Belajar Sejarah di Monumen Jogja Kembali
19 Feb

Belajar Sejarah di Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali – Berkunjung ke Kota Yogyakarta tak melulu harus pergi ke wisata alam yang memang menjadi wisata andalan di Kota Gudeg tersebut. Jogja juga mempunyai banyak museum yang cocok dikunjungi wisatawan untuk berwisata sekaligus menambah pengetahuan. Jangan dibayangkan jika berkunjung ke museum maka akan membosankan. Museum-museum yang ada di Kota Jogja umumnya dikelola dengan baik dan profesional. Jadi selain memiliki fasilitas yang lengkap, museum-museum yang ada di Jogja memiliki koleksi sejarah yang lengkap dan terawat dengan baik. Salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ketika liburan tiba nantinya adalah Monumen Jogja Kembali. Monumen Jogja Kembali ini lebih dikenal dengan nama Monjali.

Monumen Jogja Kembali – Photo by @lena_loviana

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Monumen Jogja Kembali

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Lokasi Monumen Jogja Kembali berada di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman. Lokasinya berada di Jalan Ringroad Utara dan tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Sehingga untuk menuju ke tempat tersebut sangat mudah dijangkau dengan perjalanan kurang dari 30 menit jika dari pusat Kota Jogja. Asal usul Monumen Jogja Kembali ini didirikan sebagai bentuk mengenang perjuangan para pahlawan melawan Belanda pada saat terjadi serangan umum 1 Maret. Pada saat itu TNI berhasil memukul mundur pasukan Belanda yang melakukan Agresi Militer II.

Rute Menuju Monumen Jogja Kembali

Rute menuju Monumen Jogja Kembali dapat ditempuh melalui Tugu Jogja ke utara atau menuju ringroad utara. Setelah sampai di ringroad utara kemudian ambil jalan ke arah kiri. Nanti kamu akan melihat Monjali di sebelah kanan jalan. Putar balik untuk bisa sampai di lokasi tersebut. Bangunan Monjali yang unik berbentuk seperti Gunung akan mudah kamu kenali dari luarnya. Bangunan yang berbentuk gunung tersebut memang sengaja dibentuk seperti itu sebagai simbol dari kemakmuran dan kesuburan.

Monumen Jogja Kembali – Photo by @inndahbanget

Jejak-jejak perjuangan masa lalu tergambar apik melalui diorama-diorama yang berada di dalam Monjali yang memiliki 3 lantai. Lantai pertama terdapat perpustakaan, museum, auditorium dan kafetaria. Lantai kedua terdapat diorama yang menggambarkan perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah. Sedangkan ruangan teratas merupakan ruangan hening yang bentuknya lingkaran. Terdapat bendera merah putih di tengah ruangan. Ruangan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat untuk mendoakan para pahlawan yang telah berjuang untuk tanah air.

 

Monjali ini buka setiap hari kecuali hari Senin. Tak hanya asyik dikunjungi waktu pagi hari saja, pada malam harinya Monjali juga menawarkan keindahan berupa lampion-lampion indah yang menghiasi pelataran monumen. Tak heran jika banyak anak muda yang memang sengaja datang kesana hanya untuk berfoto-foto di lampion tersebut. Karena keunikan lampionnya tersebut, Monjali juga dikenal dengan nama Taman Lampion.

Monumen Jogja Kembali – Photo by @fika_annisa

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Monumen Jogja Kembali

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali ini yaitu sebesar Rp 15.000 per orangnya. Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut kamu bisa mengajak keluarga terutama anak-anak untuk berkunjung ke Monjali sambil belajar sejarah perjuangan TNI melawan para penjajah.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja monumen jogja kembali ini?

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares