Klasiknya Pantai Ngrenehan Yogyakarta
10 Mar

Klasiknya Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Wisata Pantai Ngrenehan – Gunung kidul memiliki deretan pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Meski berada di satu kawasan yang sama namun kita akan disuguhi dengan pemandangan yang berbeda. Seperti pantai Ngrenehan yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Ngobaran. Memiliki jarak yang begitu dekat namun kedua pantai ini menawarkankan pemandangan yang berbeda.

Wisata Pantai Ngrenehan

Informasi Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Saat pertama kali menginjakan kaki di Pantai Ngrenehan hal yang pertama kali terlintas di benak para pengunjung adalah pantai yang asri dan memberikan kesan klasik. Hal ini dikarenak pantai ini merupakan pantai berpasir putih namun pada sebagian sisi nya dijadikan sebagai tempat bersandar perahu – perahu milik nelayan.

Jarak antara tempat parkir dengan bibir pantai cukuplah jauh, para wisatawan dapat berjalan kaki melewati jalan yang masih berbatu. Sebelum sampai kita akan disuguhi dengan tebing – tebing tinggi yang mengelilingi pantai.

Jika menyusuri sedikit jauh akan banyak tebing – tebing karang yang terkikis air laut di bagian bawah. Namun , hal inilah yang menjadikan pantai Ngrenehan menjadi unik. Bagian terkikis tersebut layakknya goa sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkan untuk berteduh.

Pantai Ngrenehan terletak berdampingan dengan pantai Ngobaran, meski letaknya berdekatan, para wisatawan tetap harus keluar terlebih dahulu dari lokasi pantai tersebut kemudian masuk ke parkiran Pantai Ngobaran.

Memiliki letak yang berdekatan ternyata nama Pantai Ngrenehan juga diambil dari kejadian yang pernah terjadi di masa lampau. Jika pantai Ngobaran diambil dari cerita tragis meninggalnya Ayah dari Raden Patah yang mengorbankan diri di kobaran api, berbeda dengan kejadian di Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Di pantai inilah pertama kali Ayah Raden Patah tiba bersama sang istri dari pelariannnya. Namun, saat Raden Patah sampai di Pantai tersebut ia tidak dapat menemukan dimana keberadaan orang tua. Menunggu dalam keputusaan Raden Patah pun menamai pantai tersebut menjadi Pantai Ngrenehan yang dapat diartikan ‘rene’ atau ‘sini’.

Menyusuri pantai Ngrenehan, para wisatawan merasakan suasanan pantai yang klasik. Meski merupakan tempat wisata umum, namun kita tidak akan menemukan spot foto buatan atau beberapa orang yang menyewakan payung atau tikar. Pantai ini mengajak kita benar – benar menyatu dengan alam, duduk diatas pasir putih dan juga berteduh dibawah pohon atau karang.

Tak hanya itu, para wisatawan sesekali akan berpapasan dengan beberapa nelayan yang akan memancing atau menjaring ikan. Para wisatawan dapat bermain ombak, namun harus berhati – hati karena terdapat banyak karang dipinggiran pantai yang jika tidak berhati – hati dapat melukai kaki.

Posisi Pantai Ngrenehan sendiri dapat dibilang lebih menguntungkan dibanding dengan Pantai Ngobaran. Karena Pantai Ngrenehan memiliki posisi yang dikelilingin oleh cekungan layaknya sebuah teluk. Hal ini menyebabkan ombak yang di area ini tidak terlalu besar, sehingga sangat aman jika ingin berenang.

Para wisatawan juga tidak perlu khawatir jika ingin menikmati sajian boga bahari. Meski berada sedikit jauh dari bibir pantai, namun beberapa warung tetap menyediakan olahan laut yang sangat lezat.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke pinggiran pantai para wisatawan perlu sedikit berjalan dari area parkir.Namun ada baiknya menggunakan jasa Tour Jogja,untuk mengunjungi tempat wisata ini.Untuk lebih memudahkan mencapai tujuan dan kenyamanan para wisatawan.


Rute Pantai Ngrenehan

Meski belum seramai tujuan wisata pantai lainnya di Gunung Kidul, namun Rute menuju Pantai Ngrenehan sangat mudah untuk dilalui. Berikut rute yang harus ditempuh jika melalui kota Yogyakarta.

• Dari kota Yogyakarta menuju ke selatan sampai ke Jl. Kusumanegara.
• Terus ke selatan melewati ringroad utara dan masuk ke Jl. Wonosari
• Dari Jl. Wonosari lurus mengikuti jalan utama melewati pathuk sampai ke Wonosari.
• Sampai ke Panggang ketemu pertigaan ke arah selatan menuju jalan Paliyan Ngobaran.
• Kemudian sampai ke pertigaan ke arah timur ke arah jalan Ngrenehan, ikuti terus hingga sampai ke Pantai Ngrenehan.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Pantai Ngrenehan yang disediakan di lokasi ini diantarannya :
• Area Parkir
• Toilet
• Warung Makan

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Jam buka atau Jam Operasional Pantai Ngrenehan

Para wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang sejuk tanpa batasan waktu. Namun tentu saja untuk keamanan dan kenyamanan jam buka Pantai Ngrenehan ini lebih baik dikunjungi pada kisaran pukul 06.00 sampai dengan 17.00.

Harga Tiket Pantai Ngrenehan

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Ngrenehan tentu tidak perlu menyiapkan dana ekstra. Untuk masuk ke obyek wisata harga tiket Pantai Ngrenehan yang dikeluarkan adalah Rp. 3.000/orang kemudian biaya parkir Rp. 5.000/ mobil dan Rp. 2.000/motor.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik