Wisata Unik dan Menarik di Bukit Teletubbies
6 Jan

Wisata Unik dan Menarik di Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies – Jika mendengar kata Teletubbies maka apa sih yang terlintas di benakmu? Pasti empat sosok kararter yang memainkan peran di Teletubbies. Namun ada hal lain pasti yang terlintas di benakmu saat mendengar kata Teletubbies pasti akan teringat juga dengan rumahnya yang unik atau gundukan bukitnya yang kehijauan. Karena itulah di Jogja ada satu tempat wisata yang dinamakan Bukit Teletubbies. Dinamakan Bukit Teletubbies ini dikarenakan dari atas tersebut kamu bisa melihat rumah-rumah dome milik warga yang bentuknya mirip dengan rumah Teletubbies. Namun nama Bukit Teletubbies di Jogja juga dikenal orang-orang sebagai nama lain dari Candi Abang. Jadi jika kamu ingin ke Bukit Teletubbies jangan sampai salah tempat.

Bukit Teletubbies – Photo by @_irfanhf

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies dulunya merupakan daerah yang ditinggali warga. Namun akibat Gempa yang terjadi di Jogja pada tahun 2006 silam, pemukiman warga yang ada disana kemudian hancur. Korban Gempa yang tinggal disana kemudian mendapat bantuan dari lembaga nirlaba Amerika Serikat yang bernama Domes For The World. Masyarakat yang tinggal disana dan menjadi korban Gempa kemudian bisa memilih untuk mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp 15 juta atau dibuatkan rumah. Akhirnya banyak warga disana yang rumahnya hancur dan memilih untuk dibuatkan rumah.

Hasilnya dapat kamu lihat saat ini di dekat Bukit Teletubbies itu terdapat perkampungan yang rumahnya seragam berbentuk dome seperti rumah Teletubbies. Warga pun yang memiliki hak tanah di Bukit Teletubbies dan sekitarnya tidak boleh lagi menempati wilayah tersebut karena kondisi area tersebut tidak stabil untuk ditinggali. Semua warga yang menjadi korban gempa direlokasi ke wilayah baru dan kini Bukit Teletubbies digunakan sebagai lokasi wisata.

Letak Bukit Teletubbies prambanan yang berada di ketinggian menjadikan para pengunjung yang datang kesana bisa menikmati pemandangan Kota Jogja dan sekitarnya. Hamparan perbukitan juga terlihat di sekeliling area tersebut. Apalagi dari kejauhan juga terlihat rumah teletubbies prambanan yang bentuknya unik dan sayang jika tidak mengabadikannya. Dari Bukit Teletubbies pula kamu bisa melihat pesawat yang akan lepas landas ke bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Waktu Terbaik Mengunjungi Bukit Teletubbies

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Teletubbies adalah waktu pagi dan sore hari. Namun biasanya kunjungan teramai adalah pada sore hari. Pengunjung yang kebanyakan dari daerah Yogyakarta dan sekitarnya tertarik untuk menikmati sunset di atas Bukit Teletubbies karena memang menjadi spot yang tepat untuk menikmati matahari tenggelam. Jika cerah matahari yang tenggelam di ufuk barat akan terlihat sangat indah. Saat petang pun kamu masih bisa melihat keindahan lainnya dari atas sana, yaitu keindahan lampu-lampu kota Jogja yang menyala dan terlihat kecil dari atas. Selain itu pemandangan bandara Adisutjipto Jogja saat petang hari pun rasanya cukup menarik untuk dinikmati.

Bukit Teletubbies – photo by @achmaji

Pada waktu siang hari, udara di area tersebut cukup panas. Meskipun sudah banyak tempat berteduh bagi para pengunjung, namun jika kamu tak ingin kepanasan alangkah baiknya untuk tidak kesana pada waktu siang hari. Saat siang kamu bisa berkunjung ke Rumah Dome terlebih dahulu dan melihat-lihat keunikan dari rumah dome tersebut. Setelah puas maka sore harinya kamu bisa bergerak ke Bukit Teletubbies untuk menikmati keindahan sunset.

 

Lokasi Bukit Teletubbies

Lokasi Bukit Teletubbies berada di desa Wukirharjo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta. Jaraknya dari Kota Jogja tidak terlalu jauh, kurang lebih hanya 25 kilometer. Waktu tempuh untuk mencapai lokasi wisata tersebut kira-kira satu jam. Meskipun lokasi wisata ini tergolong wisata baru di Jogja, namun akses jalan ke bukit teletubbies Jogja sudah cukup bagus. Kamu bisa kesana dengan menggunakan motor atau mobil. Namun perlu diingat karena wisata ini terletak di bukit, jalan menuju kesana pun tidak terlalu lebar. Jadi pastikan skill mengendaraimu cukup baik untuk berkendara di jalan yang sempit.

Rute Menuju Bukit Teletubbies

Rute menuju Bukit Teletubbies ini cukup mudah dicari dan ditemukan di GPS. Jika belum familiar dengan tempat tersebut sebaiknya kamu mengeceknya terlebih dahulu di GPS. Sebenarnya ada 2 jalan menuju bukit teletubbies. Jalan yang pertama yaitu dari Kota Jogja lalu ikuti Jalan menuju ke Jalan Maguwo. Dilanjutkan melewati jalan Berbah-Prambanan hingga ke Jalan Piyunan. Setelah itu kamu harus menemukan Jalan Atren. Setelah ketemu maka kamu bisa belok kanan mengikuti papan petunjuk yang mengarahkan ke obyek wisata Bukit Teletubbies. Jalan yang kedua ini bisa kamu lalui dari Kota Jogja dan ambil ke arah Jalan Wonosari. Sampai di pertigaan Piyungan maka kamu harus belok kiri. Lanjutkan sampai kamu menemukan perempatan Jalan Atren lalu belok ke kanan. Setelah itu tinggal mengikuti papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke Bukit Teletubbies. Untuk rute yang pertama lebih cocok dilalui wisatawan yang datangnya dari Jogja bagian Utara dan Barat. Namun rute kedua akan lebih disukai oleh wisatawan yang datang dari Jogja bagian Selatan dan Timur karena bisa mempersingkat waktu.

Tiket Masuk ke Bukit Teletubbies

Untuk tiket masuk Bukit Teletubbies ini kamu bisa membayar seikhlasnya. Biaya retribusi masuk itu akan digunakan lagi untuk mengelola lokasi wisata. sedangkan untuk tiket parkirnya yaitu sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Jika selepas berkunjung dari bukit Teletubbies kamu ingin mampir ke Rumah Teletubbies, maka kamu harus mengeluarkan uang tambahan untuk tiket masuk sebesar Rp. 5.000. Murah bukan?

Fasilitas yang ada di Bukit Teletubbies

Fasilitas yang ada di Bukit Teletubbies dapat dikatakan cukup lengkap sehingga nyaman bagi pengunjung yang ingin berlama-lama disana. Terdapat bebeberapa gazebo yang sudah didirikan, sehingga pengunjung pun bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam disana. selain itu disana juga sudah tersedia kamar mandi hingga mushola. Tulisan-tulisan ikonik dan berbagai spot foto pun juga sudah ditambahkan. Hal itu membuat pengunjung yang suka berfoto dan selfie pun semakin puas. Udara segar disana pun menjadi kelebihan tersendiri dari tempat ini. apalagi kamu bisa menjangkau tempat ini tanpa capek-capek untuk mendaki jauh karena akses juga sudah cukup bagus sehingga tidak menyulitkan pengunjung yang ingin datang kesana. Disana juga sudah ada warga sekitar yang berjualan. Jadi jika kamu haus atau lapar pun bisa langsung mengisi perut di tempat tersebut.

Bukit Teletubbies – Photo by @rizkyismi

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Bukit Teletubbies

Gardu pandang pun juga sudah disediakan oleh pengelola. Dari situ kamu bisa melihat pemandangan sekitar dengan sudut pandang yang lebih luas. Tempat tersebut juga kini sudah tertata rapi dan di beberapa titik terdapat taman cantik yang tanamannya selalu dirawat. Jadi selain cocok dikunjungi oleh anak muda, Bukit teletubbies ini juga bisa dikunjungi oleh keluarga yang ingin melepaskan penat dan mendapatkan energy positif dari alam sekitar. Karena banyaknya spot foto menarik yang ada disana, maka Pastikan jika kamu membawa kamera dan tidak lupa mengabadikan momen-momen disana.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja kebun bukit teletubbies ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved