Goa Jomblang Tempat Wisata Ekstrim di Jogja
24 Dec

Goa Jomblang Tempat Wisata Ekstrim di Jogja

Goa Jomblang Tempat Wisata Ekstrim di Jogja – Bosan ketika sering liburan ke Yogyakarta tapi hanya pergi ke tempat yang itu-itu aja? Mungkin alternative tempat wisata yang satu ini bisa kamu jadikan referensi untuk liburan ke Jogja di lain waktu. Daerah Gunungkidul memiliki banyak sekali destinasi wisata baru yang sayang untuk dilewatkan dan tak akan membuatmu bosan. Apalagi baru-baru ini wisata di Gunung Kidul sedang booming dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik luar maupun dalam kota bahkan hingga wisatawan mancanegara. Di hari-hari libur seperti Sabtu Minggu maupun hari besar lainnya berbagai lokasi wisata yang ada disana pasti banyak dipenuhi pengunung. Tak jarang untuk masuk ke lokasi wisata harus mengantri hingga panjang.

Goa Jomblang - Photo by @adidsasmito

Goa Jomblang – Photo by @adidsasmito

Ada Salah satu tempat wisata yang menantang sehingga bisa kamu kunjungi ketika weekend atau liburan. Tempat tersebut adalah Goa Jomblang. Goa Jomblang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menantang karena lokasinya yang masih alami dan dijamin kamu tak akan bosan jika berkunjung kesana. Namun karena saat ini nama Goa Jomblang mulai terkenal, kini lokasi wisata tersebut mulai banyak dikunjungi wisatawan dan selalu ramai ketika musim libur tiba. Jadi buat kamu yang ingin lebih leluasa mengeksplore setiap sudut Goa Jomblang sebaiknya datang kesana diluar waktu liburan. Kamu akan ditemani dengan local guide yang akan memberikan informasi berharga terkait Goa Jomblang yang unik.

Goa Jomblang ini merupakan goa vertikal dengan hutan purba yang ada di dasarnya. Di goa ini kamu akan dibawa ke suatu tempat dimana kamu bisa melihat cahaya surga. Cahaya surga ini merupakan kiasan dari cahaya yang dipancarkan dari atas atap goa yang terbuka sehingga cahaya matahari bisa menembus masuk kedalam. Pengunjung yang masuk kedalam goa akan merasa terkesima dengan pemandangan indah tersebut. Karena itulah cahaya yang indah itu diberi nama cahaya surga. Cahaya yang masuk kedalam goa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Dan hal tersebut tak hanya menarik untuk dinikmati namun juga menarik untuk diabadikan oleh fotografer. Tak heran jika di media sosial banyak sekali foto-foto yang menampakkan keindahan goa dan cahaya surga yang bersinar. Bahkan saking menariknya lokasi ini sampai seringkali digunakan sebagai lokasi syuting.

Goa Jomblang Jogja - Photo by @rollinrox

Goa Jomblang Jogja – Photo by @rollinrox

Baca juga: Rental Mobil Jogja Murah Ke Goa Jomblang

Jika kamu memutuskan ingin pergi ke goa tersebut maka sebaiknya ditemani oleh guide dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk susur goa. Tanpa perlengkapan yang memadahi maka siap-siap saja nyawamu dipertaruhkan untuk bisa turun ke dasar goa. kelengkapan perlengkapan dibutuhkan untuk turun ke dasar goa. Pengunjung akan memakai semacam pengaman dan mereka akan masuk ke dasar goa melalui tali. Pada saat turun ke dasar goa maka perasaan dag dig dug akan dirasakan oleh pengunjung jika mereka belum pernah mencoba sebelumnya. Namun jika perlengkapan untuk masuk kedalam goa sudah lengkap maka kamu pun tak perlu khawatir soal keamanannya.

Meskipun untuk masuk ke dalam goa pengunjung hari berkorban dengan bergelantungan di atas tali namun pemandangan yang akan di lihat di atas goa juga tidak akan mengecewakan. Di dalamnya meskipun gelap namun dengan bantuan cahaya seadanya maka kamu bisa melihat bagian goa yang banyak ditumbuhi tanaman-tanaman seperti tumbuhan paku, tumbuhan lumut, hingga jenis tumbuhan lainnya. Karena banyaknya tumbuhan yang ada disana maka seringkali orang-orang menyebutnya sebagai hutan purba. Dikatakan seperti itu karena vegetasi yang tumbuh disana berbeda dengan tanaman-tanaman yang tumbuh di atas goa. Selain beragam vegetasi yang bisa kamu lihat, kamu juga bisa melihat cahaya surga dari atas. Maka dari itu waktu terbaik untuk pergi ke goa tersebut adalah jam 11.00-14.00. Pada saat tersebut matahari tepat bersinar diatas sehingga cahayanya yang kuat bisa menembus ke dalam goa. Jika suasana mendung maka cahaya yang masuk tidak terlalu kuat sehingga berkas-berkas cahayanya tidak bisa masuk ke dalam goa. tentu saja berkunjung ke Goa Jomblang tanpa melihat eksotisme cahaya surga dari dalam goa akan terasa sangat kurang. Maka dari itu sebelum kesana kamu bisa memastikan dulu apakah cuacanya cukup bagus dan cocok untuk berkunjung kesana.

 

Lokasi Menuju Goa Jomblang

Lokasi Goa Jomblang ini terletak di Desa Semanu, Wonosari, Yogyakarta. Untuk menuju kesana kamu harus menggunakan kendaraan pribadi karena akses untuk kendaraan umum menuju lokasi wisata terbilang cukup sulit. Namun jika kamu dari Kota Yogyakarta akan sangat mudah untuk mendapatkan rental mobil. Bahkan jika kamu tidak ingin repot maka bisa menggunakan jasa travel sehingga tak perlu khawatir lagi akan buta arah jika ingin kesana.

Goa Jomblang Yogyakarta

Goa Jomblang Yogyakarta

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati pemandangan cantik dari dasar goa juga bisa dibilang tidak murah. Masing-masing orang akan menghabiskan biaya hingga ratusan ribu untuk bisa menikmati sensasi wisata alam yang berbeda tersebut. Namun berates-ratus ribu yang harus kamu keluarkan sepadan dengan berbagai macam perlengkapan yang disediakan oleh pengelola wisata tersebut. Apalagi hal tersebut akan terbayar jika kamu berhasil melihat pemandangan indah dari dasar goa sana. Karena di dasar goa cahaya sangat minim maka kamu sebelumnya bisa mempersiapkan perlengkapan seperti lampu senter. Bisa juga dengan menggunakan lampu senter. Tak hanya itu pula perlengkapan yang harus kamu siapkan. Kamu juga harus membawa baju ganti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi di dalam goa terdapat percikan-percikan air yang bisa berpotensi membuat baju yang kamu pakai menjadi basah. Untuk soal alas kaki maka kamu bisa menggunakan alas kaki yang nyaman. Sebenarnya alas kaki yang paling dianjurkan adalah sepatu boots yang bisa melindungi kakimu sehingga tidak akan lecet. Namun jika kamu tak memiliki sepatu boots maka alternatifnya kamu bisa memakai sandal gunung yang nyaman.

Jika turun ke dasar goa maka pengunjung harus bergelantungan maka untuk keluar dari dasar goa tersebut maka pengunjung akan bergelantungan lagi pada seutas tali. Jika awalnya pengunjung harus turun perlahan-lahan maka ketika akan naik pengunjung akan ditarik oleh orang-orang yang sudah stand by dari atas untuk menarik orang-orang yang akan naik ke atas goa. (baca juga: rental mobil jogja)

Agar liburanmu semakin asyik ketika berkunjung ke Goa Jomblang Gunungkidul maka jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekatmu untuk mengunjungi Goa istimewa tersebut. Selain itu semakin banyak teman tentunya akan semakin mengasyikkan perjalanan susur goamu. Usahakan untuk datang kesana ketika musim kemarau. Saat musim kemarau maka matahari bisa bersinar cerah dan berkas-berkas cahayanya bisa masuk sempurna ke dalam goa. Dalam sekali masuk ke goa, maksimal hanya diperbolehkan sekitar 10 orang saja yang boleh masuk. Hal tersebut memang sengaja untuk menjaga kelestarian berbagai macam vegetasi yang ada disana. Jika kamu sudah mantap ingin menikmati keindahan Goa Jomblang maka sebaiknya kamu melakukan reservasi dulu kesana. Namun jika tidak ingin repot maka bisa mengikuti paket wisata ke Goa Jomblang yang disediakan biro travel.

Rute ke Goa Jomblang dari Pusat Kota Yogyakarta

Goa Jomblang merupakan tempat wisata alam di Jogja yang sangat populer bagi wisatawan sehingga rute goa jomblang menuju perjalanan kesana tidak begitu rumit. Dari pusat Kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 50 kilometer ke arah Tenggara, dengan waktu tempuh sekitar 1 – 1,5 jam.

Goa Jomblang Semanu Gunungkidul - Photo by @airyindonesia

Goa Jomblang Semanu Gunungkidul – Photo by @airyindonesia

Baca juga: Paket Wisata Jogja ke Goa Jomblang

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Buat wisatawan yang kepingin menjajal wisata alam ekstrim goa jomblang di jogja ini, harganya cukup mahal menguras kantong itung-itung puasa 1 puasa 1 minggu 🙂 Untuk masuk ke goa jomblang satu orangnya akan dikenakan tarif atau harga tiket masuk goa jomblang masuk ke goa mulai dari Rp. 450.000 sudah lengkap dengan pemandu dan alat keselamatan. Untuk masuk ke goa jomblang ini ada batasan pengunjung loo.. dalam satu hari hanya diizinkan sebanyak 40 orang wisatawan saja. Beneran pingin kesana, kami sarankan booking atau pesan tempat dahulu, atau lebih baiknya booking paket wisata goa jomblang di NaganTour.

 

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares