Candi Mini dengan Keasriannya – Candi Sari Jogja
23 Feb

Candi Mini dengan Keasriannya – Candi Sari Jogja

Candi Sari – Mengunjungi candi-candi di Yogyakarta seakan tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada candi-candi yang bisa dieksplore dengan keunikan tersendiri di masing-masing lokasi. Tak hanya memiliki bentuk yang gagah, candi-candi yang ada di Jogja juga banyak yang berbentuk mini. Namun bukan berarti tidak memiliki daya tarik tersendiri. Di balik mungilnya ukuran candi, terdapat kisah-kisah sejarah masa lalu yang menarik untuk ditelusuri. Jika kamu pengagum sejarah atau hanya ingin sekedar menelusuri jejak-jejak candi di Yogyakarta maka bisa singgahi sebuah candi mungil bernama Candi Sari.

Candi Sari – Photo by @saiffuul

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Candi Sari

Candi Sari ini memiliki bentuk yang unik dengan 2 ruangan di dalamnya. Pada masing-masing ruangan dihubungkan sebuah pintu dan jendela. Tak heran jika ukuran candi ini jika dilihat dari luar akan terlihat seperti kastil. Memang dulunya Candi Budha tersebut difungsikan juga sebagai asrama para biksu. Pada bagian luar candi terdapat pahatan-pahatan arca yang indah. Kemudian saat memasuki area dalam, kamu akan disambut dengan sepasang arca laki-laki dan wanita yang memegang teratai.

Candi Sari – Photo by @adityarevianur

Asal usul Candi Sari ini dibangun pada abad ke-8 M saat masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Candi ini juga dibangun bersamaan dengan masa pembangunan Candi Kalasan. Candi Sari kemudian rusak berat karena bencana alam. Kemudian Cadi Sari ditemukan kembali pada awal abad ke-20 dalam keadaan rusak berat.

 

Lokasi Candi Sari

Lokasi Candi Sari berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena lokasinya yang berada di Desa Bendan, Candi Sari juga biasa disebut sebagai Candi Benda. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota bisa kamu kunjungi dengan perjalanan kurang dari 1 jam saja. Apalagi jalan kesana sudah bagus dan lebar. Kamu pun tak perlu kesusahan mencari lokasi Candi tersebut karena sudah banyak petunjuk jalan yang tersedia. Jika bingung, langsung saja gunakan google maps di smartphone mu.

Rute Menuju Candi Sari

Rute menuju Candi Sari ini dari pusat Kota Jogja bisa kamu tempuh melalui Jalan Jogja-Solo menuju arah Klaten. Setelah itu di kiri Jalan kamu akan menemukan petunjuk ke Candi Kalasan. Ikuti petunjuk arah tersebut hingga kamu sampai ke Candi Kalasan. Namun kamu perlu belok kekiri lagi dan lurus ke utara agar bisa menemukan lokasi Candisari yang kamu cari.

Candi Sari – Photo by @inkasugiono

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Candi Sari

Harga Tiket Masuk Candi Sari

Harga tiket masuk Candi Sari ini hanya Rp 2000 saja. Kamu bisa datang kesana setiap hari mulai pukul 09.00-17.00. Jika kamu belum puas berkeliling di Candi Sari tersebut maka bisa berkunjung ke lokasi wisata candi lainnya yang berada tak jauh dari sana. Beberapa candi yang lokasinya tak jauh darisana yaitu Candi Prambanan, Candi Plaosan, Candi Kalasan, hingga Candi Sambisari. Masing-masing candi memiliki keunikan tersendiri, jadi untuk kamu yang penasaran langsung saja kunjungi semua candi tersebut.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja candi sari ini?

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares