Manikmati Pagi Hari di Hutan Pinus Asri
2 Jan

Manikmati Pagi Hari di Hutan Pinus Asri

Hutan Punis Asri kini menjadi destinasi wisata paling favorit di Yogyakarta. Bahkan bukan hanya di Yogyakarta saja. Di kota-kota lain seperti Malang, Bandung, Magelang, Semarang, hingga kota lainnya yang memiliki kawasan hutan pinus pasti kini wisata hutan pinusnya menjadi andalan dan dibanjiri oleh wisatawan setiap hari libur tiba. Banyaknya kunjungan wisatawan yang datang ke Hutan Pinus dikarenakan viralnya foto-foto keindahan hutan pinus di media sosial. Dari situ kemudian orang-orang pun tertarik dan penasaran dengan keindahan Hutan Pinus.

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Hutan Punis Asri

Memang Hutan Pinus Asri menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi semua kalangan. Mulai dari anak muda, orangtua, hingga anak-anak sekalipun. Di Jogja sendiri wisata Hutan Pinus dulu hanya ada di satu lokasi yaitu Hutan Pinus Dlingo atau yang dikenal juga sebagai Hutan Pinus Mangunan. Tempat tersebut dulunya hanyalah kawasan hutan pinus milik Perhutani yang hanya digunakan untuk pengambilan getah dari hutan pinus. Lalu atas inisiatif masyarakat setempat untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata akhirnya dengan ijin dari Perhutani kini lokasi tersebut sudah berkembang sebagai salah satu lokasi wisata andalan di Yogyakarta.

Kesuksesan Hutan Pinus Asri Mangunan itu kemudian mendorong masyarakat untuk membuka lagi lokasi wisata sejenis yang areanya pun tidak jauh dari kawasan hutan pinus milik perhutani disana. Apalagi mengingat jumlah kunjungan wisatawan dari waktu ke waktu semakin banyak akhirnya lokasi wisata hutan pinus yang baru kemudian dibuka agar wisatawan tidak hanya berkunjung di satu titik saja. Kini sudah banyak sekali kawasan hutan pinus di wilayah Dlingo dan Mangunan yang dijadikan sebagai lokasi wisata. Meskipun keindahan yang disuguhkan sama, yaitu pesona hutan pinus, namun setiap tempat memiliki keunikan tersendiri. salah satu destinasi wisata Hutan Pinus Yogyakarta yang memiliki keunikan yaitu hutan pinus asri Yogyakarta.

Jika biasanya berkunjung ke hutan pinus pasti yang menjadi andalannya adalah pemandangan hutan pinusnya itu sendiri namun di hutan pinus asti ini berbeda. Tempat wisata tersebut memiliki pesona yang lainnya yaitu berupa gardu pandang pinus asri. Itulah yang menjadi alasan mengapa Hutan Pinus Asri ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak terdapat di tempat lainnya. Lalu apa yang istimewa dari gardu pandang tersebut? Dari sana biasanya para pengunjung akan bersantai menikmati pemandangan perbukitan yang terlihat indah. Apalagi jika kamu datang pada pagi hari maka akan terlihat kabut-kabut tipis yang menyelimuti dari balik perbukitan. Pemandangan indah tersebut tentunya akan menjadi latar belakang yang indah ketika diabadikan dalam sebuah foto.

Lokasi Gardu Pandang Pinus Asri

lokasi gardu pandang pinus asri berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan. Sebelum sampai di Hutan Pinus Asri kamu akan melalui Hutan Pinus Mangunan terlebih dahulu. Untuk jalan menuju kesana sudah cukup bagus. Lokasi hutan pinus asri untuk lampu penerangan jalan masih belum terlalu banyak. Jadi jika kamu kesana pada saat petang atau sebelum fajar ketika hari masih gelap pastikan dahulu lampu kendaraanmu dalam keadaan normal. Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju kesana dapat kamu tempuh dalam waktu satu jam dengan jarak sekitar 23 kilometer. Jadi Hutan Pinus Asri adalah lokasi yang tepat untuk berlibur karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan bisa ditemukan dengan mudah

 

Rute Gardu Pandang Pinus Asri

Untuk rute gardu pandang pinus asri bisa kamu lalui dari Kota Yogyakarta menuju Ringroad Selatan. setelah sampai di Ringroad Selatan maka kamu harus menuju ke arah Jalan Imogiri Timur. Ikuti saja jalanan yang menuju ke selatan hingga kamu menemukan pertigaan setelah Pasar Imogiri. Nah disitu kamu harus belok kiri menuju ke arah Maka Raja Imogiri. Setelah mengikuti jalan tersebut kamu akan menemukan pertigaan. Ikuti saja ke arah kanan menuju Kebun Buah Mangunan. Dari sini kamu akan melalui jalanan yang menanjak dan berkelok-kelok. Namun darisitu pula perjalananmu akan terasa menyenangkan karena pemandangan indah akan terlihat dari atas. Setelah mengikuti jalan utama tersebut kamu akan sampai di pertigaan yang mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan. Di pertigaan tersebut ada petunjuk jalan yang mengarahkan ke kanan untuk menuju Kebun Buah Mangunan dan lurus untuk menuju ke Hutan Pinus. Ikuti rute ke Hutan Pinus sesuai dengan papan petunjuk tersebut. Setelah sampai di Hutan Pinus pertama yang ada di sebelah kanan jalan maka kamu harus lurus terus sekitar 100 meter. Hutan Pinus pertama itu adalah Hutan Pinus Mangunan yang pertama kali buka. Untuk yang hutan pinus kedua yang jaraknya tak jauh dari situ barulah itu lokasi yang kamu cari yaitu Hutan Pinus Asri.

Sesuai dengan namanya yaitu Hutan Pinus Asri, lokasi tersebut juga sangat asri. Bukan saja karena keasrian pepohonan pinus yang menjulang tinggi, namun asri karena lokasi tersebut dikelola dengan sangat baik. Tempat parkir yang luas, warung-warung makan yang berjejer rapi, kamar mandi, dan mushola semuanya terletak dalam satu area di kiri jalan. Sedangkan kawasan wisata Hutan Pinus dan gardu pandangnya terletak dalam satu kompleks di kanan jalan. Sehingga pemisahan tersebut lokasi tersebut membuat kebersihan area wisata terjaga dan pengunjung pun merasa nyaman.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Asri

Tak hanya itu saja, ketika kamu akan memasuki kawasan Hutan Pinus Asri maka suasana asri langsung terasa ketika melihat taman-taman bunga yang ada di depan pintu masuk kawasan wisata. Masuk lebih dalam, suasana asri pun semakin terasa dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Melihat tren selfie kini semakin digemari wisatawan, pengelola sengaja membuat berbagai macam spot selfie dengan bentuk yang beragam. Jadi ketika wisatawan yang datang kesana sedang ramai, tak perlu antri berlama-lama untuk berfoto. Asyiknya untuk berfoto di spot foto manapun semuanya gratis. Kamu cukup membayar tiket masuknya sajaj jadi harga tiket masuk hutan pinus asri Rp.2.000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil. Salah satu spot foto yang disukai pengunjung selain gardu pandangnya yaitu jembatan tinggi yang terbuat dari kayu. Dari jembatan tersebut kamu bisa melihat keindahan sekeliling hutan pinus dari atas.

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Hutan Pinus Asri

Banyak orang ketika sudah berkunjung ke Hutan Pinus Asri namun tidak menemukan gardu pandangnya. Memang dari luar tidak akan terlihat posisi gardu pandang tersebut. Jadi kamu harus berjalan hingga masuk ke dalam hutan baru di ujung tebing akan menemukan gardu pandang tersebut. Ketika memasuki ke kawasan gardu pandang itu kamu akan disambut dengan taman bunga buatan. Bunga-bunga yang berwarna kuning dan merah semakin membuat tempat tersebut bertambah cantik. Tak usah ragu untuk befoto di tengah-tengah taman bunga itu.

Jika ingin mendapatkan foto yang bagus disana maka datanglah ke hutan pinus asri dlingo bantul waktu pagi hari untuk menikmati matahari terbit. Tempat tersebut memang menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise. Apalagi dengan pemandangan perbukitan dari kejauhan yang terlihat indah pasti akan menambah momen huting sunrisemu semakin sempurna.

Related Post

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved