Asri dan Alaminya Grojogan Pucung Bantul
29 Jan

Asri dan Alaminya Grojogan Pucung Bantul

Grojogan Pucung – Ketika ingin berlibur ke Kota Jogja di waktu libur panjang pasti hal yang paling tidak menyenangkan adalah banyaknya lokasi wisata yang dipadati oleh pengunjung. Niat awal ingin refreshing dan lepas dari aktivitas yang padat serta ingin menjauh dari keramaian kota, ternyata malah tidak bisa refreshing karena lokasi wisata yang kamu tuju dipadati oleh wisatawan lainnya. Jika memang kamu harus berlibur ke Jogja di waktu libur panjang atau peak season, maka pastikan untuk pergi ke destinasi wisata yang anti mainstream. Destinasi wisata di Jogja yang anti mainstream tidak selalu jauh dari pusat Kota Jogja. Di daerah Bantul terdapat banyak sekali destinasi wisata alternatif yang cocok kamu kunjungi ketika peak season. Salah satunya yaitu Grojogan Pucung.

Grojogan Pucung – Photo by @totohandoko

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Grojogan Pucung

Lokasi Grojogan Pucung

Lokasi Grojogan Pucung Bantul berada di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu dari pusat Kota Jogja, perjalanan kesana ditempuh dengan waktu kurang dari 1 jam. Lokasi Grojogan Pucung tersebut berada di wilayah yang masih asri. Pepohonan dan semak-semak mengelilingi air terjun mini tersebut. Keindahannya masih terjaga dan sangat alami karena tidak terlalu banyak orang yang datang kesana. Biasanya warga setempat juga menggunakan Grojogan Pucung tersebut untuk mandi. Airnya dibendung dan digunakan sebagai irigasi serta untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

Grojogan Pucung – Photo by @nusaku.id

Rute Menuju Grojogan Pucung

Rute menuju Grojogan Pucung Bantul dapat kamu tempuh melalui jalan Jalan Parangtritis. Saat sampai di Jalan Prangtritis Km.14, kamu akan menemukan SPBU di kanan jalan dan terdapat RS Rachma Husada di kiri jalan. Disitu terdapat persipangan jalan kecil. Ambil arah ke kiri hingga sampai di Pasar Pundong. Kira-kira 5 kilometer dari Pasar Pucung kamu akan menemukan lokasi Grojogan Pucung tersebut. Di google maps sudah terdapat lokasi tepat Grojogan Pucung, namun jika ingin lebih akurat bisa langsung bertanya kepada warga setempat.

 

Tidak seperti air terjun lainnya di Bantul yang cocok dikunjungi pada waktu musim hujan, Grojogan Pucung ini bisa kamu kunjungi pada musim kemarau tiba. Debit airnya tetap stabil dan cukup deras karena bersumber dari mata air. Selain itu jika menelusuri aliran air di sekitar Grojogan Pucung maka kamu akan menemukan air terjun lainnya yang lebih tinggi ukurannya namun dengan kedung atau kolam yang tidak terlalu dalam. Keasrian dan kealamian Grojogan Pucung tersebut membuat lokasi itu menjadi destinasi wisata alam di jogja yang harus kamu kunjungi.

Grojogan Pucung – Photo by @anahata_antarie

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Grojogan Pucung

Harga Tiket Masuk Grojogan Pucung

Untuk harga tiket masuk Grojogan Pucung ini saat ini masih gratis. Pengunjung yang datang kesana hanya perlu membayar parkir saja. Karena destinasi wisata ini belum dikelola dengan serius oleh warga sekitar, fasilitas yang ada disana pun sangat terbatas. Bahkan papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke lokasi tersebut pun terbilang sedikit. Namun karena warga setempat sudah tahu lokasi wisata Grojogan Pucung tersebut, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka jika membutuhkann informasi.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja grojogan pucung ini?

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares