Jajanan Tempoe Doloe Jenang Gempol Bu Gesti
15 Apr

Jajanan Tempoe Doloe Jenang Gempol Bu Gesti

Jenang Gempol Bu Gesti – Jenang gempol adalah salah satu jajanan khas yang ada di daerah istimewa Yogyakarta. Mungkin sebagian dari anda belum begitu paham apa sebenarnya jenang gempol itu sendiri. jenang gempol terdiri dari dua kata yaitu jenang dan gempol yang merupakan bahasa jawa. Jenang memiliki arti bubur, sedangkan gempol mendeskripsikan bentuk bulatan seperti kelereng dan terbuat dari tepung beras. Sehingga jenang gempol diartikan sebagai bubur dengan bulat-bulat tepung beras. Nah di Yogyakarta ada salah satu warung yang menjajalkan jajanan khas tersebut yaitu jenang gempol Bu Gesti.

Jenang Gempol Bu Gesti – Photo by @makankeliling

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Jenang Gempol Bu Gesti

Jenang gempol bu gesti menyediakan menu jenang gempol yaitu bubur dengan bulatan tepung beras disertai kuah berupa santan. Umunya jenang gempol memberikan rasa manis dan juga gurih, namun dijamin lidah anda tidak akan menolaknya. Pada umumnya bubur berwarna putih dan terbuat dari beras, namun berbeda dengan jenang. Jenang berwarna coklat dan terbuat dari tepung beras, santan, gula merah dan beberapa bahan penunjang lainnya. unik bukan ?

Jenang gempol bu gesti memiliki peminat yang cukup. Selain karena alasan rasa yang diberikan, jenang gempol juga merupakan salah satu jajanan tempo doloe yang sudah sulit ditemukan. Jenang gempol bu gesti disajikan dengan beralas daun pisang. Hal ini tentunya menambah kenikmatan rasa tersendiri. For your informations Jenang gempol bu gesti ternyata merupakan salah satu menu favorit bapak presiden Soeharto ketika mengunjungi Yogyakarta.

 

Konon katanya, para pengawal bapak presiden Indonesia yang ke 2 ini sering membelinya untuk pak Soeharto.
Jenang gempol bu gesti dihandle langsung oleh seorang ibu paruh baya bernama bu gesti. Namun resepnya sendiri adalah resep turun temurun. Dulunya bude dari ibu gesti adalah penjual jenang gempol lalu dilanjutkan oleh sang ibu dan kini resep tersebut dilestarikan oleh bu gesti. Jenang gempol bu gesti juga tenyata sering dipesan keluarga kerajaan Yogyakarta jika ada acara-acara kerajaan. Wah kebayang kan enaknya tidak diragukan lagi.

Jenang gempol bu gesti memiliki beberapa varian menu. Diantaranya adalah jenang sumsum manis, jenang sumsum putih, jenang mutiara dan jenang candil. Pada umumnya, keempat memiliki rasa yang sama yang membedakan hanyalah beberapa tambahan rasa saja. Jenang sumsum manis misalnya dimasak dengan tambahan gula jawa, sedangkan jenang sumsum putih dimasak tanpa gula jawa. Untuk jenang mutiara adalah jenang yang dimasak dengan tepung kanju. Harga jenang gempol bu gesti dihargai dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp. 4000,00 anda sudah bisa menikmati jajanan tempo doloe.

Jenang Gempol Bu Gesti – Photo by @semoet_ketjil

Baca juga: Travel Wisata Jogja Murah ke Jenang Gempol Bu Gesti

Lokasi jenang gempol bu gesti

Lokasi jenang gempol bu gesti terletak di daerah lempuyangan tepatnya didalam pasar lempuyangan. Warung bu gesti ini berada dibagian ujung pasar dan bersebelahan dengan tempat jual pakaian. Jenang gempol bu gesti buka dari jam 8 pahi hingga habis. Namun terkadang 2 jam kemudian sudah tutup karena peminat yang datang cukup banyak. Untuk menuju ke lokasi jenang gempol bu gesti anda bisa melalui rute yang cukup mudah- yaitu dari Tugu Yogyakarta.

Rute menuju Jenang Gempol Bu Gesti sangatlah mudah yaitu dari arah tugu yogyakarta lalu melaju ke timur hingga gramedia pusat (Jl. Sudirman) terus perempatan belok kanan kemudian melaju ke selatan hingga stadion kridosono kemudian ikuti putaran stadion kridosono lalu sebelum Hi Lab Diagnostic Centre belok kiri setelah itu lewati rel kereta api belok kiri dan di pertigaan lempuyangan belok kanan.

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved