Pantai Glagah Kulon Progo yang Gagah namun tetap Menarik dan Cantik
10 Mar

Pantai Glagah Kulon Progo yang Gagah namun tetap Menarik dan Cantik

Wisata Pantai Glagah – Pantai merupakan tempat wisata yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Setiap pantai memiliki keunikan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Seperti juga dengan Pantai Glagah yang terletak di Kulon Progo ini yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Telah dikembangkan sebagai obyek wisata besar, Pantai Glagah yang dikenal dengan ombak besar dan tretrapodnya selalu masuk ke dalam daftar favorit kunjungan pada Jasa Paket Wisata Jogja. Tak jarang banyak keluarga maupun kelompok wisatawan yang menjadikan Pantai Glagah menjadi tujuan utama wisata Yogyakarta khususnya di Kulon Progo.

Wisata Pantai Glagah Kulon Progo

Mengunjungi Pantai Glagah dengan Ombak Menantangnya

Sebelum obyek wisata Kedung Pedut, Kalibiru atau Curug Setawing ramai dibicarakan oleh para wisatawan. Pantai Glagah sudah lebih dulu tersohor namannya sebagai wisata unggulan di daerah Kulon Progo. Dikenal sebagai pantai berpasir hitam yang berkilauan, pantai ini menjadi ‘jujugan’ bagi wisatawan yang hendak mencoba peruntungan memancing ikan di laut.

Meski tidak bisa digunakan untuk bermain air atau berenang dikarenakan ombak yang sangat besar, namun berjalan diantara tanggul serta ratusan batu pemecah ombak (tetrapod) juga merupakan aktivitas yang cukup menarik. Bahkan beberapa orang justru menjadikan ombak yang ganas sebagai ‘bahan’ photo preweding.

Meskipun bukan tergolong pantai yang landai, para wisatawan tidak perlu khawatir. Pantai Glagah menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti bermain ATV menyusuri pantai, terdapat pula dermaga, laguna untuk wisata air serta tak jauh dari pantai ada kebun buah naga yang siap untuk di panen.

Salah satu daya tarik dari Pantai Glagah adalah, adannya Laguna yaitu perairan yang relatif dangkal yang terpisah dari lautan. Tidak terbentuk karena adannya batuan karang, justru Laguna ini terbentuk dikarenakan proses alami yang membentuk cekungan dan terisi saat air pasang. Laguna ini dimanfaatkan oleh pengelola sebagai kolam untuk aktivitas wisata air. Para wisatawan dapat naik perahu sampan sepuasnya atau olahraga kaki dengan perahu bebek kayuh. Selain itu karena debit air yang tenang dan dangkal, tak jarang beberapa wisatawan berkumpul untuk memancing ikan bersama – sama.

Pantai Glagah Yogyakarta

Sensasi lain yang ditawarkan di Pantai Glagah adalah menikmati pemandangan di ujung dermaga. Saat cuaca cerah berjalanlah sampai ke ujung dermaga, wisatawan dapat melihat bahkan sesekali merasakan cipratan ombak yang menerpa batu pemecah ombak. Jika beruntung dapat pula diabadikan melalui kamera saat ombak besar menerpa tubuh anda.

Puas menyusuri Pantai Glagah, para wisatawan dapat bergeser sedikit menuju ke perkebunan buah naga. Agrowisata seluas 3,5 hektar ini membudidayakan tiga jenis buah yaitu buah naga, melon dan semangka. Jika saat panen tiba, para wisatawan pun dapat serta memanen buah yang mengandung vitamin C, D dan E tersebut.

Namun, saat masa tanam tiba beberapa lokasi kosong dapat digunakan sebagai camping ground. Bahkan lokasi ini menjadi langanan para siswa untuk mengisi kegiatan pramuka atau mahasiswa dengan kegiatan melatih kemandirian serta kepemimpinan. Namun bagi para wisatawan umum yang hendak menghabiskan waktu secara berkelompok dapat mempercayakan acara wisata pada jasa agen Paket Wisata Jogja yang menawarkan beragam paket wisata menarik sehingga tidak perlu repot mengurus akomodasi dan lain sebagainnya.

Lelah berkeliling menyusuri pantai dan juga perkebunan buah, para wisatawan dapat meluruskan kaki sembari menikmati makanan boga bahari. Warung – warung kecil di kawasan Pantai Glagah menyajikan masakan yang tentu mengundang selera seperti kepiting asam manis, kerang goreng, udang saus padang dan yang paling unik adalah rempeyek undur – undur. Wah.. siapa yang bisa menolak ya ?

Lokasi Pantai Glagah

Lokasi Pantai Glagah sama seperti namannya Pantai Glagah terletak di desa Glagah Kecamatan Temon, Kulon Progo Yogyakarta. Berjarak 15 km dari kota Yogyakarta dengan mengunakan kendaraan bermotor dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 100 menit.

Sepanjang perjalanan para wisatawan akan disambut oleh pemandangan pegunungan dan juga hutan jati yang mulai meranggas. Meski berada di pegunungan namun jalan yang dilalui tidak terjal dan penuh tikungan karena itu para wisatawan dapat menikmati perjalanan dengan menyenangkan.

Lokasi Pantai Glagah

Lokasi Pantai Glagah

Rute Pantai Glagah

Jika ingin menuju Pantai Glagah dari Arah Yogyakarta, maka rute pantai glagah yang dapat dilewati adalah sebagai berikut :
• Dari kota Yogyakarta menuju ke arah Jalan Wates
• Selanjutnya ambil arah menuju ke Purworejo
• Kemudian ikuti petunjuk arah menuju Desa Glagah
Sedangkan jika perjalanan dimulai dari arah Bantul, maka rute yang dilalui adalah :
• Jalan Bantul menuju ke Palbapang
• Dari Palbapang ambil arah kanan ke jalan Srandakan via jembatan Srandakan
• Setelah ketemu lampu merah ambil kiri dan ikuti jalan menuju ke Pantai Glagah

Merupakan obyek wisata yang sangat populer, para wisatawan tidak perlu cemas tersesat jika baru pertama kali mengunjungi Kulon Progo. Karena akan banyak sekali petunjuk yang mengarahkan wisatawan ke Pantai Glagah. Selain itu akses internet pun sangat mudah digunakan, para wisatawan dapat juga mengunakan aplikasi google maps maupun waze untuk mempermudah perjalanan.

Fasilitas yang Tersedia

Merupakan obyek wisata yang telah lama dibuka untuk umum, Fasilitas Pantai Glagah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, diantarannya :
• Mushola
• Area Parkir
• Kamar Mandi
• Kapal kecil/ Sampan
• Kapal Bebek Manual
• ATV / SEPEDA
• Camping Ground
• Warung Makan

Fasilitas Pantai Glagah

Jam buka atau jam Operasional Pantai Glagah

Sama seperti obyek wisata pantai lainnya, Jam Buka Pantai Glagah dapat dikunjungi 24 jam dan tidak memiliki jam buka maupun tutup. Namun , tentu saja harus memeperhatikan cuaca saat mengunjungi pantai tersebut dikarenakan cuaca dan ombak pantai ini yang terkenal sangat besar dan berbahaya.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

Tiket Masuk Pantai Glagah termasuk kedalam tempat wisata favorit di Kulon Progo, mengunjungi Pantai Glagah cukup menyiapkan dana senilai berikut :

• Tiket Masuk : Rp. 5.000
• Parkir Motor : Rp. 3.000
• Parkir Mobil : Rp. 5.000
• Parkis Bus : Rp. 10.000

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik