Bertualang Menjelajah Curug Jurang Gedhe
20 Jan

Bertualang Menjelajah Curug Jurang Gedhe

Curug Jurang Gedhe – Wisata air di jogja ini menjadi salah satu tempat wisata bagi kamu yang suka adventure dan memacu adrenaline. Nama Curug Jurang Gedhe meramaikan sederet daftar tempat wisata di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Destinasi wisata Jogja yang satu ini menawarkan pengalaman menjelajah dan mendaki bukit dengan medan yang lumayan ekstrem. Dijamin pengalaman berliburmu menjadi lebih dari sekedar berlibur.

Wisata Anti Mainstream Curug Jurang Gedhe

Menikmati Wisata Ekstrem Curug Jurang Gedhe

Wisata ekstrem Curug Jurang Gedhe berada di Dusun Gombyong, Gunung Kidul. Hanya satu jam dari Jogja dengan kendaraan bermotor. Mendaki bukit dan menjelajahi hutan sekitar Curug, menjadi daya tarik bagi wisatawan datang berkunjung ke Curug Jurang Gedhe. Bagi wisatawan yang datang tidak perlu takut tersesat. Karena warga yang ditinggal di sekitaran curug, membuat banyak papan petunjuk arah menuju lokasi Curug Jurang Gedhe.

Lokasi Curug Jurang Gedhe

Lokasi Curug Jurang Gedhe

Kamu dan wisatawan lainnya bisa mendengar sayup-sayup suara serangga hutan hujan tropis. Suasana khas dari alam tropis Indonesia yang meneduhkan hati. Jika di perkotaan sejauh mata memandang adalah padatnya kendaraan dan gedung-gedung yang menjulang tinggi. Berwisata di Gunung Kidul tepatnya Curug Jurang Gedhe kamu akan menikmati pemandangan yang berbeda. Sejauh mata memandang hanyalah pohon-pohon rindang dan sawah-sawah luas yang menghijau milik para warga setempat.

Kendaraan roda dua ataupun roda empat cukup nyaman melewati jalanan sederhana yang menjadi akses menuju tempat wisata Jogja yang satu ini. Mengenai lahan parkir, biasanya wisatawan akan memanfaatkan halaman rumah-rumah warga setempat.

Dua pohon besar berdiri menjulang diantara jalan setapak. Seakan menjadi gerbang masuk bagi siapapun yang datang berkunjung. Curug Jurang Gedhe debit airnya akan berkurang di kala musim kemarau. Karena itu pastikan terlebih dahulu apakah tujuan kamu datang berwisata di Curug Jurang Gedhe. Apakah untuk tracking dan mendaki atau untuk berenang di curug purba ini. Sebenarnya para wisatawan juga bisa mengikuti fasilitas outbound yang tersedia di wilayah Curug Jurang Gedhe.

Walau demikian banyak tour Jogja yang memasukkan nama Curug Jurang Gedhe ke dalam daftar perjalanan wisata. Tempat wisata Curug Jurang Gedhe mendapatkan curahan air dari Sungai Gembyong. Sebenarnya Sungai Gembyong juga mengalirkan airnya ke beberapa curug di sekitaran Gunung Kidul. Tinggi wisata Curug Jurang Gedhe kurang lebih adalah 25 meter.

Bagi kamu yang menyukai tentang wisata purbakala. Curug Jurang Gedhe termasuk kategori curug purba di Jogja. Sampai sejauh ini pemerintah daerah maupun pusat belum menjadikan Curug Jurang Gedhe sebagai destinasi wisata resmi kota Jogja. Oleh karena itu 100% pengelolaan curug ini dilakukan bersama secara gotong royong oleh warga setempat. Walaupun demikian fasilitas dibuat untuk memenuhi keperluan wisatawan.

Lantaran fasilitas jalan yang belum beraspal. Kamu harus berhati-hati agar tidak terjatuh. Terlebih lagi jika hendak melakukan perjalan saat musim penghujan. Lokasi Curug Jurang Gedhe akan menjadi licin. Tapi saya yakin sekedar jalanan yang licin tidak akan menyurutkan niatan hati pecinta petualangan. Wisata curug Jogja yang satu ini membutuhkan stamina yang prima karena kamu dan wisatawan lainnya banyak melakukan aktivitas mendaki dan berjalan.

Pada track tertentu warga setempat memasang tali pada sisi tebing jurang. Tali tersebut diperuntukkan sebagai alat bantu berpegang bagi wisatawan saat mereka mulai menjelejah sekeliling tebing. Curug Jurang Gedhe merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta alam baik lokal maupun regional.

Jangan lewatkan juga sensasi menyenangkan berenang di alam bebas. Kedalam kolam Curug Jurang Gedhe kurang lebih 3 meter. Kamu bisa menikmati segarnya air jatuh melimpah ruah dan beningnya Curug Jurang Gedhe. Selain area curug, masih ada lagi Randu Kembar, Batu Gajah dan Goa Boras. Ke tiga tempat wisata tersebut masih berada di satu area dengan Curug Jurang Gedhe.

Rute Curug Jurang Gedhe

Rute Curug Jurang Gedhe cukup berkelok dan panjang. Sekilas terlihat berat medan yang harus di tempuh. Namun medan yang tidak biasa dan bergelombang bisa menjai ujian bagi kamu dan wisatawan lain untuk menikmati eksotisnya alam Curug Jurang Gedhe.

• Berangkat dari Jogja – ambil jalur menuju arah timur jalan raya Wonosari –-Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Patuk Playen – Terus ke arah Kota Wonosari- Mengikuti arah ngoro oro- Nglanggeran- Pasar Tawang- Bukit Mintorogo. Dengan kendaraan pribadi estimasi waktu yang di tempuh sekitar 1 jam.

Rute Curug Jurang Gedhe

Rute Curug Jurang Gedhe

Lokasi Wisata Curug Jurang Gedhe

Lokasi Curug Jurang Gedhe terletak di Gembyong, Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Karena belum ada alokasi dana dari pemerintah maka jalanan menuju Curug Jurang Gedhe belum begitu bagus. Wisatawan harus merasakan sensasi goncangan diatas kendaran.

 

Jam Buka Wisata Curug Jurang Gedhe

Jam buka Curug Jurang Gedhe tidak bisa dikases 24 jam. Karena tracking yang tidak mudah dan belum ada penerangan yang memadai. Maka warga setempat memutuskan untuk menutup lokasi Curug Jurang Gedhe sebelum matahari tenggelam.

• Senin Buka Pkl 08:00 – 17:00

• Selasa Buka Pkl 08:00 – 17:00

• Rabu Buka Pkl 08:00 – 17:00

• Kamis Buka Pkl 08:00 – 17:00

• Jumat Buka Pkl 08:00 – 17:00

• Sabtu Buka Pkl 08:00 – 17:00

• Minggu Buka Pkl 08:00 – 17:00

Harga Tiket Masuk Curug Jurang Gedhe

Harga Tiket Masuk Curug Jurang Gedhe

Harga Tiket Masuk Curug Jurang Gedhe

Harga tiket masuk Curug Jurang Gedhe cukup relatif murah. Bila dibandingkan dengan pengalaman berpetualang di Curug Jurang Gedhe tidaklah sebanding. Lokasi parkir menuju curug juga tidaklah terlalu jauh kamu dan wisatawan lain hanya cukup berjalan sejauh 100 meter dari tempat parkir. Berikut adalah estimasi harga tiket masuk yang harus wisatawan bayarkan.

• Tiket Masuk Dewasa Rp 4.000
• Tiket Masuk Pelajar Rp 3.000
• Tiket Masuk Anak Rp 2.000
• Pakir Motor Rp 2.000
• Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Curug Jurang Gedhe

Fasilitas Curug Jurang Gedhe berbeda dengan destinasi buatan yang banyak ditemui di Kota. Suasana Curug yang masih alami tentunya membuat wisatawan yang datang berkunjung bisa betah berlama-lama. Selain itu fasilitas alami dari alam juga menambah nilai lebih untuk tempat wisata curug Jigja yang satu ini. Sebagian besar fasilitas bahkan mungkin keseluruhan aktivitas adalah milik warga setempat.

Fasilitas Curug Jurang Gedhe

• Pemandian kolam alami
• Wisata tentang biota hutan
• Taman mini
• Gazebo
• Tempat Bermain Outdoor

Demikian ulasan tentang wisata Curug Jurang Gedhe. Bagi kamu yang menyukai tantangan dan ingin liburan ke tempat wisata ini dari Jogjakarta bisa dengan menggunakan rental mobil yogyakarta. Tawaran tour gabungan mbisa dijadikan ajang mendapat teman baru. Happy holiday!

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik