Candi Sambisari – Candi di Dataran Rendah
21 Feb

Candi Sambisari – Candi di Dataran Rendah

Candi Sambisari – Bila kamu sering berkunjung ke Candi, pasti memperhatikan jika biasanya lokasi candi itu berada di daerah perbukitan atau dataran tinggi. Lokasi candi yang berada di daerah perbukitan seringkali membuat akses menuju kesana terkadang susah dilalui. Namun di Jogja memiliki Candi yang lokasinya di dataran rendah. Meskipun lokasinya berada di dataran rendah, pemandangan yang disuguhkan dilokasi tersebut juga mempesona dengan rumput kehijauan yang membentang luas. Lokasi wisata tersebut bernama Candi Sambisari.

Candi Sambisari – Photo by @melindakertntyy

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Candi Sambisari

Asal usul Candi Sambisari dulunya dibangun pada abad ke 9 saat masa pemerintahan Rakai Garung zaman berdirinya kerasaan Mataram Kuno. Candi Sambisari ini memiliki 3 candi pendamping. Di luar candi pada area bangunan utama terdapat patung Durga Mahisasuramardini, Patung Ganehsa, dan Patung Agastya. Di dalam candi utama terdapat Lingga dan Yoni dengan ukuran cukup besar.

Candi Sambisari – Photo by @apriyanto

Lokasi Candi Sambisari

Lokasi Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan dari Kota Yogyakarta kurang lebih memakan waktu 1 jam dengan jalan yang sudah bagus. Kendaraan motor, mobil, maupun mini bus bisa memasuki area tersebut. Jadi tidak masalah jika ingin pergi ke wisata tersebut bersama dengan rombongan.

 

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Harga tiket masuk Candi Sambisari adalah sebesar Rp 5000 per orang. Waktu berkunjung terbaik ke Candi Hindu ini adalah saat pagi dan sore hari. Kamu bisa menikmati pemandangan di area Candi Sambisari tanpa khawatir kepanasan. Namun jika kamu kesana pada waktu siang hari, terik matahari akan sedikit mengganggu aktivitasmu. Maka dari itu sebaiknya kamu menyiapkan payung agar nyaman saat mengelilingi kompekls Candi Sambisari. Bisa juga bawa kacamata sebagai aksesoris ketika berfoto nantinya. Pasti dengan begitu hasil fotomu akan terlihat lebih keren.

Rute Menuju Candi Sambisari

Rute menuju Candi Sambisari dari Kota Yogyakarta bisa ditempuh melalui Jalan Raya Jogja-Solo Km 10. Setelah itu di kanan jalan kamu akan menemukan petunjuk jalan menuju Candi Sambisari. Ikuti petunjuk jalan tersebut dengan berkendara ke arah utara kurang lebih 2 kilometer. Perjalanan menuju kesana akan melalui area persawahan dengan jalan raya yang sudah bagus. Jadi perjalananmu akan semakin asyik nantinya.

Candi Sambisari – Photo by @faridatulkhusna

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Candi Sambisari

Candi Sambisari Jogja dapat kamu kunjungi setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00. Karena lokasi Candi Sambisari ini sudah terkenal sebagai tujuan wisata, maka jangan heran jika waktu liburan tiba akan banyak pengunjung yang datang kesana. Tak hanya digunakan sebagai lokasi wisata saja, banyak orang yang memang sengaja kesana karena ingin melakukan pemotretan prewedding. Dengan background gagahnya candi dipadukan dengan hijaunya rerumputan yang indah. Di dekat Candi Sambisari ini terdapat kuliner khas setempat yang sayang jika kamu lewatkan. Kuliner Candi Sambisari bernama Soto Bathok. Soto tersebut bisa kamu santap selepas berkeliling candi dengan view persawahan yang memanjakan mata.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja candi sambisari ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved