Wisata Hutan Wanagama Gunung Kidul Yang Sejuk
7 Jan

Wisata Hutan Wanagama Gunung Kidul Yang Sejuk

Hutan Wanagama Gunung Kidul – Selain wisata pantai, ternyata Gunung Kidul menyimpan potensi wisata lainnya. Meski memiliki tekstur tanah kapur dan perbukitan yang terjal ternyata terdapat Hutan yang memiliki berbagai macam varietas pohon hijau. Hutan wisata Wanagama dapat dimasukan kedalam daftar kunjungan lokasi wisata yang harus dikunjungi selain deretan pantai indah di Gunung Kidul. Beberapa jasa paket wisata yogya khusus memasukan lokasi wisata ini kedalam daftar kunjungan agar para wisatawan memiliki pengalaman yang unik ketika mengunjungi hutan buatan ini.

Wisata Hutan Wanagama Gunungkidul

Mengunjungi Hutan Wanagama Gunung Kidul yang Hijau dan Indah

Berbeda dengan hutan pada umumnya, Hutan Wanagama Gunung Kidul merupakan hutan buatan yang merupakan hasil karya pemikiran dari Prof. Oe’mi Hanin. Daerah Gunung Kidul dikenal memiliki tanah yang kering dan tandus hampir tidak mungkin memiliki hutan hijau di daerah seperti ini. Namun berkat ide cemerlang dari Prof. Oe’mi Hanin dan kerjasama dari beberapa akademisi Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada terciptalah hutan lindung ini.

Wisata Hutan Wanagama Gunungkidul

Wisata Hutan Wanagama Gunungkidul

Prof. Oe’mi Hanin merupakan orang paling berjasa atas pembentukan hutan lindung ini. Berawal dari keprihatinanya mengenai keadaan lingkungan, kemudian dengan uang tabungan sendiri ia menanam lahan seluas 10 Ha dengan berbagai macam pohon. Tak membutuhkan waktu yang lama, niat baiknya ini pun ikut didukung oleh bebeberapa akademisi dari UGM hingga penanaman hutan diperluas hingga 600 Ha.

Uniknya meskipun hutan tersebut dibuat di tanah yang tandus, hutan buatan ini ditanami oleh berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah. Dua diantarannya adalah pohon Akasia dan pohon Atsiri. Pohon Akasia termasuk jenis pohon unggulan yang digunakan untuk pembuatan bubur kertas dan juga bubur kayu. Pohon Akasia sangat cocok ditanam di daerah dengan iklim yang hangat , ia pun dapat hidup dan berkembang meskipun berada pada tanah yang tandus. Tidak perlu waktu yang lama, pohon Akasia dapat ditebang hanya dalam kurun waktu 5 sampai dengan 6 tahun.
Sedangkan untuk pohon Minyak Kayu Putih (Atsiri) juga merupakan varietas tanaman yang sangat cocok ditanam di hutan ini. Selain minyaknya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minyak kayu putih, keberadaaan pohon ini juga membantu menyelamatkan ekosistem sekitar.

Keberadaan hutan ini selain sebagai tempat wisata, juga dapat menyelamatkan lingkungan dari kekeringan , tanah longsor dan juga pencemaran udara. Selain itu deretan pohon Eboni, Jati dan pohon Cendana merupakan tempat bernaung paling nyaman bagi satwa liar seperti burung, monyet dan juga tupai.

Keberadaan hutan ini selain menambah pendapatan dari sektor wisata juga memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar. Beberapa warga sekitar yang memelihara sapi dan kambing diberikan akses untuk menanam rumput Kalanjana di lahan – lahan yang kosong. Rumput tersebut dapat digunakan sebagai bahan pangan ternak mereka. Namun , warga pun ikut serta memelihara kelestarian hutan dengan memberikan kotoran sapi sebagai bahan pupuk agar kondisi tanah di Hutan Wanagama semakin layak untuk ditanami.

Wisata Hutan Wanagama

Wisata Hutan Wanagama

Meski terletak cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, wisata Hutan Wanagama memiliki nilai wisata tersediri untuk dikunjungi. Salah satunya adalah nilai sejarah. Pada tahun 1989 Pangeran Charles pernah berkunjung ke Wanagama dan ikut menanam pohon Jati. Pohon tersebut tumbuh subur dan menjulang keatas, namun siapa yang menyangka saat diumumkannya perceraiannya dengan Puteri Diana pohon tersebut menjadi layu dan meranggas. Sungguh merupakan hal yang unik.

Hal yang lain adalah, Hutan ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berkemah, olahraga hiking ataupun wisata lingkungan. Seiring tersohornya tempat wisata ini, kini Hutan Wanagama juga banyak digunakan sebagai lokasi foto majalah dan pre wedding. Bahkan jika datang bersama rombongan, Hutan Wanagama memberikan fasilitas outbond ataupun kegiatan di alam liar lainnya.

Lokasi Hutan Wanagama Gunung Kidul

Lokasi Hutan Wanagama Gunung Kidul adalah berada di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunung Kidul , Yogyakarta. Jika mengunakan sepeda motor, jarak yang akan ditempuh sekitar 35 km dengan perkiraan waktu 60 menit. Berada dalam satu jalur yang sama dengan pantai , wisatawan tidak akan dikecewakan dengan pemandangan menuju tempat wisata tersebut.

Lokasi Hutan Wanagama Gunung Kidul

Lokasi Hutan Wanagama Gunung Kidul

Rute Hutan Wanagama Gunung Kidul

Dari kota Yogyakarta rute menuju Hutan Wanagama Gunung Kidul dengan rental mobil yogyakarta murah dapat ditempuh dengan dua jalur yang berbeda

Jalur 1

  • • Dari Kota Yogyakarta menuju ke Jl. Wonosari melewati Jl. Kusumanegara
  • • Setelah Jl. Kusumanegara ambil jalur menuju ke Jl. Gedongkuning sampai ke Jl. Wonosari
  • • Ikuti Jl. Wonosari hingga melewati Piyungan , Patuk kemudian menuju desa Banaran.
  • • Setelah memasuki desa Banaran ikuti jalannya hingga 2km kemudian akan ada pintu Gerbang Hutan Wanagama.

Jalur 2

  • • Dari Kota Bantul ikuti jalan menuju Jl. Wonosari melewati Jl. Karangturi
  • • Setelah sampai di Pasar Potorono belok ke kanan masuk ke Jl. Wonosari
  • • Ikuti Jl. Wonosari hingga melewati Piyungan , Patuk kemudian menuju desa Banaran.
  • • Setelah memasuki desa Banaran ikuti jalannya hingga 2km kemudian akan ada pintu Gerbang Hutan Wanagama.

Gunung Kidul merupakan area yang menawarkan banyak obyek wisata, jika anda baru pertama kali melakukan perjalanan kesana anda tidak perlu khawatir. Disepanjang jalan akan banyak tanda lalu lintas yang akan membantu anda sampai ke tujuan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, setelah melewati Patuk ada beberapa provider telepon tidak memiliki jaringan di lokasi tersebut. Kemudian, pastikan bahan bakar anda telah terisi dikarenakan tidak banyak tersedia pom bensin besar.

 

Fasilitas Hutan Wanagama Gunung Kidul Yang Tersedia

• Toilet
• Camping Ground
• Sarana Outbond
• Aula
• Trek Wisma

Jam buka atau jam Operasional Hutan Wanagama Gunung Kidul

Hutan Wanagama Yogyakarta

Hutan Wanagama Yogyakarta

Para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas di Hutan Wanagama dari pukul 07.00 Wib sampai dengan pukul 16.00 . Namun, jika ingin mengunjungi atau mengadakan acara diluar jam tersebut dapat menghubungi pengurus setempat.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Wanagama Gunung Kidul

Untuk sekedar masuk dan menikmati keindahan Hutan Lindung tersebut, para wisatawan hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 5.000 namun jika ingin menikmati fasilitas outbond ataupun camping dapat membayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun tidak perlu khawatir, jika anda ingin mengadakan acara spesial beberata Paket wisata Jogja hemat telah menyediakan akomodasi dan sarana khusus di tempat tersebut.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2019 Nagan Tour. All Rights Reserved

Promo Paket Wisata Jogja Murah dan Terbaik