Trekking dan Camping Menantang di Bukit Pengilon
6 Jan

Trekking dan Camping Menantang di Bukit Pengilon

Bukit Pengilon – Saat ini Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk sebagai salah satu Kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Maka dari itu tak heran jika berbagai macam destinasi wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta akan ramai oleh pengunjung ketika akhir pekan atau long weekend tiba. Beberapa obyek wisata di Jogja yang paling disukai wisatawan adalah destinasi wisata sejarah dan destinasi wisata alam. Jika ingin berwisata sejarah maka berkeliling Kota Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Namun jika ingin mengeksplorasi wisata alamnya maka harus mlipir ke berbagai tempat eksotis yang ada di Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, maupun Sleman.

Bukit Pengilon – Photo by @felixbahari

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Bukit Pengilon

Salah satu tempat yang paling disukai wisatawan adalah Gunung Kidul. Disana banyak sekali pilihan wisata alam. Ada air terjun, pegunungan, pantai, hingga bukit. Masing-masing tempat memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Jadi tentukan dulu liburan seperti apa yang ingin kamu lakukan di Jogja. Jika ingin bersantai maka pilihan tepat adalah mengunjungi pantai. Namun jika ingin lebih dekat dengan alam maka kamu bisa mencoba camping ceria.

Lokasi Bukit Pengilon

Salah satu lokasi yang sering digunakan untuk camping di daerah Gunung Kidul adalah bukit pengilon. Lokasi Bukit Pengilon ini berada di Dusun Ngelo, Kelurahan Balong, Kecamatan Balong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Bukit Pengilon ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Banyunibo dan Pantai Siung di sebelah Barat. Sedangkan di sebelah timur ada Pantai Wediombo dan Watu Lumbung.

Jika ditempuh dari pusat Kota Jogja, Bukit Pengilon ini jaraknya sekitar 73 kilometer. Waktu tempuhnya antara dua setengah hingga tiga jam. Meskipun perjalanan menuju kesana cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan kamu akan menyaksikan pemandangan yang menyejukkan mata. Pepohonan tinggi berada di kanan dan kiri jalan membuat nuansa teduh. Kamu juga akan melewati Bukit Bintang, salah satu daerah yang ada di Gunungkidul yang memiliki keistimewaan tersendiri. darisana kamu bisa melihat keindahan Kota Yogyakarta dari atas. Setelah itu jalanan berkelok dan menanjak akan menyambutmu. Jadi pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Rute Menuju Bukit Pengilon

Untuk menuju Bukit Pengilon ini kamu harus menyiapkan energy ekstra. Ada dua Rute Bukit Pengilon yang bisa kamu tempuh. Rute yang pertama yaitu lewat Pantai Wediombo atau daerah Balong. Sedangkan Rute yang kedua yaitu lewat Pantai Siung. Biasanya para pengunjung lebih suka untuk lewat rute Pantai Siung karena disana jalan trekking menuju atas bukit sudah cukup bagus.

Bukit Pengilon Photo by @hasandipta

Rute bukit pengilon yang pertama yaitu lewat Pantai Wediombo. Jika ditempuh dari Kota Jogja maka kamu harus melalui Jalan Wonosari. Setelah itu lanjutkan perjalanan sampai ke Jalan Baron. Setelah sampai di Jalan Baron maka kamu harus mengambil ke arah Mulo kemudian dilanjutkan ke daerah Tepus, Purwodadi, Balong, Jepitu. Di daerah Jepitu itu nanti kamu akan menemukan pasar yang berada di pertigaan Jepitu. Ketika sudah sampai sana maka kamu mengambil ke arah kanan menuju ke Pantai Wediombo. Setelah itu kamu akan melewati TPR. Sebelum akhirnya sampai di Pantai Wediombo, ambillah jalan cor yang mengarah ke kanan. Disana akan ada petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Watu Lumbung dan Gunung Api Purba. Pilihlah jalan yang mengarahkanmu ke Watu Lumbung. Darisana kamu harus menitipkan kendaraan karena untuk mencapai Bukit Pengilon harus dilakukan dengan trekking. Kamu bisa bertanya kepada masyarakat setempat untuk jalan trekking menuju Bukit pengilon selanjutnya.

 

Untuk rute kedua yaitu dari Pantai Siung. Jalan yang kamu lalui dari Kota Jogja sebenarnya sama dengan rute yang pertama tadi. Kamu harus melalui Jalan Wonosari dan menuju ke Jalan Baron. Lalu ambil kea rah Mulo hingga melanjutkan ke daerah Tepus dan Purwodadi. Jika rute pertama tadi mengambil ke arah Balong, di rute kedua ini kamu harus mengambil arah ke Pantai Siung setelah melewati Kecamatan Purwodadi. Nah dari Pantai Siung ini kamu bisa menitipkan kendaraan dan meneruskan perjalanan untuk trekking ke atas bukit dengan waktu kurang lebih 30 hingga 60 menit. Sepanjang jalan ke bukit pengilon ini kamu akan melewati jalan setapak yang tidak rata. Namun tenang saja karena sudah disediakan jalan menuju ke Bukit Pengilon, maka kamu tidak perlu khawatir akan tersesat.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Bukit Pengilon

Waktu terbaik untuk camping di Bukit Pengilon kabupaten gunung kidul ini adalah ketika memasuki awal musim hujan atau akhir musim hujan. Pastikan dulu ketika kamu kesana cuaca sedang bagus dan stabil. Sehingga kamu pun bisa menikmati liburanmu dan rencana campingmu di Bukit Pengilon akan semakin menyenangkan. Sebaiknya kamu juga jangan kesana pada musim kemarau. Selain karena panas udara yang ada di sana, pemandangan rumput yang biasanya kehijauan bak pemandangan yang ada di New Zealand akan berubah menjadi rerumputan yang menguning. Tentu akan lebih indah ketika pohon dan tanaman disana dalam kondisi hijau sehingga menyejukkan mata. Selain itu kamu juga jangan kesana pada waktu siang hari. Jika ingin menikmati sunset di atas bukit maka kamu bisa datang kesana sekitar jam 2 siang dari Kota Jogja. Setelah itu kamu bisa melanjutkan untuk camping di malam harinya.

Tiket Masuk ke Bukit Pengilon

Tiket masuk bukit pengilon ini sebesar Rp. 5.000 per orangnya yang dibayar sewaktu akan memasuki TPR kawasan Pantai Siung atau Pantai Wedi Ombo. Namun ketika nanti trekking menuju Bukit Pengilon kamu harus membayar lagi biaya retribusi untuk setiap pos yang dilewati. Total seluruhnya ada 3 pos dan masing-masing pos kamu perlu membayar Rp 2000. Untuk parkir motor dikenakan tarif Rp. 2.000 dan Rp. 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk berkemah disana kamu juga harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 2.000. Murah bukan?

Perjalanan yang ditempuh serta trekking melewati jalan yang menantang nantinya akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang ada di atas bukit. Kamu bisa melihat indahnya bibir Pantai Siung dari kejauhan. Jika beruntung kamu juga bisa melihat indahnya air terjun musiman di Pantai Jogan. Bukit Pengilon selain cocok digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan sunset juga menjadi tempat yang tepat untuk menanti sunrise. Maka camping di bukit pengilon adalah pilihan yang tepat agar kamu bisa mendapatkan dua keindahan itu sekaligus di satu tempat. Keindahan Bukit Pengilon sunset sudah dikenal oleh banyak wisatawan. Sehingga tak jarang pula banyak orang yang sengaja datang kesana untuk menikmati sunset dan memilih untuk pulang.

Namun jika kamu ingin camping disana maka pastikan agar seluruh peralatan camping sudah dipersiapkan. Selain itu gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk trekking bukit. Jangan lupa juga untuk membawa sampah turun kembali agar kondisi alam disana tetap terjaga.

Bukit Pengilon – Photo by @albertmwisang

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Bukit Pengilon

Sepulangnya dari Bukit Pengilon kamu juga bisa mampir di beberapa pantai yang lokasinya dekat dengan Bukit Pengilon. Rasanya sayang sekali jika sudah melihat indahnya pantai tapi tidak merasakan ombak dan pasir putihnya. Maka sempatkanlah untuk bermain-main dan bersantai terlebih dahulu di pantai pilihanmu agar liburanmu semakin berkesan.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja kebun bukit pengilon ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved