jangan ragu bertanya ke warga atau gunakan saja GPS yang membantumu untuk sampai di lokasi dengan lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Bukit Mojo Gumelem

Hampir semua destinasi wisata yang ada di Imogiri memiliki tiket masuk yang sama. Untuk harga tiket masuk Bukit Mojo Imogiri per orangnya hanya Rp. 2000 sedangkan untuk tariff parkir motor Rp. 2000 dan tarif parkir mobil Rp. 5000. Sedangkan untuk spot foto favorit di Bukit Mojo Mangunan pengunjung harus membayar Rp. 3000 per spot foto. Namun tidak semua spot foto disana berbayar. Jadi disana banyak juga spot foto yang gratis sehingga pengunjung bebas untuk berfoto sepuasnya. Uang dari hasil pembayaran spot foto tersebut akan digunakan lagi oleh masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk meningkatkan fasilitas dan menambah lagi spot foto baru yang menarik bagi pengunjung.

Bukit Mojo Gumelem Photo by @yeni_wiji_astuti

Fasilitas di Bukit Mojo Gumelem

Meskipun Bukit Mojo Gumelem Bantul ini masih tergolong sebagai destinasi wisata baru, namun fasilitas yang disediakan disana cukup lengkap. Pembangunan fasilitas yang ada di lokasi wisata tersebut juga hasil dari swadaya dari masyarakat sendiri dengan semangat gotong royong yang masih kental. Dengan semangat tersebut kini Bukit Mojo Gumelem memiliki berbagai macam fasilitas seperti parkir yang lebih luas, puluhan spot foto, beberapa gazebo untuk bersantai, warung makan, kamar mandi, hingga dilengkapi dengan mushola. Dengan lengkapnya beragam fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung itu menjadikan Bukit Mojo nyaman untuk dikunjungi para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Selain tiket masuknya yang murah, harga makanan yang dijual di warung-warung sekitar pun harganya sangat murah untuk ukuran tempat wisata. Kamu bisa menikmati menu seperti mie ayam, bakso, hingga penyetan. Kamu tinggal pilih sendiri menu yang cocok dilidahmu dan dikantongmu.

 

Spot Foto Favorit di Bukit Mojo Gumelem

Pemandangan hijau pegunungan sewu ditambah keelokan sungai Oyo menjadikan Bukit Mojo menjadi destinasi wisata baru di Jogja yang selalu ramai ketika akhir pekan tiba. Apalagi dengan puluhan spot foto unik yang ada disana, menjadikan pengunjung yang gemar berfoto dan selfie menjadi semakin puas. Diantara banyaknya spot foto yang ada di Bukit Mojo Gumelem, terdapat 3 spot foto yang paling disukai pengunjung. ketiga spot foto tersebut adalah spot foto sarang burung, spot foto di bunga matahari, dan spot foto di jembatan bambu. Keunikan spot foto yang instagramable tersebut sudah tersebar luas sehingga ketika akhir pekan tiba banyak pengunjung yang sengaja datang kesana dan rela antri untuk bisa berfoto di spot favorit tersebut.

Waktu Terbaik ke Bukit Mojo Gumelem

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Mojo Gumelem adalah ketika sore hari. Kamu bisa menikmati sunset dan melihat matahari tenggelam dari balik bukit. Apalagi disana terdapat gardu pandang yang tingginya mencapai 3 meter lebih. Dari gardu pandang itu kamu bisa menikmati matahari terbenam sambil bisa melihat keindahan pegunungan sewu dari ketinggian. Namun jika kamu kesini untuk menikmati sunrise, jangan harap kamu bisa melihat matahari terbit dengan indah. Tempat ini kurang cocok untuk dijadikan tempat melihat sunrise karena matahari yang terbit akan tertutup tebing-tebing tinggi yang berada di sisi timur. Jadi alternatifnya jika kamu ingin melihat sunrise, datang saja ke Bukit Panguk Kediwung yang lokasinya berdekatan dengan Bukit Mojo.

Bukit Mojo Gumelem Photo by @vembri_prima

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Bukit Mojo Gumelem

Selain itu kamu juga sebaiknya kesana pada saat cuaca sedang bagus. Artinya tidak hujan ataupun mendung. Karena lokasinya di alam terbuka, di Bukit Mojo Gumelem tidak terlalu banyak tempat untuk berteduh. Jadi dengan memastikan cuaca terlebih dahulu maka kamu bisa menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Selain itu jika kamu kesana saat cuaca mendung maka kamu tak akan bisa melihat indahnya matahari tenggelam dari balik bukit.

Tips Waktu Berkunjung di Bukit Mojo Gumelem

Jika kamu ingin kesana pastikan dulu cuacanya cukup bagus sehingga kamu bisa menikmati wisatamu. Ketika hujan turun maka jalanan disana akan licin, maka sebaiknya kamu menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman digunakan. Begitu juga pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima sehingga tidak terjadi hal yang diinginkan mengingat medan yang berkelok dan penuh tanjakan. Jika ingin berfoto bersama pasangan atau rombongan namun tidak ada yang memfotokan maka kamu bisa meminta penjaga di masing-masing spot foto untuk membantu mengabadikan momenmu bersama teman-teman atau pasangan.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja kebun bukit mojo gumelem ini?

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares