Cerita Mistis dibalik Keindahan Kedung Pengilon
22 Jan

Cerita Mistis dibalik Keindahan Kedung Pengilon

Kedung Pengilon – Setiap sudut Yogyakarta menyimpan pesonanya tersendiri. Ada wilayah yang menawarkan pesona wisata budayanya, ada yang memiliki pesona wisata pantai, pesona wisata hutan, wisata pegunungan, hingga ada pula yang memiliki pesona wisata air terjun. Salah satu wilayah yang memiliki pesona wisata air terjun adalah di daerah Bangunjiwo, Bantul. Disana terdapat banyak sekali air terjun musiman yang pesonanya mulai muncul ketika musim penghujan tiba. Jika saat musim kemarau air terjun disana memiliki debit air kecil, saat musim hujan debit airnya akan melimpah dan cocok digunakan untuk berenang. Di Bangunjiwo ada beberapa air terjun yang masih asri seperti Curug Pulosari, Air terjun Randusari, hingga Kedung Pengilon.

Kedung Pengilon – Photo by @dilanimaryam

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Kedung Pengilon

Lokasi Kedung Pengilon

Kedung Pengilon hanya menyimpan keindahan saja, dibalik keindahannya ternyata juga menyimpan cerita mistis yang sampai saat ini masih dipercaya oleh sebagian orang lokal. Lokasi Kedung Pengilon berada di Dusun Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Tempat tersebut menyimpan cerita mistis yang konon katanya asal usul Kedung Pengilon ini dikuasai sesosok makhluk bernama Nini Blorong. Korban-korban yang tenggelm di pusaran air Kedung Pengilon ini konon katanya adalah karena kemarahan Nini Blorong. Namun jangan khawatir dengan legenda yang beredar tersebut, karena lokasi tersebut tetap aman untuk dikunjungi.

Tak hanya wisatawan saja yang datang kesana. Beberapa orang yang datang kesana memang bertujuan untuk melakukan ritual atau semedi. Tempatnya yang mblusuk dan berada di tengah-tengah pepohonan membuat lokasi tersebut sepi dan orang yang datang kesana seakan-akan menyatu dengan alam.

Kedung Pengilon – Photo by @abrahamyusuff

Rute Menuju Kedung Pengilon

Jika kamu ingin kesana dari Kota Yogyakarta maka Rute menuju Kedung Pengilon dari Kota Yogyakarta dapat kamu tempuh melalui Jalan Bantul. Sesampainya di Pabrik Gula Madukismo Bantul dilanjutkan ke arah Kasongan. Sampai di Kasongan kemudian menuju ke Desa Krebet. Setelah menemukan persimpangan ambil jalan menuju Desa Bangunjiwo. Kemudian ikuti petunjuk arah ke Dusun Petung yang mengarahkan ke Kedung Pengilon.

 

Untuk sampai di air terjunnya, kamu harus berjalan kaki sekitar 5 menit dengan melewati jalan setapak. Disepanjang jalan kamu akan merasakan keindahan hutan yang masih alami dan udara yang segar. Sesampainya di lokasi Kedung Pengilon kamu akan disambut dengan air terjun dengan ketinggian kurang dari 10 meter. Kolam di bawahnya atau yang biasa disebut Kedung memiliki kedalaman hingga 15 meter. Jadi untuk kamu yang belum bisa berenang sebaiknya jangan sampai ke tengah kedung karena cukup berbahaya.

Kedung Pengilon – Photo by @alfath_syaban

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Kedung Pengilon

Tiket Masuk Kedung Pengilon

Dinamakan Kedung Pengilon sendiri karena Pengilon memiliki arti cermin. Dinamakan seperti itu karena airnya yang berwarna hijau kebiruan sangat jernih. Untuk tiket masuk Kedung Pengilon saat ini masih gratis. Pengunjung yang kesana hanya dikenakan biaya parkir saja. Buat kamu yang tidak bisa berenang maka sebaiknya menyewa ban disana dengan tarif Rp 3000 saja.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja kedung pengilon ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved