Rahasia Wisata Dibalik Curug Kembang Soka
1 Feb

Rahasia Wisata Dibalik Curug Kembang Soka

Wisata Curug Kembang Soka – Pantai bukanlah satu – satunya obyek wisata yang dapat ditemui di Kulon Progo. Siapa yang menyangka, kota kecil ini memiliki wisata air terjun yang layak untuk dikunjungi khususnya Curug Kembang Soka. Wisata alam khususnya di Kulon Progo kini telah banyak ditawarkan oleh jasa Paket Wisata Jogja.

Curug Kembang Soka terbentuk dari fenomena geologi yaitu air sungai yang berada di pegunungan mengalir kebawah melewati bebatuan. Mengalir dari tempat yang sangat tinggi kemudia jatuh ke tempat yang curam menhasilkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Dan hal tersebut dikarenakan fenomena alam yang langka.

Curug Kembang Soka: Wisata Air Tejun Kulon Progo

Mengunjungi Wisata Curug Kembang Soka yang Viral dan Instagramable

Pernahkah anda membayangkan dapat bermain di air jernih dan segar yang berasal dari pegunungan. Jika anda berkunjung di air terjun Kembang Soka hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Berada tepat di lembah sungai perbukitan Menoreh, terdapat Air Terjun yang mengalirkan air pegunungan yang jernih dan menyegarkan.

Air Tejun Kembang Soka

Air Tejun Kembang Soka

Meski disekitar perbukitan Menoreh terdapat lebih dari satu air terjun, namun Curug Kembang Soka dapat dikatakan yang paling spesial. Pertama, curug ini berada di lokasi teratas diantara curug lainnya dan memiliki ketinggian 15 meter. Hal ini menjadikan semburannya kencang dan paling jernih.

Selain itu warna air di Curug Kembang Soka terdiri dari tiga warna yaitu biru, hijau tosca dan sedikit kekuningan. Ketika dilihat dari dekat begitu jernih seakan mengoda para pengunjung untuk bermain air hingga berenang.

Meski terletak diantara hutan belantara, kolam disekitar air terjun terbentuk secara alami oleh berbagai batuan alam. Karena terkikis oleh air yang mengalir, dinding batu pada bagian pinggir terlihat seperti terpahat menjadi cantik. Tak heran banyak yang menjadikan Curug Kembang Soka ini sebagai obyek foto yang menarik.

Asal muasal nama Curug Kembang Soka diambil dari banyaknya pohon soka yang berada disekitarnya. Pohon soka sendiri juga merupakan pohon yang cukup unik, dengan bunga berwarna merah dan kuning yang berbentuk menyerupai jarum dan hanya mengeluarkan aroma wangi di malam hari.

Meski memiliki keistimewaan tersendiri, obyek wisata ini hanya dikelola oleh warga sekitar. Tanpa ada sentuhan dari pemerintah pusat, warga sekitar secara swadaya membangun berbagai jembatan dari bambu di beberapa titik yang mempermudah para pengunjung untuk menuju ke mata air.

Dari loket pembelian tiket para pengujung harus menyusuri jalan setapak sejauh 200 meter. Dalam perjalanan menuju pusat air terjun pengunjung akan disambut dengan suara kicauan burung serta aroma pepohonan yang menyegarkan. Sesekali akan terlihat tupai yang meloncat – loncat di pepohonan dengan sangat mengemaskan.

Lokasi Curug Kembang Soka

Lokasi Curug Kembang Soka

Sebelum dibuka untuk tempat umum keberadaan Curug Kembang Soka ini sangat membantu warga sekitar. Karena air dari Curug tersebut dapat memenuhi kebutuhan air warga sekitar meskipun dalam musim kemarau sekalipun. Dan kini setelah dibuka untuk umum juga memberikan keuntungan lain bagi penduduk sekitarnya. Warga disekitar lokasi mendirikan lahan parkir, toilet umum serta beberapa warung kopi guna memenuhi kebutuhan para pengunjung.

Menurut penduduk sekitar keberadaan Curug Kembang Soka bagaikan suatu anugerah bagi mereka. Karena itu mereka mengucap syukur dengan terus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan agar tidak kehilangan keindahannya. Dan menjadi sumber pendapatan yang dapat diandalkan oleh warga sekitar.

Lokasi Curug Kembang Soka

Lokasi Curug Kembang Soka ialah berada Padukuhan Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Sebelum sampai di lokasi, pengunjung akan melewati dua obyek wisata lainnya yaitu Goa Kiskendo dan Waduk Sermo.

Meski obyek wisata ini baru dibuka, namun warga setempat telah membuat jalan khusus agar para pengunjung dapat sampai dengan mudah. Hanya saja jalan yang terjal serta minim lampu penerangan menyebabkan Curug Kembang Soka tidak layak dikunjungi saat petang. Patikan mengunakan kendaraan yang memadai serta datang di siang hari.

Rute Curug Kembang Soka

Berada di luar kota Yogyakarta, Para wisatawan dapat menempuh perjalanan dari kota dengan berbagai pilihan rute air terjun kembang soka

Rute Curug Kembang Soka

Rute Curug Kembang Soka

Untuk lebih lengkapnya Rute Curug Kembang Soka dapat ditempuh dengan cara berikut :

  • # Dari kota Yogyakarta melewati Jl. Godean
  • # Lanjutkan perjalanan ke arah barat sampai dengan perempatan Kenteng.
  • # Setelah itu ketemu Goa Kiskendo menuju pasar Jonggrangan
  • # Akan banyak papan petunjuk menuju Curug Kembang Soka ikuti saja dan akan sampai disana.
  • # Rute menuju Kulon Progo dapat dibilang cukup mudah. Meski menuju ke pegunungan namun tidak akan menemukan jalan dengan tikungan yang tajam. Disepanjang jalan wistawan dapat menikmati pemandangan hutan jati dan pegunungan bukit Menoreh.

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka Yang Tersedia

Meski dikelola secara swadaya oleh penduduk sekitar, namun Curug Kembang Soka telah memiliki beberapa fasilitas yang memadai seperti :

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang Tersedia

  • # Mushola
  • # Toilet
  • # Tempat Parkir
  • # Persewaan Sepatu Boot
  • # Warung Makan
  • # Spot Foto

Warga setempat sangat berharap mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah, sehingga dapat menyediakan fasilitas yang lebih layak bagi para wisatawan. Mereka yakin dengan potensi alam yang ada ditambah dengan sedikit polesan akan membuat Curug Kembang Soka menjadi salah satu tujuan wisata andalan bagi para Jasa Wisata Yogya.

Jam buka atau jam Operasional Curug Kembang Soka

Para pengunjung dapat menikmati wisata alam air terjun kembang soka, untuk jam buka Curug Kembang Soka dari pukul 07.00 Wib sampai dengan pukul 16.00. Sangat tidak diperkenankan pengunjung masih berada dilokasi saat matahari mulai terbenam. Selain dikarenakan lokasi yang tidak memadai juga dikarenan tidak ada penerangan yang memadai di tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Kembang Soka

Harga Tiket Masuk Curug Kembang Soka

Harga Tiket Masuk Curug Kembang Soka

Masih dikelola secara swadaya, pengelola Curug Kembang Soka mematok biaya parkir roda dua seharga Rp. 2.000 dan roda empat Rp. 5.000 saja. Sedangkan harga tiket masuk air terjun kembang soka hanya sebesar Rp. 5.000. Selain biaya masuk yang cukup terjangkau para pengunjung juga diharapkan dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta mencorat – coret pohon atau bebatuan.

Berada cukup jauh dari Yogyakarta para wisatawan dapat mengunjungi Curug Kembang Soka dengan bantuan penyedia jasa Paket Tour Yogyakarta, Selain memberikan kemudahan dalam akomodasi, wisatawan pun akan diajak merasakan sensasi berbeda dalam berwisata.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik