Seni dan Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu
28 Feb

Seni dan Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu – Siapa sangka di balik keindahan lereng Gunung Merapi ternyata tidak hanya menyimpan keindahan alam saja. Namun juga terdapat sebuah lokasi yang menyimpan benda-benda peninggalan kerajaan Mataram yang tersimpan rapi dan menarik untuk dikunjungi. Lokasi tersebut bernama Museum Ullen Sentalu. Museum yang dikelola secara mandiri oleh Yayasan Ulating Blencong ini memilki berbagai macam koleksi benda-benda pada zaman kerajaan Mataram. Museum Ullen Sentalu juga dinobatkan sebagai museum terbaik versi tripadvisor. Lalu apa yang membuat museum ini menjadi yang terbaik?

Museum Ullen Sentalu – Photo by @yusufhanizar

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Museum Ullen Sentalu

Biasanya berkunjung ke museum akan menjadi hal yang membosankan. Pengunjung hanya melihat-lihat barang koleksi museum saja dan sesekali melihat label informasi yang ada di koleksi museum. Mungkin sentuhan personal dari Museum Ullen Sentalu yang memberikan fasilitas pemandu menjadikan kunjungan ke museum tersebut terasa tidak membosankan. Pada saat berkunjung kesana, pengunjung memang diberikan fasilitas pemandu yang akan menjelaskan setiap hal berkaitan koleksi museum dan sejarah yang ada pada peninggalan tersebut.

Museum Ullen Sentalu – Photo by @vivilieyandaa

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Selain itu lokasi Museum Ullen Sentalu yang berada di daerah dataran tinggi membuat udara di sekitar terasa sejuk. Tak hanya disuguhi dengan koleksi-koleksi benda bersejarah saja, pemandangan di sekitar museum yang indah juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Lokasi Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Boyong Taman Wisata Kaliurang. Lokasinya tak jauh dari Kota Yogyakarta. Perjalanan menuju kesana membutuhkan waktu kurang dari 1 jam.

 

Asal usul Museum Ullen Sentalu yaitu namanya merupakan kependekan dari kata “Ulating blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang berarti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan” Memasuki Museum Ullen Sentalu, kamu akan diajak untuk berkeliling ke ruangan-ruangan yang ada disana, yaitu ruang Selamat Datang, Ruang Seni Tari dan Gamelan, Ruang Guwa Sela Giri, Ruang Syair, Ruang Room Ratu Mas, Ruang Batik Vorstendlanden,, Ruang Batik Plesiran, Ruang Putri Dambaan hingga Sasana Sekar Bawana. Disela-sela berkeliling, kamu akan disuguhi dengan Jamu Ratu Mas.

Rute Menuju Museum Ullen Sentalu

Rute menuju Museum Ullen Sentalu sangat mudah untuk ditemukan. Dari Kota Yogyakarta kamu tinggal menuju ke arah utara melalui Jalan Kaliurang. Ikuti terus jalan ke utara hingga sampai di TPR kawasan wisata Kaliurang. Setelah melewati gerbang itu maka lanjutkan perjalanan hingga melewati Taman Kaliurang. Darisana lokasi Museum Ullen Sentalu sudah tidak jauh lagi. Perhatikan papan petunjuk jalan menuju kesana.

Museum Ullen Sentalu – Photo by @sativalicious

Baca juga: Rental Mobil Wisata Jogja ke Museum Ullen Sentalu

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu sebesar Rp 30.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 15.000 untuk pengunjung anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif yang berbeda, yaitu untuk orang dewasa sebesar Rp 50.000 dan anak-anak sebesar Rp. 30.000. Kamu bisa berkunjung ke Museum yang memiliki arsitektur yang indah ini pada hari Selasa-Juma’t pukul 08.00-16.00. Sedangkan untuk weekend jam operasionalnya yaitu mulai dari jam 08.30-17.00.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja museum ullen sentalu ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved