Pantai Trisik kulon Progo – Pedesaan Pesisir Masih Asri
4 Apr

Pantai Trisik kulon Progo – Pedesaan Pesisir Masih Asri

Wisata Pantai Trisik Kulon Progo info lokasi, aktivitas, rute & tiket masuk. Berlokasi di Kulon Progo, Pantai Trisik merupakan pantai yang menawarkan wisata bercitarasa kearifan lokal. Belum tersentuh oleh oleh dinas pariwisata setempat, namun pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Menjauh dari hiruk pikuk aktivitas di perkotaan serta mencari ketenangan diantara deburan ombak, pantai Trisik merupakan pilihan yang tepat. Kulon Progo memang menawarkan banyak pilihan wisata pantai , namun jika anda mengiginkan ketenangan dan suasana yang masih alami Pantai Trisik adalah pilihan yang tepat.

Wisata Pantai Trisik Kulon Progo

Pantai Trisik, Lokasi, Aktivitas, Rute & Tiket Masuk 2020

Mengusung tema kearifan lokal, Pantai Trisik sampai dengan saat ini masih mempertahankan bentuk asli dari pantai itu sendiri. Memiliki fungsi awal sebagai tempat pelelangan ikan, tidak jarang pantai berpasir hitam ini banyak dijumpai beraneka ragam jenis ikan dan hasil laut lainnya. Ombak yang begitu besar membuat pantai ini lebih cocok digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal – kapal nelayan dibandingkan sebagai sarana bermain air.

Pantai Trisik Kulon Progo

Pantai Trisik Kulon Progo

Namun, meskipun tidak dapat digunakan sebagai tempat bermain air atau berenang, pantai Trisik memiliki potensi wisata lain yang layak untuk dikagumi. Disekitar pantai para wisatawan dapat melihat berbagai jenis burung langka seperti burung trinil, kedidi leher merah, cerek kalung kecil ataupun burung migrasi seperti walet sapi atau kuntul kerbau.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang terletak di ujung kulon Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Pada pagi hari setelah matahari cukup terik, akan terlihat pula ratusan burung camar berterbangan diatas ketinggian air. Kemudian, saat menuju senja burung trinil dan kedidi leher merah terlihat bersantai diatas karang – karang ataupun ranting tanaman bakau.

Menyusuri pingiran pantai, para wisatawan dalam rombongan paket wisata jogja akan disuguhi suasana layaknya desa nelayan. Para pengunjung dapat melihat secara langsung aktivitas para nelayan di siang hari, mulai dari memintal jala, membersihkan atau memperbaiki perahu dan ada pula yang sibuk mempersiapkan segala amunisi menjelang melaut di malam hari.

Disisi lain, para ibu – ibu nelayan juga sibuk melakukan berbagai aktivitas lain seperti memilah – milah ikan dan menjemur untuk dijadikan ikan asin. Aktivitas inilah yang membuat pantai Trisik terasa berbeda dengan pantai yang lainnya.

Tak jauh dari pantai, Terdapat pula Laguna yang cukup besar yang ditanami oleh tanaman enceng gondong. Tak hanya itu, meski tidak banyak terdapat pula hutan bakau yang diandalkan para warga setempat untuk menahan abrasi akibat deburan ombak pantai. Kemudian sebagain enceng gondong ini dikeringkan oleh warga setempat di depan rumah masing – masing kemudian setelah kering akan disetorkan ke para pengrajin untuk dibuat tas , sandal dan kerajinan lainnya. Namun, dikarenakan Laguna yang kian mengering, kini enceng gondok lebih banyak didatangkan dari daerah ambarawa.

pantai trisik jogja

pantai trisik jogja

Setelah lelah melihat – lihat suasana pantai sekitar, akan sangat mengecewakan jika berkunjung ke Pantai Trisik tanpa menikmati sajian seafood khas warga sekitar. Beberapa warung sederhana yang berjejer di sekitar pantai menyajikan menu ikan yang jarang ditemui di kota besar seperti Ikan Pari, Udang Galah dan Lobster. Jadi sebaikknya anda jangan beranjak dulu sebelum mencicipi hasil tangkapan para nelayan handal ini.

Meski peran pemerintah begitu kecil dalam pengembangan pariwisatannya namun ternyata hal ini dikarenakan beberapa alasan. Yang pertama, Pantai Telisik lebih cocok jika dijadikan sebagai dermaga pelelangan ikan, dimana para wisatawan yang ingin membeli dan menikmati ikan segar dapat langsung menuju ke lokasi ini. Yang kedua,, dikarenakan aspek geografis, pantai berpasir hitam ini sangat cocok digunakan untuk penangkaran penyu hijau, karena itu pantai Trisik dipilih sebagai tempat konservasi agar satwa langka ini dapat berkembang biak dengan baik.

Lokasi Pantai Trisik

Berada di pesisir pantai selatan, Pantai Trisik tepat berada di Banaran, Galur, Area Pantai Karangsewu, Kulon Progo. Memiliki jarak sejauh 37 kilometer dari kota Yogyakarta, dengan kendaraan bermotor wisatawan perlu menempuh perjalanan dalam waktu kurang dari 90 menit.

Rute Pantai Trisik

Menuju ke Kulon Progo, para wisatawan biasa memulai perjalanan dari tengah kota Yogyakarta, maka rute yang harus diambil adalah :

  • Dari Kota Yogyakarta ambilah arah ke Bantul
  • Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Srandakan
  • Setelah melewati jembatan Kaliprogo lanjutkan perjalanan sampai ketemu pertigaan Brosot dan ambil kiri
  • Setelah itu akan banyak rambu – rambu menuju ke Pantai Trisik

Fasilitas Pantai Trisik Jogja

Fasilitas Pantai Trisik Kulon Progo

Fasilitas Pantai Trisik Kulon Progo

Meski bukan merupakan obyek wisata yang besar, Pantai Trisik telah memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai , diantarannya :

  • Mushola
  • Area Parkir
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan

Lokasi Pantai Trisik Kulon Progo

Lokasi Pantai Trisik Kulon Progo terbilang cukup asri karena dikelilingi oleh pohon cemara di beberapa area tertentu. Karena itu jika anda ingin membawa makanan sendiri, dan duduk – duduk bersama keluarga diatas tikar sangat dianjurkan untuk membawa perlengkapan sendiri. Dan pastikan untuk tetap menjaga kebersihan agar tetap nyaman untuk dinikmati bersama.

 

Jam Buka atau Jam Operasional Pantai Trisik

Pantai Trisik tidak memiliki jam operasional yang pasti, para wisatawan dapat mengunjungi pantai setiap saat. Namun jika anda ingin membeli ikan segar, sebaikknya datang sebelum pukul 07.00, pada jam itu para nelayan baru saja sampai ke pingiran pantai dan membawa hasil laut yang masih sangat segar.

Tiket Masuk Pantai Trisik

Tiket Masuk Pantai Trisik

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

Para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai trisik jogja dengan membayar beberapa biaya retribusi sebagai berikut :

  • Tiket Masuk : Rp. 5.000
  • Parkir Motor : Rp. 3.000
  • Parkir Mobil : Rp. 5.000

Nah apabila sedang liburan ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke pantai kulon progo salah satunya pantai trisik. Apabila ingi liburan bersama keluarga ataupun rombongan Anda bisa menggunakan jasa perjalanan wisata dengan paket tour jogja atau bisa dengan sewa mobil jogja.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik