Pantai Ngobaran Replika Pantai Uluwatu di Pulau Bali
7 Mar

Pantai Ngobaran Replika Pantai Uluwatu di Pulau Bali

Wisata Pantai Ngobaran Jogja – Jika anda rindu akan Pulau Bali rasannya Pantai Ngobaran di Gunung Kidul mampu mengobati sedikit kerinduan yang tak terbendung. Pantai yang terletak dibawah bukit serta adannya Pura yang memiliki ornamen serupa dengan yang berada di Pulau Bali terlihat seperti gambaran pemandangan di Pantai di Uluwatu.

Pantai Ngobaran, merupakan pantai yang memiliki 3 keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Yaitu Pantai Wisata Alam, Pantai Wisata Rohani dan Pantai Wisata Kebudayaan. Tidak salah jika setiap Jasa Paket Wisata Jogja mencantumkan pantai Ngobaran sebagai salah satu tujuan tempat wisata jogja.

Wisata Pantai Ngobaran Jogja

Mengunjungi Pantai Ngobaran yang Penuh Dengan Nilai Budaya

Pantai Ngobaran bukanlah pantai yang menyajikan pemandangan biasa. Pantai berpasir putih memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain di Gunung Kidul. Pantai yang terletak di bawah bukit ini memiliki dua bangunan peninggalan masa lampau. Yang pertama adalah Pura dan yang kedua adalah Masjid.

Pura merupakan tempat ibadah nagi pemeluk aagama Hindhu. Konon kabarnya Pura ini telah berdiri sejak jaman kerajaan Majapahit. Dikisahkan Brawijaya V yang merupakan pimpinan kerajaan Majapahit merasa dipojokkan oleh kerajaan demak yang dipimpin oleh putrannya sendiri yaitu Raden Patah.

Singkat cerita Raja Brawijaya bersama anak bungsunya Bondan Kejawen meninggalkan Majapahit dan pergi ke arah barat sampailah ke daerah pantai yang terletak di Gunung Kidul. Sesampainya di Pantai, Sang Raja justru melakukan upaca pembakaran diri (Uacaa Muksa) hal ini ia lakukan karena tidak mau berperang melawan sang anak. Badan sang Raja yang tebakar dalam kobaran api besar menjadi cikal bakal nama Pantai Ngobaran.

Kental akan nuansa budaya , Pantai Ngobaran juga kerap dijadikan tempat untuk melakukan prosesi larung sesajen. Kegiatan ini tidak lebih sebagai wujud terima kasih masyarakat sekitar terhadap bumi, serta mempertahankan tradisi yang turun menurun masih diwariskan.

Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Sebelum menuruni bukit menuju ke Pantai, para pengunjung dapat berjalan mengintari Pura sambil berfoto. Setelah itu naik ke atas bukit sehingga dapat secara jelas melihat pemandangan Pantai Ngobaran dari ketinggian. Bahkan puncak bukit ini sering digunakan oleh beberapa orang tertentu untuk melakukan semedi.

Turun menuju ke Pantai, pengunjung juga dapat melihat beberapa sajen di sepanjang anakan tangga. Bukan tanpa alasan, karena ujung jalan menuju Pantai terdapat petilasan yang berbentuk seperti tanah lapang berukuran 4 x 2 meter dan dijaga oleh seorang juru kunci. Karena itu para pengunjung diharapkan menjaga tutur kata dan tingkah lahu saat berada di area tersebut.

Menginjakan kaki di pantai, para pengunjung tidak hanya dimanjakan oleh hangatnya pasir putih namun juga hamparan karang yang menyimpan berbagai biota laut. Saat air pantai mulai menyusut, akan terlihat berbagai bintang laut, kerang, landak laut dan ikan – ikan kecil diantara batu karang. Saat anda menyusuri pantai pun banyak rumput laut yang tersangkut diantara bebatuan.

Setelah puas bermain – main di pingiran pantai, para pengunjung dapat melepas lelah di warung – warung sederhana. Sajian berupa masakan laut dan es kelapa muda tentu menambah kegembiraan para wisatawan bertamasya di lokasi ini. Tak hanya itu, penduduk sekitar juga banyak yang menjajakan rumput laut serta keripik udang kering.

Lokasi Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran merupakan pantai yang terletak satu jalur dengan pantai – pantai lain di Gunung Kidul Yogyakarta. Namun, untuk lokasi tepatnya yaitu berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Pantai Ngobaran

Para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Ngobaran dapat sampai ke lokasi dengan melalui rute berikut :

• Dari pusat kota ke arah timur melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan menuju jalan panembahan senopati.
• Kemudian ke arah timur menuju ke Jl. Kolonel Sugiyono melewati Jl. Sisingamangraja menuju ke Jl. Imogiri Barat.
• Sampai di Imogiri Barat jalan terus ke arah timus sampai dengan Siluk Panggang dan menembus di Jalan Panggang Wonosari.
• Dari Jalan Panggang Wonosari ketemu pertigaan ke arah selatan kemudian ikuti jalan sampai ke Pantai Ngobaran.

Melalui rute inilah perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju ke Pantai Ngobaran cukup ditempuh dengan waktu 1 jam 35 menit.

Lokasi Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran

 

 

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Ngobaran merupakan salah satu Pantai yang kini mendapat perhatian khusus dari dinas pariwisata. Hal ini dikarenakan potensi wisatala alam dan juga wisata budaya yang dimiliki pantai indah ini.

Fasilitas Pantai Ngobaran yang dimiliki sudah cukup lengkap, diantarannnya :
• Mushola
• Toilet
• Area parkir Luas
• Spot Foto
• Warung Makan
• Toko Oleh – Oleh
• Jasa foto

Jam buka atau jam Operasional Pantai Ngobaran

Jam buka Pantai Ngobaran dapat dikunjungi saat matahari belum terbit hingga matahari telah tenggelam. Namun, jika para wisatawan ingin bersantai dan menikmati santapan laut, dapat menunggu jam buka warung yaitu pukul 07.00 dan tutup pukul 18.00. Namun, jika wisatawan ingin membuat acara khusus di lokasi pantai dapat menghubungi Jasa Agen Tour Jogja, dengan begitu wisatawan tidak perlu repot mengurus akomodasi dan ijin dari pengurus obyek wisata setempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Harga Tiket Restribusi Pantai Ngobaran tidak jauh berbeda dari pantai di Gunung Kidul lainnya, para wisatawan dapat menyiapkan dana sejumlah berikut :

• Tiket Masuk : Rp. 3.000
• Parkir Motor : Rp. 3.000
• Mobil : Rp. 5.000
• Mini Bus : Rp. 15.000
• Bus : Rp. 20.000

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik