Curug Luweng Sampang Canyon Eksotis Dari Jogja
21 Jan

Curug Luweng Sampang Canyon Eksotis Dari Jogja

Air Terjun Luweng Sampang – Sepertinya wilayah destinasi wisata kota Jogja akhir-akhir ini di dominasi Kabupaten Gunung Kidul. Memang, Gunung Kidul banyak memiliki wisata goa dan wisata curug. Tentu saja sederet nama-nama pantai eksotis Gunung Kidul tidak bisa di lupakan. Tidak heran bila para wisatawan rela berangkat dari kota Jogja hanya untuk mendatangi tempat wisata alam dari Kabupaten Gunung Kidul.

Menjelajahi Keindahan Alam Curug Luweng Sampang

Bersantai Menikmati Eloknya Alam Air Terjun Luweng Sampang

Nama Curug Luweng Sampang memiliki arti lubang di desa Sampang. Desa Sampang sendiri tercatat berada di bawah wilayah kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Nama lain dari Curug Luweng Tampang adalah Luweng Sampang Ganiwarno yang berati lubang di desa Sampang yang berganti warna. Nama lain tersebut di buat oleh masyarakat yang di tinggal di Kabupaten Klaten. Karena secara geografis curug berbatasan dengan wilayah Kabupaten Klaten. Lokasi curug dipercaya pernah digunakan sebagai tempat Sunan Kalijaga bermediasi.

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Bebatuan cadas putih terlihat membingkai indah air terjun Curug Luweng Sampang. Curug Luweng Sampang adalah bebatuan alam yang mengalami peristiwa erosi secara alami. Kikisan batuan tersebut membentuk pola yang indah. Bagi kamu yang sudah pernah atau mungkin mengetahui Antalope Canyon yang ada di Amerika Serikat. Curug Luweng Sampang tidak kalah cantik dengan tempat tersebut. Sebagai tempat wisata Jogja, curug yang satu ini masih tergolong baru. Karena belum banyak orang yang datang untuk mengeksplorasi wisata curug Jogja yang satu ini. Biasanya pengunjung senang mengabadikan momen mereka diantara eksotisnya bebatuan Curug Luweng Sampang.

Curug Luweng Sampang dipercaya bahwa dahulu pernah dijadikan tempat bagi Sunan Kalijaga bermeditasi menenangkan diri. Sekarang dari hari ke hari pengunjung yang datang terus bertambah berkat informasi dari media sosial. Pengunjung yang datang dari luar Jogja dan ingin mengeksplore wisata kota Jogja bisa mengikuti program paket tour wisata Jogja. Sehingga tidak melewatkan tempat-tempat wisata lokal yang hanya warga setempat ketahui akan potensi kecantikannya.

Ketinggian curug tergolong pendek apabila dibandingkan dengan curug-curug lain di Kabupaten Gunung Kidul. Curug Luweng Sampang memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter. Dua batu besar yang mengapit curug memberi kesan dramatis saat air mengucur jatuh dan memenuhi kolam alami tersebut. Kedalaman kolam alami Curug Luweng Sampang tidaklah dalam sehingga anak-anak bisa berenang dibawah pengawasan orang tua.

Rute Curug Luweng Sampang

Rute Curug Luweng Sampang

Keunikan dari lokasi wisata ini terdapat pada pola ukiran alami bebatuan yang menciptakan pola unik pada sepanjang sulur curug. Selain itu warna air pada kolam alami Curug Luweng Sampang berubah-ubah mengikuti perubahan cuaca. Pada musim hujan air akan bewarna coklat. Lokasi sekitaran curug juga lebih licin sehingga pengunjung harus berhati-hati agar tidak terjatuh. Namun warna air cenderung bewarna hijau kebiruan pada musim kemarau. Hal ini karena lumpur mengendap di dasar kolam.

Rute Curug Luweng Sampang

Rute Curug Luweng Sampang, jarak tempuh dari kota Jogja menuju lokasi curug tidak bisa dibilang dekat bisa juga menggunakan sewa mobil di yogyakarta bersama NaganTour. Pengunjung harus menempuh 1 jam perjalanan dengan perkiraan waktu tanpa macet. Ada beberapa alternatif rute yang bisa pengunjung pilih sesuai dengan lokasi terdekat pengunjung. Karena zaman sudah canggih rute dibawah ini bisa menjadi acuan perjalan.

• Ambil jalur menuju arah timur jalan raya Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang- Patuk – Hutan Bunder – Patuk Playen – Terus ke arah Kota Wonosari- Ngoro oro Ombo- Padukuhan Semilir- Desa Terbah- Curug Luweng Sampang. Dengan kendaraan pribadi estimasi waktu yang di tempuh sekitar 1jam.
• Ambil jalur menuju arah Maguo- Prambanan- Jogja Solo- Desa Sampang- Curug Luweng Sampang .

Lokasi Curug Luweng Sampang

Lokasi Curug Luweng Sampang

Lokasi Curug Luweng Sampang

Lokasi Curug Luweng Sampang, secara geografis berada di jalan Juminahan, Sampang, Mongkrong, Desa Sampang, Kecamatan Gedang Sari, Gunung Kidul. Berada di letak tertinggi area gunung kidul. Meski demikian track menuju Curug Luweng Sampang cukup landai walau lebih terasa melelahkan apabila menggunakan kendaraan roda dua.

Jam Operasional / Jam Buka Curug Luweng Sampang

Jam Buka Curug Luweng Sampang, kabar baiknya kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini kapan pun dan hari apapun. Tidak ada batasan waktu, yang perlu diperhatikan adalah penerangan dan cuaca.

 

Fasilitas Curug Luweng Sampang

Fasilitas Curug Luweng Sampang, keindahan alam yang ditawarkan sebenarnya adalah fasilitas utama dari destinasi wisata ini. Karena tidak adanya fasilitas loker, maka setiap pengunjung bertanggung jawab terhadap barang bawaan pribadi. Fasilitas di Curug Luweng Sampang belum lah sebanyak tempat wisata lain.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Harga Tiket Masuk Curug Luweng Sampang, perihal tiket masuk harganya terbilang murah karena memang belum ada tarif resmi yang ditentukan untuk mengunjungi area wisata curug. Pengunjung bisa membayarkan tiket masuk kepada warga setempat yang berjaga di sekitar wilayah Curug Luweng Sampang. Sekaligus membayarkan tiket parkir kendaraan.

• Tiket Masuk Rp 2.000
• Tiket Parkir Rp 4.000

Aktivitas Curug Luweng Sampang

Aktivitas Curug Luweng Sampang

Aktivitas Curug Luweng Sampang

Aktivitas Curug Luweng Sampang, walaupun tidak ada fasilitas yang banyak pada sekitaran area wisata. Bukan berarti pengunjung tidak bisa menikmati waktu berlibur mereka. Pengunjung bisa tetap mengalami momen seru liburan di Curug Luweng Sampang. Berikut adalah aktivitas di Curug Luweng Sampang.

• Berenang
• Bermain air
• Hunting Foto
• Prewedding
• Piknik
• Menikmati panorama curug

Demikian informasi mengenai Curug Luweng Sampang. Promosi yang secara tidak langsung dilakukan oleh setiap pegunjung yang datang. Hal tersebut membuat semakin banyak orang mengetahui tentang wisata curug yang satu ini.

Apabila datang berkunjung pastikan untuk selalu menjaga keasrian alam sekitar. Jika bukan kita lantas siapa yang akan menjaga alam tersebut. Bawalah kembali sampah yang kamu miliki, patut kita ingat bahwa area air terjun Luweng Sampang belum memiliki fasilitas apapun. Jika kamu ragu pergi sendirian ke lokasi curug, mungkin pilihan paket wisata  ke Yogyakarta bisa kamu coba.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik