Wisata Sejarah Keraton Yogyakarta
9 Feb

Wisata Sejarah Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta – Jika ditanya tempat wisata jogja yang menjadi ikon dari Kota Jogja itu sendiri sudah pasti jawabannya adalah Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Sebagai sebuah Daerah Istimewa, Yogyakarta memiliki sistem pemerintahan khusus dimana pemimpinnya bukan ditentukan melalui pemilihan umum seperti pemilihan pemimpin daerah pada umumnya di Indonesia namun Yogyakarta masih menganut sistem kerajaan. Karena itulah hingga saat ini Keraton Yogyakarta masih eksis dan menjadi jantung pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana sejarah Kota Jogja dan kehidupan orang-orang dalam Keraton maka Keraton Yogyakarta ini menjadi tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi.

Kraton Jogja – Photo by @google

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Keraton Yogyakarta

Asal usul Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Pangeran Mangkubumi. Meskipun usia keraton sudah ratusan tahun namun bangunan Keraton masih megah dan memiliki gaya arsitektur yang menarik sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Lokasi Keraton Yogyakarta sebagai tempat wisata di jogja dekat Malioboro ini letaknya berada di sebelah Barat Alun-Alun Utara sehingga membuat Keraton mudah dijangkau oleh angkutan umum. Dari Malioboro kamu bisa naik transportasi khas Jogja yaitu becak atau andong untuk menuju kesana sehingga perjalanan terasa lebih seru.

Kraton Jogja – Photo by @national.kompas

Lokasi Keraton Yogyakarta

Lokasi Keraton Yogyakarta sebagai tempat wisata sejarah di jogja ini memiliki dua area yang akses masuknya berbeda. Untuk pintu masuk pertama berada di Tepas Kaprajuritan terdapat di depan Alun-Alun Utara. Disana terdapat area yang bernama Siti Hinggil dan Bangsal Pagelaran. Selain itu terdapat banyak ruangan yang menyimpan berbagai macam koleksi seperti batik, senjata, lukisan, hingga kereta kencana. Jika kurang puas hanya dengan melihat-lihat koleksi keraton saja maka kamu bisa beranjak untuk menuju pintu masuk yang kedua berada di Tepas Pariwisata yang terletak di Jalan Rotowijayan. Jaraknya tidak jauh dari pintu masuk pertama namun kamu harus berjalan kaki beberapa meter terlebih dahulu.

 

Lokasi Keraton di pintu masuk kedua ini lebih banyak dikunjungi wisatawan karena disana kamu tak hanya bisa melihat beragam koleksi benda-benda milik kerajaan namun kamu bisa melihat aktivitas orang dalam kerajaan atau yang biasa disebut Abdi Dalem. Aktivitas mereka yang beragam mulai dari berdiskusi, menyiapkan makanan untuk raja, hingga bersemedi di bawah pohon menjadi pemandangan menarik bagi wisatawan yang datang. Para Abdi Dalem pun tidak terganggu dengan banyaknya wisatawan yang datang. Malah dengan senang hati mereka akan menyambut ajakan para pengunjung yang ingin berfoto bersama.

Salah satu tradisi yang dilakukan di Kraton Jogja yaitu Jejak Beteng – photo by @kratonjogja

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Keraton Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta ini adalah Rp 5000 per orangnya. Kamu bisa melihat suasana di dalam Keraton Yogyakarta hingga bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah milik keraton. Pada saat liburan pasti lokasi Keraton Yogyakarta dipenuhi dengan pengunjung dari luar atau dalam negeri. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Keraton tanpa terganggu dengan pengunjung lain maka sebaiknya hindari musim liburan atau weekend.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja keraton yogyakarta ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved