Harta Karun Tersembunyi di Balik Wisata Pantai Ngetun Yogyakarta
3 Mar

Harta Karun Tersembunyi di Balik Wisata Pantai Ngetun Yogyakarta

Wisata Pantai Ngetun – Kekayaan suatu daerah bukan hanya dilihat dari hasil buminya saja, namun anugerah berupa pemandangan alam yang yang indah juga dapat dikategorikan sebagai kekayaan alam yang tak ternilai hargannya. Yogyakarta merupakan daerah yang dianugerahi dengan puluhan pantai dengan pemandangan yang begitu memukau.

Diantara deretan pantai yang sudah banyak dikenal seperti pantai Baron , Krakal , Kukup dan Sundak, muncul satu Pantai yang bernama Pantai Ngetun yang bukan hanya menawarkan pemandangan alam namun juga ekosistem laut yang belum tersentuh tangan manusia. Sulit dijangkau oleh masyarakat pada umumnya maka ada baiknya para wisatawan ‘menggandeng’ Jasa Paket Liburan ke Jogja untuk mempermudah akses menuju ke pantai ini.

Wisata Pantai Ngetun Yogyakarta

Mengunjungi Pantai Ngetun Yogyakarta

Masih berada diantara deretan Pantai di Wonosari, liburan jogja murah bisa Pantai Ngetun memang sedikit asing di telingga para wisatawan. Wisata pantai gunung kidul ini mungkin lebih cocok jika dikategorikan sebagai teluk , dikarenakan areannya yang tidak terlalu luas, dan membentuk perairan yang menjorok ke daratan yang pada tiga sisinya dilapisi oleh daratan.

Pantai Ngetun Gunung Kidul

Pantai Ngetun Gunung Kidul

Teluk memiliki ciri – ciri yang serupa dengan keadaan geografis dari wisata Pantai Ngetun. Ciri yang pertama, terbentuk dikawasan pinggir laut yang mempunyai susunan batuan keras dan batuan lembut yang berselang – seling. Salah satu contohnya di tengah pantai terdapat batu besar yang memiliki mitos jika seseorang menyentuhnya maka pikirannnya akan terganggu (gila) karena itu tidak banyak yang berani mendekati batu tersebut.

Ciri yang kedua, dikarenakan ombak yang tidak deras dan cenderung memiliki air yang tenang maka sangat cocok untuk memancing. Tak jarang banyak masyarakat sekitar duduk di tepian bebatuan sembari memancing ikan laut.

Meski belum dapat disejajarkan dengan Labuan Bajo yang memiliki banyak teluk, namun Pantai Ngetun layaknya seperti ‘teaser’ sebelum wisatawan benar – benar mengunjungi obyek wisata yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Karena air yang tenang, wisatawan dapat melihat berbagai biota laut yang beragam.

Pada sayap kiri pantai, terlihat beberapa penyu yang sedang berkembang biak. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak namun suatu hal yang berharga dapat melihat penyu di habitat aslinnya. Saat ini hewan bercangkang ini telah masuk kedalam kategori satwa yang hampir punah, karena itu ada baikknya tidak menganggu agar satwa langka ini dapat berkembang biak dengan baik.
Hal mengejutkan lainnya adalah banyak ditemukannya lobster, kerang, kepiting yang tersembunyi dibalik pasir putih yang terletak dibalik bukit. Para wisatawan benar – benar dapat merasakan sensasi yang berbeda saat mengunjungi pantai ini. Namun, tentu masyarakat sekitar berharap meskipun ramai dikunjungi namun tidak akan menganggu ekosistem yang ada.

Meski belum dikelola secara profesional, nampaknya banyak wisatawan yang mulai menikmati Pantai Ngetun dengan carannya sendiri. Diantarannya mendirikan tenda di atas bukit sembari menunggu matahari terbit.

Namun, bagi yang tidak memiliki banyak waktu para wisatawan lebih memilih untuk naik ke bukit kembar yang disebut Watu Bangku dan juga Watu Gentong. Meski melewati jalan tapak dan berbatu, saat sampai di puncaknnya para wisatawan tentu tidak akan kecewa.

Lokasi Pantai Ngetun Yogyakarta

Lokasi Pantai Ngetun Yogyakarta

Sayangnya pantai yang memiliki potensi bagaikan harta karun ini belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Meski biasannya secara swadaya diserahkan ke masyarakat sekitar nampun nampakanya masyarakat belum memiliki pengetahuan untuk mengelola tempat ini sebagai obyek wisata komersil.

Namun meskipun kelak akan menjadi obyek wisata besar, namun semoga tidak akan mengangu aktifitas biota laut yang masih terjaga sampai dengan hari ini. Alangkah baikknya mengandeng komunitas pecinta lingkungan agar tidak salah langkah dalam pengelolaan.

Lokasi Pantai Ngetun

Berada di kawasan Pantai terkenal Wonosari seperti Panti Siung, Pantai Baron dan Pantai seruni , lokasi pantai ini dibilang terletak di paling ujung. Lokasi pantai ngetun tepatnya yaitu berada di desa Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul , Daerah Istimewa, Yogyakarta.

Membutuhkan waktu tempuh sekitar 140 menit jika dari kota Yogyakarta, pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor ataupun mobil. Namun untuk lokasi parkir belum memadai jika mengunakan bus pariwisata.

 

Rute Pantai Ngetun

Rute Pantai Ngetun

Rute Pantai Ngetun

Rute pantai ngetun gunung kidul bukanlah suatu hal yang sulit, telat menjadi tujuan utama para wisatawan rute yang dilalui akan sangat mudah. Jalanan beraspal dan petunjuk yang lengkap akan mempermudah ke daerah tujuan. Namun, tidak ada salahnya mengikuti petunjuk berikut :

  • > Dari Yogyakarta menuju Jl. Wonosari
  • > Sampai di Wonosari ikuti jalan menuju pantai Baron
  • > Sesampai di pertigaan Mulo ambil arah ke Tepus kemudian belok ke kiri.
  • > Bertemu kecamatan tepus lanjutkan perjalanan sampai ke pantai Indrayanti dan seterusnya.
  • > Setelah Pantai Seruni tujuan pun akan segera berakhir di Pantai Ngetun

Sebelum perjalanan pastikan bahan baku kendaraan anda terisi penuh, dikarenakan setelah masuk ke lokasi pantai akan kesulitan menemukan Pom Bensin Besar. Untuk provider telepon, hanya beberapa yang dapat digunakan dengan baik. Pastikan mengirimkan pesan penting terlebih dahulu sebelum masuk ke area pantai.

Fasilitas yang Tersedia

Karena belum dikelola secara profesional, fasilitas pantai ngetun yang tersedia hanyalah area parkir dan toilet saja. Karena itu pastikan membawa beberapa perlengkapan seperti :

# Makanan dan Minuman
# Peralatan Snorkling
# Baju Ganti
# Alat Mandi
# Tenda
# Alat Pancing
# Tikar

Jam buka atau jam Operasional Pantai Ngetun

Yang menarik dari obyek wisata ini adalah tidak memiliki jam operasional pantai ngetun, sehingga para wisatawan dapat mengunjungi tanpa memperhatikan waktu kunjung. Namun, disarankan untuk berkunjung disaat hari masih terang, dikarena belum ada penerangan dan juga lokasi yang dilalui hanya melalui jalan setapak saja.

Tiket Masuk Pantai Ngetun

Tiket Masuk Pantai Ngetun

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Untuk berkunjung di Pantai Ngetun ini, untuk harga tiket masuk pantai ngetun para wisatawan hanya perlu membayar sejumlah Rp. 5.000 sebagai biaya parkir mobil, serta Rp. 3.000 saja untuk biaya parkir motor. Meski terlihat belum dikelola secara baik, namun jika ingin mengadakan wisata secara kelompok lebih disarankan untuk menghubungi biro perjalanan wisata untuk memesan tour yogyakarta. Wisatawan yang menikmati liburan secara berkelompok akan dibantu membuat berbagai kegiatan menarik dan seru meski berada di lokasi wisata dengan minim fasilitas.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik