Sensasi Menantang Cave Tubing Kalisuci
3 Mar

Sensasi Menantang Cave Tubing Kalisuci

Wisata Goa Kalisuci, Foto, Lokasi, Rute, Fasilitas, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk. Beberapa waktu yang lalu obyek wisata di Yogyakarta kembali menjadi sorotan berbagai media. Hal ini dikarenakan antusiasme masyarakat mengunjungi salah satu Goa yang memiliki sumber air yang mengalir dan dimanfaatkan sebagai arena wisata air (rafting).

Yogyakarta memang tidak akan habis jika ditelusuri dalam 1 hari. Karena itu banyak wisatawan yang memilih untuk Paket Wisata ke Jogja agar dapat menikmati liburan di kota ini meski hanya memiliki waktu yang terbatas.

Mengunjungi Lokasi Wisata Goa Kalisuci

Kalisuci Cave Tubing | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk

Apakah anda pernah bermimpi mengunjungi Goa Melissani yang terkenal di Yunani ? Sebelum anda mengunjungi Goa tersebut ada baiknya anda mengunjungi terlebih dahulu Goa Kalisuci yang terletak di Wonosari. Meski tidak sebesar Goa Melissani namun untuk keindahannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Wisata Kalisuci

Merupakan hasil dari pahatan alam, Goa Kalisuci merupaka termasuk jenis Goa Karst. Terbentuk akibat aktifitas air hujan dan air tanah secara terus menerus sehingga tercipta lorong – lorong dan berbagai bentuk batuan yang sangat menarik. Goa jenis ini paling banyak ditemukan di Indonesia.

Wisata Kalisuci tercatat memiliki kedalam sekitar 2 – 3 meter. Dari permukaan air para wisatawan dapat melihat langit – langit goa yang ditanami oleh berbagai tanaman liar. Bahkan saat terik matahari terlihat sinar matahari menyinari ruang tebing dari sela – sela bebatuan.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di obyek wisata ini adalah rafting atau menyusuri sungai serta wisata gua (cave tubing). Berbeda dengan rafting di sungai pada umumnya, Goa Kalisuci menawarkan rafting dengan sarana duduk di ban besar. Untuk aktivitas ini dapat dilakukan sendiri namun juga kelompok.

Para wisatawan tidak perlu cemas mengenai keamanan selama kegiatan rafting dikarenakan dibekali dengan peralatan yang memadai.Sehingga para wisatawan yang tidak memiliki kemampuan berenang dapat menikmati aktivitas tanpa khawatir.

Menjadi pelopor wisata rafting sebelum Goa Pindul, obyek wisata ini menyiapkan para pengawas yang sigap, peralatan seperti pelampung, helm dan ban karet yang layak pakai. Sebelum masuk kedalam air, para wisatawan akan diberikan pembekalan bagaimana cara menyusuri sungai, cara menghindari panik dan meminta pertolongan ketika terjadi hal – hal diluar kendali.

Dan yang lebih penting, wisatawan melakukan straching atau pemanasan agar otot – otot menjadi lentur kembali dan tidak terjadi kram. Pengawas juga memberikan berbagai tips diantarannya minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi, tinggalkan barang –barang elektronik agar tidak rusak terkena air serta usahakan buang air kecil terlebih dahulu.

Meski terkesan merupakan olahraga yang ringan, ternyata rafting tidak dianjurkan bagi beberapa wisatawan yang menderita penyakit berikut. Yang pertama, bagi para ibu hamil tentu tidak disarankan karena ditakutkan mempengaruhi kondisi janin.

Cave Tubing Kalisuci Jogja

Cave Tubing Kalisuci Jogja

Yang kedua, bagi penderita asma, penyakit jantung dan phobia terhadap ketinggian atau ruang tertutup. Saat menyusuri Goa Kalisuci para pengunjung terkadang melewati sungai dengan arus yang sedikit deras, kemudian masuk kebagian goa yang gelap. Hal inilah yang dikhawatirkan akan memicu kondisi penderita penyakit tersebut.

Namun, mengunjungi Goa Kalisuci tentu tidak akan membuat kecewa. Karena wisatawan akan disuguhi pemandangan relief staktatit dan juga merasakan gemericik air yang menetes dari sela – sela bebatuan di dalam goa.

Waktu yang diperlukan untuk menyusuri Goa Kalisuci kurang lebi 2 jam. Para wisatawan bebas menikmati setiap sudut goa yang memiliki jarak 500 meter. Sensasi yang paling banyak disukai adalah dapat bersenda gurau di dalam goa bersama dengan teman maupun keluarga.

Lokasi Wisata Kalisuci

Seperti obyek wisata di daerah Wonosari lainnya, Lokasi Goa Kalisuci dapat dengan mudah ditemukan. Terletak di Desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul. Masuk kedalam kawasan Karst Gunungsewu, Goa Kalisuci memiliki sungai yang bermuara langsung kesalah satu pantai di kawasan Wonosari. Berjarak tak jauh dari lokasi wisata lainnya, obyek wisata ini selalu menjadi pilihan oleh Agen Jasa Travel Yogyakarta.

Lokasi Kalisuci

Rute Menuju Tempat Wisata Kalisuci

Mengunjungi wisata jogja hits yaitu ke Goa Kalisuci bukanlah hal yang sulit, jika ditempuh dari Yogyakarta berikut rute terbaik yang dapat ditempuh :

  • > Ambil arah selatan menuju Jl. Mataram
  • > Setelah Jl. Mataram ketemu perempatan Hotel Melinea kemudian ke kanan ketemu perempatan belok ke kiri.
  • > Lurus terus sampai melewati Jl. Kusumanegara lurus terus sampai ke perempatan ambil kanan
  • > Sampai di Jl. Gedong Kuning lurus terus ketemu perempatan jalan terus menuju Jl. Purwosari.
  • > Setelah sampai Jl. Wonosari jalan terus sampai ketemu dengan Jl. Kalisuci dari sana ikutilah petunuk menuju Goa Kalisuci
Rute Kalisuci

Rute Kalisuci

Sampai di lokasi yang dituju dibutuhkan waktu tempuh sekita 1 jam 25 menit dengan jarak tempuh 47,5 kilometer. Pastikan membawa kendaraan yang memadai agar tidak ada kendala di tenggah jalan.

Fasilitas Wisata Kalisuci

Para wisatawan dapat menikmati berbagai Fasilitas kalisuci yang telah disediakan, diantarannya :

# Area Parkir
# Toilet Umum
# Basecamp
# Ruang Ganti
# Warung
# Pemandu Wisata
# Perlengkapan Cave tubing kalisuci

Jam buka atau jam Operasional Kalisuci

Untuk dapat berwisata di Kalisuci, jam buka kalisuci para wisasatawan dapat berkunjung pada pukul 08.00 sampai pukul 16.00. Namun, disarankan untuk menikmati wisata ini dipagi hari, selain suasana sepi udara daerah tersebut masih sangat segar. Selain itu jika anda tidak mempersiapkan baju atau peralatan mandi, warung disekitar lokasi menawarkan hal tersebut.

Tiket Masuk Cave Tubing Kalisuci

Tiket Masuk Cave Tubing Kalisuci

Harga Tiket Masuk Kalisuci

Salah satu alasan mengapa wisatawan lagi dan lagi mengunjungi kota Yogyakarta adalah karena banyak obyek wisata yang menarik dan harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Tiket Masuk : Gratis. Sewa Peralatan : Rp. 75.000. Parkir : Rp. 5.000.

Jika anda menyukai wisata air serupa, anda dapat juga mengunjungi Goa Pindul yang masih berada di kawasan serupa. Atau wisata sungai Oyo yang terletak di Magelang. Pastikan anda menghubungi agen Tour Jogja yang handal sehingga membantu anda mempersiapkan liburan bersama keluarga atau teman dengan menyenangkan.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik