Kebun Buah Mangunan – Wisata Alam Paling Hits di Yogyakarta
5 Jan

Kebun Buah Mangunan – Wisata Alam Paling Hits di Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan – Jika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta dan ingin mencari wisata alam yang letaknya tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta maka kamu bisa berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan adalah lokasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan deretan pegunungan sewu dan keindahan sungai Oya di bawahnya. Biasanya pengunjung yang kesana datang waktu pagi hari untuk melihat kabut-kabut yang menciptakan suasana seperti negeri di atas awan. Tak heran jika pada pagi hari di tempat tersebut sudah banyak pengunjung yang datang dari berbagai kota untuk melihat indahnya pemandangan negeri di atas awan.

Kebun Buah Mangunan Photo by @rini.rin.rini

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan berada di Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 35 kilometer. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat udara di sekitar lokasi Kebun Buah Mangunan terasa dingin. Jadi buat kamu yang ingin kesana jangan lupa menggunakan baju hangat agar tidak kedinginan sewaktu menikmati pemandangan indah dari kebun buah mangunan.

Disepanjang Jalan menuju Kebun Buah Mangunan kamu akan disuguhi dengan pemandangan indah yang terlihat dari atas bukit. Meskipun jalanan yang kamu lalui menanjak dan berliku, namun perjalanan yang memakan waktu kurang lebih satu setengah jam ditempuh dari Kota Yogyakarta akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Bahkan sebelum sampai di Kebun Buah Mangunan kamu akan melewati beberapa lokasi wisata asyik yang masih baru dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Kamu bisa mencoba untuk mengunjunginya sehabis berkunjung ke Kebun Buah Mangunan.

Rute Kebun Buah Mangunan

Rute untuk menuju Kebun Buah Mangunan mudah sekali untuk ditemukan karena lokasi wisata inilah yang pertama kali dikenal sebagai destinasi tujuan pengunjung yang datang ke Dlingo. Di sepanjang jalan menuju kesana kamu akan menemukan banyak papan petunjuk yang mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan. Jika kamu dari Kota Yogyakarta maka ambil arah ke terminal Giwangan menuju Riangroad Selatan. Di Ringroad Selatan dekat dengan terminal Giwangan tersebut kamu bisa ambil ke arah selatan menuju jalan Imogiri. Ikuti saja terus jalan itu sampai kamu menemukan pertigaan setelah pasar Imogiri. Disitu kamu bisa mengambil ke kiri untuk menuju kea rah Makam Raja Imogiri. Setelah kamu melalui jalan tersebut maka di ujung jalan ada pertigaan. Di pertigaan tersebut ada petunjuk jalan yang mengarahkanmu ke Kebun Buah Mangunan. Jika tujuanmu ke Kebun Buah Mangunan maka ambil ke arah kanan mengikuti jalan yang semakin menanjak. Jika kamu mengambil jalan yang lurus di pertigaan itu maka akan mengarahkanmu ke Makam Raja Imogiri.

Sepulang dari Kebun Buah Mangunan sepertinya tak ada salahnya untuk berkunjung kesana sambil menikmati Pecel khas Imogiri dan Wedhang Uwuh yang menjadi minuman khas Imogiri. Setelah kamu mengikuti jalan menanjak tersebut kamu ikuti saja jalan sampai menemukan pertigaan yang akan mengarahkanmu ke Kebun Buah Mangunan. Jika memang kamu merasa kebingungan ketika mencari lokasi tersebut maka jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar. Selain cara itu kamu juga bisa mencari rute kebun buah mangunan melalui GPS yang ada di smartphone-mu.

Kebun Buah Mangunan Photo by @togi_pasaribu

Kebun Buah Mangunan Photo by @togi_pasaribu

Harga Tiket Masuk ke Kebun Buah Mangunan

Tiket masuk kebun buah Mangunan ini cukup murah yaitu hanya Rp 5000 per orang. Jadi jika kamu ingin kesini bersama rombongan keluarga tentu tidak akan menjadi beban karena tiket masuknya cukup aman di kantong. Sedangkan untuk tarif parkirnya yaitu Rp 4000 untuk motor dan Rp 10000 untuk mobil. Jika parkir di mall akan dikenakan tarif perjamnya namun disini kamu tak perlu khawatir karena tarifnya flat. Jadi puas-puasin saja berfoto atau bersantai ketika datang ke Kebun Buah Mangunan.

 

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

Fasilitas yang ada di Kebun Buah Mangunan cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir yang luas, gazebo, kamar mandi, mushola, spot selfie, warung makan, penginapan, hingga taman bermain untuk anak-anak. Jadi selain tempat ini cocok dikunjungi anak muda yang doyan selfie, Kebun Buah Mangunan Bantul juga cocok untuk dikunjungi oleh keluarga.

Meskipun namanya Kebun Buah Mangunan namun bukan kebun buahnya yang menjadi daya tarik dari tempat ini. Pemandangan alam yang indah dan keindahan kabut-kabut tipislah yang dicari para pengunjung yang datang ke tempat ini. Dinamakan Kebun Buah Mangunan karena tempat tersebut sebenarnya memang kebun buah. Namun pengunjung yang datang kesana tidak boleh sembarangan memetik buah yang ada disana. berbagai macam buah-buahan yang ada disana seperti buah jambu, kelengkeng, rambutan, cempedak, manggis, sawo, belimbing, hingga duren. Jika kamu kesana ketika musim buah dan ingin mencoba buah yang tumbuh disana maka kamu bisa menghubungi pengelola untukbisa menikmati buah disana atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Kebun Buah Mangunan selain melihat view keindahan alam diantaranya seperti outbond, berkemah, hingga naik bebek kayuh atau memancing di kolam yang ada disana. Jadi aktivitas yang bisa dilakukan disana sangat beragam dan tidak membosankan. Jika kamu ingin menginap maka kamu bisa menginap di penginapan yang ada di sekitar Kebun Buah Mangunan.

Waktu Terbaik Berkunjung di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan ini buka dari jam setengah lima hingga jam enam petang. Jadi jika kamu ingin melihat lautan awan maka Waktu Terbaik Berkunjung di Kebun Buah Mangunan adalah pagi hari sehingga bisa mendapatkan spot yang nyaman untuk melihat keindahan negeri di atas awan. Untuk waktu terbaik datang kesana yaitu ketika sudah memasuki awal musim penghujan. Biasanya kumpulan awan-awan tebal muncul ketika musim penghujan. Selain itu pohon-pohon yang ada disana pun sudah nampak kehijauan. Berbeda jika kamu kesana saat musim kemarau. Pohon-pohon yang ada di sekitar lokasi wisata maupun pemandangan dari Pegunungan Sewu akan terlihat kecoklatan.

Kebun Buah Mangunan Photo by @yoyok_santosa

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Kebun Buah Mangunan

Meskipun pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan karena di waktu tersebut kamu bisa melihat kumpulan awan, namun tak ada salahnya jika kesana di waktu sore hari. Di sore hari pengunjung tidak sebanyak di waktu pagi hari. Sehingga kamu pun lebih bebas untuk mengeksplorasi setiap spot yang ada di Kebun Buah Mangunan. Apalagi untuk yang suka berfoto jadi lebih leluasa karena tidak terganggu dengan pengunjung lainnya.

Bagi yang ingin kesana menggunakan kendaraan pribadi maka sebaiknya cek dulu kondisi kendaraan dan pastikan dalam kondisi prima. Jangan lupa juga untuk mengisi bahan bakar kendaraan terlebih dahulu di Kota Yogyakarta karena di kawasan Kebun Buah Mangunan tidak ada pom bensin. Meskipun kamu datang pagi-pagi buta dan belum sempat sarapan, jangan khawatir karena disana banyak sekali penjual makanan dengan berbagai menu yang bisa kamu pilih sesuai selera. Tentu sarapan pagi dengan melihat keindahan pegunungan sewu tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja kebun buah mangunan ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved