Candi Ijo – Candi Tertinggi di Jogja
10 Feb

Candi Ijo – Candi Tertinggi di Jogja

Candi Ijo – Yogyakarta selalu menawarkan keindahan yang tidak ada habisnya. Ada saja tempat indah yang bisa dijadikan sebagai refreshing wisatawan luar maupun dalam kota. Menikmati keindahan Jogja dari ketinggian menjadi suatu pengalaman liburan yang tak akan kamu lupakan. Ada beberapa tempat wisata yang menawarkan pemandangan Jogja dari ketinggian, mulai dari Bukit Bintang, Bukit Parangndog, hingga Candi Ijo. Berkunjung ke Candi Ijo itu artinya kamu akan mendapatkan dua pengalaman sekaligus. Pertama pengalaman menikmati pemandangan indah Jogja dari ketinggian. Kedua, pengalaman menelusuri sejarah Candi Ijo Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan candi Hindu tertinggi di Jogja ini.

Candi Ijo – Photo by @gantan_g

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Candi Ijo

Lokasi Candi Ijo

Candi Ijo dikenal sebagai Candi Hindu. Lokasi Canti Ijo berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Jika sebelumnya kamu pernah berkunjung ke Istana Ratu Boko, Candi Ijo ini letaknya tak jauh dari sana atau sekitar 4 km dari Istana Ratu Boko. Dengan letaknya yang berada di ketinggian sekitar 425 Mdpl membuat udara di Candi Ijo terasa sejuk dan kamu bisa melihat view Kota Jogja dari ketinggian. Lokasi Candi Ijo yang tidak jauh dari Bandara Adi Sutjipto juga bisa membuatmu melihat pemandangan pesawat yang akan landing. Candi Ijo memiliki tiga buah candi utama yang merupakan simbol dari Trimurti atau Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Asal usul Candi Ijo ini diperkirakan dibangun pada abad ke 10-11 pada jaman Kerajaan Medang itu nampak megah setelah melewati pemugaran. Di sekelilingnya terdapat taman dan rerumputan hijau yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk sambil bersantai. Nama Candi Ijo ini memang bermakna hijau yang menggambarkan lokasi berdirinya candi ini pada sebuah bukit yang ditumbuhi rerumputan hijau.

Candi Ijo – Photo by @tjahtindhak

Karena lokasinya berada di ketinggian, maka waktu yang paling bagus untuk bisa menikmati wisata Candi Ijo di Jogja adalah ketika sore hari. Kamu bisa menunggu matahari tenggelam ke peraduannya yang terlihat indah di lokasi tersebut. Lokasi Candi Ijo memang terkenal sebagai tempat menikmati sunset terbaik di Jogja. Kamu bisa mengabadikan keidahan sunset dengan latar belakang candi yang megah. Selain bisa digunakan untuk menikmati sunset, Candi Ijo juga menjadi spot foto favorit untuk orang-orang yang akan melakukan prewedding disana. Jika kamu salah satu yang ingin melakukan pemotretan prewedding disana maka pastikan dulu ya cuacanya bersahabat.

Rute Menuju Candi Ijo

Rute menuju Candi Ijo tergolong mudah untuk dilalui motor maupun mobil. Namun tidak untuk kendaraan besar. Rutenya agak menanjak sehingga kamu harus memastikan terlebih dahulu kondisi kendaraanmu dalam keadaan prima.

Candi Ijo – Photo by @widarkohartono

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Candi Ijo

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Harga tiket masuk Candi Ijo ini adalah Rp 5000. Kamu bisa puas menikmati pemandangan dari ketinggian sambil belajar sejarah tentang masa-masa kerajaan dimana Candi Ijo tersebut dibuat. Tak jauh dari lokasi tersebut terdapat wisata Tebing Breksi yang terkenal. Kamu bisa juga menyempatkan untuk kesana karena lokasi tersebut saat ini sedang menjadi lokasi wisata hits di Jogja.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja candi ijo ini?

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares