Pantai Baron Citarasa Klasik Dibalik Ketenarannya
6 Mar

Pantai Baron Citarasa Klasik Dibalik Ketenarannya

Wisata Pantai Baron – Pantai Baron merupakan cikal bakal munculnya wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta. Telah dibuka untuk umum selama puluhan tahun, Pantai Baron ikut berkembang mengikuti tren wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Tidak meninggalkan kesan klasik , Pantai Baron bersama dengan dua pantai terkenal lainnya yaitu Krakal dan Kukup tetap menjadi tujuan favorit tempat wisata di jogja bagi para wisatawan.

Wisata Pantai Baron Yogyakarta

Berwisata ke Pantai Baron

Bagi para wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai di gunung kidul pasti pernah mengunjungi Wisata Pantai Baron. Pantai ini dapat dikategorikan sebagai pantai dengan paket lengkap. Karena, dengan mengunjungi pantai Baron saja wisatawan sudah dapat menghabiskan waktu satu hari penuh untuk bersantai, berenang dan berfoto.

Dari segi geografis, Pantai Baron sudah sangat menguntungkan. Berbentuk seperti teluk, pantai ini dikelilingi dengan bukit karang yang menjulang tinggi. Berpasir putih sedikit kecoklatan, pantai ini sangat nyaman digunakan untuk berenang dikarenakan ombak yang tidak begitu kencang.

Pantai Baron Gunung Kidul

Pantai Baron Gunung Kidul

Tak hanya itu, ternyata pantai Baron merupakan tempat bermuarannya air yang berasal dari beberapa sungai, Sehingga dibeberapa lokasi, terlihat aliran air tawar yang tidak terlalu dalam dan merupakan air tawar. Hal ini membuat aliran ini sangat cocok digunakan untuk bermain air bahkan berenang.

Dari tahun ke tahun jumlah pengunjung yang mengunjungi pantai ini terus meningkat. Bukan tanpa alasan, pengelola setempat terus bereksplorasi sehingga Pantai Baron tidak akan bosan dikunjungi setiap tahunnya. Mulai dari menghias pantai dengan spot – spot foto, menambah fasilitas dan meningkatkan kebersihan di sekitar pantai.

Dahulu beberapa kapal yang bersandar di Pantai Baron hanya dapat digunakan sebagai properti berfoto. Pengunjung dapat menyewa dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 35.000 – Rp. 100.000 tergantung durasi waktu dan jumlah penumpang. Kapal – kapal tersebut dapat disewa untuk berkeliling disekitar pantai Baron. Selain itu, kini Pantai Baron menghias setiap sudut dengan beberapa spot foto seperti ayunan dan kursi berbalut bunga – bunga layaknya di pantai Sengigi Lombok. Pemandangan cantik inilah yang membuat para wisatawan ingin kembali lagi ke Pantai Baron.

Selain itu, tak jauh dari pantai terdapat mercusuar yang kini dibuka untuk umum. Para wisatawan perlu berjalan sedikit jauh dan naik keatas bukit untuk sampai di mercusuar. Alat ini sebenarnya berfungsi untuk memberikan tanda di malam hari bagi para nelayan yang sedang melaut, namun saat siang hari wisatawan dapat melihat pemandangan di sekitar pantai Baron dari ketinggian.

Pantai Baron selain merupakan pantai favorit bagi para muda – mudi juga merupakan favorit bagi ibu – ibu. Beberapa ibu yang tergabung dalam kelompok maupun komunitas tertentu sering mengadakan berbagai acara di Pantai Baron. Mereka biasannya cukup menghubungi Jasa Agen Travel Paket Wisata Jogja yang akan membantu mulai dari akomodasi hingga transportasi.

Meski terbilang cukup populer, para wisatawan tidak banyak yang mengetahui mengenai asal – usul Pantai Baron sendiri. Diceritakan pada puluhan tahun silam ada seorang bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber yang berlabuh di Pantai ini. Tinggal cukup lama, ternyata ia menyimpan beberapa persenjataan di beberapa lokasi di daerah ini. Singkat cerita terjadi suatu peristiwa di Pantai ini yang membuat nyawa sang bangsawan tak terselamatkan. Dan untuk mengenang sang bangsawan pantai ini pun diberi nama Pantai Baron.

Lokasi Pantai Baron

Lokasi Pantai Baron

Disekitar Pantai Baron kita juga dapat menikmati beberapa hal menarik selain deburan ombak pantai. Yaitu terdapat suatu taman bunga buatan, berada beberapa meter sebelum pintu masuk, para wisatawan dapat berfoto sepuasnya dengan membayar biaya kontribusi Rp. 5.000. Tak hanya itu terdapat pula Baron Tecno Park yang merupakan lokasi pembangkit tenaga listrik yang mengunakan tenaga alam. Beberapa muda – mudi berkumpul di sore hari untuk menanti mantahari terbenam.

Namun, ketika mengunjungi Pantai Baron jangan lupa untuk mencicipi kuliner di lokasi ini. Warung – warung sekitar menawarkan olahan laut yang jarang ditemukan di kota Yogyakarta. Selain itu untuk oleh – oleh beberapa penduduk menjajakan uang goreng tepung, rumput laut goreng tepung dan keripik udang kecil. Membeli olahan karya penduduk lokal sama berarti kita mensuport perekonomian warga sekitar lho!

Lokasi Pantai Baron

Menjadi salah satu tujuan utama wisata Pantai di Gunung Kidul, untuk sampai ke lokasi Pantai Baron bukanlah hal yang sulit. Mengikuti jalur utama dari Wonosari, Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Baron memiliki satu jalur yang sama dengan Pantai Krakal dan Kukup. Meski sejajar namun ketingannya memiliki pintu masuk yang berbeda.

 

Rute Pantai Baron

Untuk sampai ke lokasi, rute perjalanan Pantai Baron yang akan dilalui terbilang tidak terlalu sulit. Seperti jalan menuju ke gunung, para wisatawan akan menemui jalan berkelok – kelok dan naik turun. Berikut rute yang akan dilalui :

• Mulai dari pusat kota Yogyakarta ikuti jalan menuju Jl. Mayor Suryotomo
• Lurus terus sampai ke Jl. Brigjen Katamso sampai ke pertigaan ke selatan sampai ke Jl. Sisingamangaraja.
• Melewati Siluk sampai tembus ke Jl. Raya Panggang Wonosari .
• Dari sana ikutilah jalan sampai ke Pantai Baron.

Fasilitas yang Tersedia

Menjadi salah satu penghasil pendapatan dari sektor pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul,ada beberapa fasilitas Pantai Baron seperti :

• Area Parkir Luas
• Warung Makan
• Mushola
• Toilet
• Spot Foto
• Mercusuar
• Persewaan Perahu

Jam buka atau jam Operasional Pantai Baron

Jika anda ingin menikmati pemandangan pantai di pagi hari, jam buka wisatawan Pantai Baron dapat mulai masuk pukul 06.00 dan jika ingin menikmati hingga matahari terbenam dan pulang pukul 18.00. Namun , sangat jarang wisatawan yang mengabiskan waktu lebih dari pukul 18.00 dikarenakan keadaan pantai yang surut dan minim penerangan.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron.

Wisata ke Pantai Baron, wisatawan tidak perlu khawatir untuk biaya yang harus dikeluarkan. Karena pantai – pantai di daerah Gunung Kidul mengenakan tarif yang ramah kantong. Untuk biaya masuk adalah Rp. 10.000/orang , biaya parkir Mobil Rp. 5.000 dan biaya parkir motor Rp. 3.000. Untuk Bis atau mini bus dikenakan Rp. 15.000 – 30.000 saja.Namun jika tidak ingin ribet,anda bisa mememasan paket wisata jogja dengan destinasi Wisata Pantai Baron.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik