Pesona Tersembunyi Dari Jurang Tembelan
7 Jan

Pesona Tersembunyi Dari Jurang Tembelan

Jurang Tembelan – Keindahan perbukitan sewu yang disempurnakan dengan keelokan Sungai Oya menjadi berkah bagi masyarakat yang hidup di sekitar tempat tersebut. Berkah dari pemandangan indah itu kini banyak sekali tempat wisata di Dlingo dan Mangunan yang menawarkan pesona perbukitan Sewu pada wisatawan yang datang kesana. Apalagi dengan pengaruh media sosial, menjadikan tempat wisata yang ada di sana semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tak hanya wisatawan dalam negeri saja yang penasaran dengan keindahan Perbukitan Sewu, namun wisatawan dari mancanegara juga menjadikan lokasi wisata yang ada disana sebagai tempat yang harus dikunjungi di Yogyakarta. Ekonomi masyarakat disana pun semakin berkembang. Mereka tak lagi hanya mengandalkan hasil pertanian, namun tumbuhnya pariwisata di daerah tersebut membuat mereka memiliki sumber penghasilan lainnya.

Jurang Tembelan – Photo by @kantaosharp

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Jurang Tembelan

Jika membicarakan tentang keindahan Perbukitan Sewu mungkin orang-orang akan langsung teringat dengan wisata Kebun Buah Mangunan yang menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Perbukitan Sewu dengan udaranya yang sejuk. Namun kini tak hanya Kebun Buah Mangunan saja yang menawarkan keindahan alam tersebut. Ada lagi lokasi wisata baru yang tak jauh dari Kebun Buah Mangunan yang menawarkan sensasi yang sama. Lokasi wisata baru tersebut dikenal dengan nama Jurang Tembelan.

Jurang Tembelan Kanigoro menawarkan view yang sama seperti ketika kamu berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Bedanya, disana kamu bisa berfoto di spot foto unik yang bentuknya seperti perahu. Spot foto tersebut belakangan ini menjadi hits di media sosial dan mendorong banyak wisatawan untuk datang kesana. Nama Jurang Tembelan sendiri digunakan karena tempat tersebut terletak di tepi jurang. Sehingga ketika kamu berfoto di gardu pandang yang berbentuk perahu tersebut kamu bisa melihat langsung jurang yang ada di bawah kakimu.

Dulunya Jurang Tembelan Imogiri Jogja tersebut hanyalah sebuah lahan pertanian milik warga dan bukan merupakan kawasan untuk wisata. Namun melihat jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Kebun Buah Mangunan dari waktu ke waktu semakin meningkat, akhirnya masyarakat yang melihat potensi dari lokasi Jurang Tembelan memutuskan untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata. Ternyata benar, usaha dari masyarakat setempat membuahkan hasil. Pada hari libur, Jurang Tembelan Kanigoro Bantul tersebut dipadati oleh pengunjung. Bahkan untuk berfoto di spot foto favorit disana yaitu perahu bamboo yang sangat ikonik, para wisatawan harus mengantri untuk mendapatkan giliran berfoto.

Lokasi Jurang Tembelan

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro terletak di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. perjalanan menuju kesan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam hingga satu setengah jam dengan jarak mencapai 23 kilometer. Untuk menuju ke Jurang Tembelan, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi karena sampai sekarang tidak ada kendaraan umum yang menuju kesana. Jalan yang sudah mulus menuju kesana membuat perjalanan menggunakan motor atau mobil akan semakin lancar. Namun tidak disarankan untuk membawa rombongan besar dengan bus besar. jika memang ingin kesana dalam rombongan banyak maka sebaiknya menggunakan elf saja karena jalan menuju kesana tidak terlalu lebar. Saat cuaca hujan maka jalan menuju kesana akan licin. Maka pastikan kendaraanmu aman untuk digunakan melewati jalanan yang berliku dan menanjak.

Bukit Cendana – Photo by @nirmala.f

Alamat Jurang Tembelan Kanigoro ini cukup mudah untuk ditemukan karena lokasinya berdekatan dengan wisata Kebun Buah Mangunan yang sudah terkenal lebih dahulu. Di jalan menuju kesana pun kamu akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkan kesana. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika sebelumnya belum pernah menjelajahi wilayah tersebut.

 

Rute Menuju Jurang Tembelan

Untuk rute Jurang Tembelan dari Kota Jogja, kamu bisa melalui Ringroad Selatan dan mengambil Jalan Imogiri Timur. Setelah melalui Jalan Imogiri Timur maka diujung jalan kamu akan menemukan pertigaan tanpa lampu lalu lintas. Ambil arah ke kiri menuju Makam Raja Imogiri. Tepat sebelum area Makam Raja Imogiri maka kamu akan menemukan pertigaan lagi. Belok ke kanan dengan mengikuti papan petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan. Setelah itu ikuti jalan menuju Kebun Buah Mangunan. Sampai di area Kebun Buah Mangunan maka kamu akan menemukan jalan lurus menuju Bukit Panguk. Ikuti arah tersebut dan kamu akan menemukan Jurang Tembelan yang letaknya berada persis di tepi jalan. Jika memang kamu kebingungan rute tersebut maka sebaiknya kamu mengikuti rute yang diarahkan oleh GPS.

Fasilitas yang ada di Jurang Tembelan

Meskipun termasuk wisata yang baru dibuka namun Jurang Tembelan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di Jurang Tembelan Gunung kidul tersebut sudah tersedia berbagai macam fasilitas seperti area parkir, spot foto menarik, toilet, mushola, hingga warung makan yang menyediakan berbagai macam snack dan makanan berat. Biasanya para wisatawan sengaja datang di pagi hari dan ingin menikmati sunrise sambil minum kopi yang dijual di warung-warung tersebut. Jangan khawatir dengan harga menu makanan dan minuman disana. Dijamin aman di kantong karena harganya friendly untuk wisatawan.

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

Untuk tiket masuk Jurang Tembelan kanigoro ini hanya sebesar Rp. 2.000 saja. Memang wiasta di daerah Bantul terkenal memiliki harga yang relatif murah daripada lokasi wisata lainnya yang ada di Yogyakarta. selain itu kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja.

Waktu Terbaik ke Jurang Tembelan

Sebenarnya susah untuk memberikan penjelasan tentang waktu terbaik untuk berkunjung ke Jurang Tembelan ini karena baik musim kemarau, hujan bahkan pada waktu pagi, siang maupun malam hari Jurang Tembelan selalu memiliki keindahan yang berbeda. Jika kamu ingin mendapatkan sunrise yang sempurna maka sebaiknya kamu datang sebelum subuh dan saat musim kemarau. Saat itu matahari yang terbit tidak tertutupi awan sehingga kamu bisa menikmati sunrise yang sempurna. Namun jika kamu ingin mendapatkan view pegunungan sewu yang diselimuti dengan kabut maka waktu pagi hari saat musim penghujan adalah waktu yang tepat. Kumpulan awan yang menyelimuti pegunungan sewu akan membuat pemandangan semakin indah. Apalagi jika kamu berfoto di ujung spot foto berbentuk perahu tersebut maka hasilnya pun akan semakin indah.

Jurang Tembelan – Photo by @matno_harun

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Jurang Tembelan

Buat kamu yang tidak bisa bangun pagi maka datanglah pada sore hari. Meskipun pesona matahari terbenam tidak bisa kamu nikmati secara sempurna dari tempat tersebut namun menikmati pemandangan alam saat sore hari akan menutup liburanmu dengan sempurna. Berkunjung ke Jurang Tembelan saat malam hari sebenarnya tidak ada salahnya. Namun kamu tentu saja tidak bisa melihat keindahan Pegunungan Sewu dan sungai Oya yang berkelok-kelok. sebagai gantinya jika kamu kesana saat cuaca cerah maka kamu bisa melihat gugusan bintang di langit. Minimnya cahaya yang ada di area tersebut membuat bintang dapat terlihat kasat mata. Jika kamu memiliki hobi photography maka tempat tersebut cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan foto star trail yang indah. Sembari menunggu foto star trail hasil jepretanmu, kamupun bisa menikmati kopi atau makanan di warung sekitar. Menyenangkan bukan?

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja jurang tembelan ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved