Wisata Malam Jogja di Hutan Pinus Pengger
10 Jan

Wisata Malam Jogja di Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger – Saat ini lokasi wisata alam di Yogyakarta sepertinya sedang menjadi primadona bagi wisatawan dari luar kota. Maka jangan heran jika banyak sekali tempat wisata yang baru bermunculan di Yogyakarta. hal tersebut malah membuat wisatawan semakin memiliki banyak pilihan ketika akan berkunjung ke Yogyakarta. Jika Gunung Kidul terkenal dengan wisatawa pantai pasir putihnya, Kulonprogo terkenal dengan wisata Perbukitan Menoreh, Sleman terkenal dengan keindahan lereng Merapi, Bantul kini terkenal dengan Hutan Pinusnya. Kawasan Bantul memang memiliki area hutan Pinus milik Perhutani yang areanya sangat luas. Bahkan di kawasan tersebut kini sudah ada beberapa titik wisata yang menyuguhkan keindahan hutan pinus, seperti wisata Hutan Pinus Dlingo, Puncak Becici, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Pengger, dan masih banyak lagi lokasi wisata lainnya.

Hutan Pinus Pengger – Photo by @andyolala

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Hutan Pinus Pengger

Meskipun lokasi wisata tersebut sama-sama berada di kawasan Hutan Pinus, namun antara satu tempat dengan lainnya memiliki perbedaan. Sehingga sayang sekali jika tidak mengunjungi satu per satu lokasi wisata tersebut jika kamu sudah berada di Yogyakarta. Diantara banyaknya lokasi yang menawarkan keindahan hutan pinus, ada salah satu tempat yang unik yang berbeda dengan lainnya. Saking uniknya bahkan tempat wisata yang baru-baru ini dibuka tersebut namanya sudah viral di media sosial sehingga mendorong banyak orang untuk datang kesana. Tempat wisata tersebut bernama Hutan Pinus Pengger.

Nama Hutan Pinus Pengger ini cepat sekali terkenal karena disana terdapat berbagai macam spot foto yang unik dan berbeda dengan tempat lainnya. Jika kebanyakan hutan pinus lainnya akan dikunjungi pada malam hari, namun disana berbeda. Hutan Pinus Pengger akan lebih indah jika dikunjungi pada malam hari. Namun jika kamu penyuka sunset maka sangat disarankan untuk datang kesana pada sore hari sebelum matahari tenggelam. Disana terdapat sebuah gardu pandang yang luas sehingga dari situ kamu bisa melihat sunset dan Kota Jogja dari ketinggian.

Ketika matahari sudah kembali ke peraduannya maka dari gardu pandang itu kamu bisa melihat rumah-rumah yang mulai menyalakan lampu. Dari atas situ pemandangan semakin terlihat indah dengan perpaduan kerlap kerlip lampu dan disempurnakan dengan keindahan matahari tenggelam. Jika kamu sudah pernah ke Bpemukit Bintang sebelumnya maka andangan yang kamu lihat dari gardu pandang tersebut hampir sama dengan pemandangan yang disuguhkan di Bukit Bintang.

Keistimewaan lain dari Hutan Pinus Pengger Malam Hari adalah sebuah spot foto yang terbuat dari ranting-ranting yang bentuknya seperti segitiga dengan lingkaran di tengahnya. Di tengah-tengah spot foto tersebut biasanya pengunjung berfoto dengan latar belakang lampu-lampu sehingga terlihat sangat menarik. Foto itulah yang menjadi viral di media sosial dan membuat banyak orang terdorong untuk datang kesana. Namun untuk berfoto disana kamu harus antre terlebih dahulu untuk menunggu giliran.

Karena kondisi pada malam yang kurang cahaya membuat pengambilan foto lebih sulit maka disana terdapat petugas photographer profesional yang membantu untuk mengambilkan gambar dengan hasil yang memuaskan. Tak hanya dibantu untuk memotret, kamu pun akan dibantu untuk bergaya sehingga tidak terkesan kaku di kamera. Pencahayaan pun juga diatur sedemikian rupa sehingga obyek yang difoto dapat terlihat terang namun background lampu-lampu tetap terlihat dengan efek blur pada background. Untuk berfoto di tempat tersebut pengunjung harus membayar dengan tariff seikhlasnya. Disana sudah disediakan kotak uang bagi pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut.

Hutan Pinus Pengger – Photo by @lukaslukman

Keindahan Hutan Pinus Pengger pada malam hari tidak sampai disitu saja. Pengelola setempat sangat serius mengembangkan tempat tersebut sehingga baru-baru ini terdapat spot foto lainnya yang tidak kalah menarik. Spot foto lainnya juga terbuat dari ranting-ranting pohon dengan ukuran jauh lebih besar. bahkan kamu pun bisa memanjat dan naik ke atas spot foto tersebut. Di kanan kirinya terdapat lampu lighting yang warnanya selalu berubah-ubah sehingga semakin membuat fotomu terlihat indah. Meskipun berfoto pada malam hari namun tidak ada kata lowlight karena disana pencahayaannya sudah dipasang dengan sangat baik.

 

Puas berfoto-foto maka kamu bisa beristirahat di warung-warung yang ada di dalam lokasi Hutan Pinus Pengger. Jika ingin bersantai maka kamu bisa memesakan makanan sambil duduk lesehan di warung makan disana. Namun jika ingin ngobrol-ngobrol santai maka kamu bisa duduk di bangku-bangku yang ada disana. Kemudian makanan pesananmu akan dibawakan ke tempatmu duduk.

Tentu menyenangkan sekali ngopi dan makan di tengah hutan dengan suasana syahdu. Jika kamu penyuka jagung bakar maka disana ada beberapa tempat yang menyediakan jagung bakar. Tentu semakin nikmat rasanya ketika menikmati jagung bakar di tengah hutan sambil duduk di atas tikar. Setelah puas berfoto dan mengisi perut maka jangan lupa untuk berkeliling terlebih dahulu menyusuri Hutan Pinus. Jika kamu kesana pada saat tidak terlalu ramai, dengarkanlah suara-suara khas ranting-ranting pohon pinus yang saling bergesekan. Di area hutan pinus tersebut juga terdapat ayunan. Kamu bisa mencobanya sambil membayangkan kenangan masa kecilmu dulu ketika masih sering bermain ayunan.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Lokasi Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari kawasan Kota Yogyakarta, tempat ini berjarak tidak jauh dari Kota Jogja yakni sekitar 25 km dan bisa dijangkau sekitar 45 sampai 60 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Rute ke Hutan Pinus Pengger

Rute ke Hutan Pinus Pengger ini cukup mudah kamu temukan. Ada dua rute yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai kesana. Rute pertama yaitu dari Kota Yogyakarta kamu mengikuti jalan kea rah Imogiri Timur. Setelah sampai di pertigaan terakhir maka belok kiri. Setelah itu kamu akan menemukan pertigaan lagi dan pilih arah ke kanan menuju Kebuh Buah Mangunan. Ikuti terus jalan tersebut hingga kamu menemukan pertigaan antara Hutan Pinus Dlingo dan Kebun Buah Mangunan. Ambil arah lurus menuju Hutan Pinus Dlingo. Setelah itu kamu akan menemukan Hutan Pinus Dlingo di sebelah kanan. Kamu lanjutkan saja perjalananmu hingga kira-kira 8 kilometer lagi darisana kamu akan menemukan Hutan Pinus Dlingo di sebelah kiri jalan.

Untuk rute ke Hutan Pinus Pengger yang kedua ini dari Kota Yogyakarta kamu harus menuju ke Jalan Wonosari. Setelah itu lanjutkan hingga ke arah Gunung Kidul. Kamu akan melewati Bukit Bintang dan menemukan tulisan Gunung Kidul. Tak jauh dari tulisan Gunung Kidul aka nada perempatan. Pilih rute ke kanan menuju jalan Dlingo-Patuk. Kira-kira 5 kilometer dari situ kamu akan menemukan lokasi Hutan Pinus Pengger yang ada di sebelah kanan jalan.

Hutan Pinus Pengger – Photo by @vinakasim

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Hutan Pinus Pengger

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Jam buka Pinus Pengger mulai dari jam 5 pagi hingga jam 11 malam. Untuk tiket masuk Hutan Pinus Pengger ini hanya Rp 2.500 per orangnya sedangkan untuk parkir motor hanya Rp 2000 dan parkir mobil Rp 5000. Meskipun cocok dikunjungi pada malam hari namun datang kesana saat pagi hari pun tidak ada salahnya. Jika kamu datang kesana pada waktu pagi hari maka bisa berfoto di sebuah spot foto ikonik yang bentuknya seperti tangan raksasa. Spot foto tersebut juga viral di media sosial dan dikenal sebagai spot foto tangan tuhan. Unik kan?

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja hutan pinus pengger ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved