Melihat Keindahan Pantai Gunungkidul Dari Bukit Kosakora
30 Dec

Melihat Keindahan Pantai Gunungkidul Dari Bukit Kosakora

Puncak Bukit Kosakora – Jika berkunjung ke Kota Yogyakarta dan kamu ingin menikmati keindahan pantai berpasir putih maka datanglah ke Gunungkidul. Disana banyak sekali pantai berpasir putih yang menawarkan keindahan yang berbeda dan masing-msaing pantai memiliki keunikannya tersendiri. Jika ingin mendapatkan liburan yang berbeda dan tidak hanya menikamti pasir putih pantai saja maka ada salah satu destinasi wisata di Gunungkidul yang cocok dikunjungi bagi kamu yang suka pergi ke lokasi wisata yang anti mainstream. Tempat wisata tersebut bernama Bukit Kosakora.

Bukit Kosakora ini namanya sudah cukup terkenal sebagai tempat untuk camping kosakora. Dari atas bukit tersebut kamu bisa melihat keindahan bibir pantai berpasir putih dan hamparan laut yang luas hingga ke Samudra Hindia. Dari atas bukit itu juga keindahan hamparan perbukitan terlihat sangat indah. Dengan berlibur ke Bukit Kosakora kamu akan melihat sisi lain keindahan Gunung kidul yang biasanya hanya dikenal dengan wisata pantai berpasir putihnya.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Puncak Bukit Kosakora

Namun sebelum kamu bisa menikmati semua keindahan itu perlu usaha yang cukup ekstra untuk bisa sampai kesana. Maka dari itu lokasi wisata ini cocok untuk kamu yang berjiwa petulang, suka wisata yang anti mainstream, dan kuat untuk berjalan jauh melalui trekking yang cukup menantang adrenalin. Buat kamu yang tidak suka berjalan kaki cukup jauh maka sebaiknya skip tempat ini sebagai referensi liburan.

Lokasi Puncak Bukit Kosakora

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasi wisata ini. namun diperlukan effort agar bisa sampai ke tempat tujuan. Lokasi Puncak Kosakora ini berada di Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa. Perjalanan untuk kesana dari Kota Yogyakarta menuju kawasan Bukit Kosakora memakan waktu hingga 2 sampai 3 jam dengan jarak tempuh mencapai lebih dari 60 kilometer. Perjalanan yang lama tersebut akan terbayarkan karena di sepanjang perjalanan kamu akan melihat keindahan alam khas Gunungkidul yang wilayahnya dikelilingi oleh tebing-tebing dan gunung berbatu yang tinggi.

Rute Menuju Bukit Kosakora

Ada 3 rute yang bisa kamu lalui untuk mencapai Jalan menuju Puncak Kosakora. Rute puncak kosakora yang pertama yaitu dari Kota Yogyakarta mengambil arah Piyungan hingga melalui Jalan Patuk-Wonosari dan dilanjutkan hingg ke arah Jl. Baron. Ambil arah menuju Pantai Baron kemudian melewati pantai Kukup dan tibalah di pantai Drini. Rute kedua yaitu dari Kota Yogyakarta menuju ke Bantul kemudian lewat daerah Panggang hingga menuju ke Saptosari. Ikuti jalan menuju Pantai Baron, Kukup dan destinasi terakhir kamu bisa turun di Pantai Drini. Rute ketiga yaitu dari Kota Yogyakarta hingga lewat daerah Piyungan. Lanjutkan perjalanan menuju Patuk. Setelah sampai di daerah Wonosari ambil rute menuju Jl.Baron. Di pertigaan Mulo ambil arah kiri menuju daerah Tepus. ambil arah kanan menuju kawasan Pantai Indrayanti, Sundak, Krakal dan Pantai Drini menjadi destinasi terakhir.(Baca juga: rental mobil jogja)

Dari ketiga rute tersebut sama-sama berakhir di Pantai Drini karena memang untuk bisa mencapai Bukit Kosakora kamu harus trekking melalui Pantai Drini. Buat kamu yang membawa kendaraan pribadi bisa dititipkan di Pantai Drini. Untuk sampai di Bukit Kosakora maka kamu harus melalui jalan berbukit yang ada di sebelah timur Pantai Drini. Di awal rute menuju kesana akan ada pintu gerbang yang mengarahkan ke Bukit Kosakora. Namun meskipun rutenya melalui kawasan perbukitan sejauh 2 kilometer, kamu tidak perlu khawatir tersesat karena disana sudah ada petunjuk jalannya dan sudah dibuka jalur menuju kesana.

 

Awal trekking menuju Bukit Kosakora kamu akan disambut dengan jalan berbukit dengan kontur bebatuan yang tajam. Apalagi di sebelah kiri kanan jalan terdapat banyak tanaman liar yang berduri. Kamu perlu berhati-hati ketika melewati jalan tersebut. Namun santai saja karena tidak sepenuhnya rute bukit Kosakora memiliki kontur jalan seperti itu. Kamu pun akan melalui wilayah persawahan warga dengan jalanan yang datar sehingga trekking pun terasa menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi ketika kamu sudah sampai di Pantai Ngrumput yang menawarkan keindahan yang berbeda. Disana kamu bisa beristirahat sejenak sebelum melakukan trekking lagi melewati bukit-bukit dengan bebatuan yang tajam.

Setelah melewati Pantai Ngrumput itu kamu akan disambut lagi dengan jalan menanjak menuju bukit kosakora. Namun sudah terdapat undakan-undakan disana sehingga lebih memudahkanmu untuk naik ke atas. Sampai di atas kamu akan merasa puas sudah sampai di bukit kosakora dengan rute puncak kasakora yang sangat menguras tenaga dengan jarak kurang lebih 2 kilometer. Usahamu akan terbayarkan karena disana pemandangannya sangat indah.

Meskipun pantai kasakora wonosari lokasinya berada di wilayah yang bisa dikatakan cukup tersembunyi, namun ketika hari libur cukup banyak wisatawan yang datang kesana. Fasilitas yang ada disana pun cukup lengkap. Untuk kamu yang ingin camping disanapun bisa menyewa peralatan camping kepada pengelola setempat. Untuk fasilitas kamar mandi, mushola, warung makan terdapat di kawasan Pantai yang ada di bawah Bukit Kosakora. Di atas bukit juga terdapat warung namun dengan pilihan yang terbatas.

Waktu Terbaik Tour ke Puncak Kosakora

Waktu yang paling tepat untuk liburan ke Bukit Kosakora dengan paket wisata jogja murah adalah saat pagi hari atau sore hari. Pada saat itu pemandangan akan lebih indah dan trekking pun akan lebih mudah karena matahari belum terlalu terik. Apalagi saat sore hari pemandangan matahari tenggelam akan membuat suasana disana menjadi lebih istimewa. Memang Bukit Kosakora dikenal sebagi spot yang oke untuk menikmati sunset kosakora. Buat kamu yang ingin melakukan camping kosakora maka sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu kepada pengelola tempat tersebut. biasanya akan dikenakan tariff khusus untuk camping disana.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Untuk biaya yang harus kamu keluarkan ketika berlibur disana yaitu biaya untuk masuk kawasan pantaidi Gunung Kidul sebesar Rp 10.000 per orangnya. Kemudian untuk memasuki kawasan Bukit Kosakora aka nada 2-3 pos penjagaan dan dikenakan retribusi cukup murah hanya Rp 3000 per orangnya. Untuk tarif parkir motor yaitu Rp 3000 per hari dan mobil Rp 10.000 per harinya. Jika kamu berencana untuk menginap jangan lupa untuk mengatakan kepada pemilik parkirnya bahwa kamu akan menginap.

Baca juga: Rental Mobil Jogja Murah Ke Bukit Kosakora

Tips Liburan ke Puncak Bukit Kosakora

Buat kamu yang ingin kesana maka siapkan tenaga dan stamina tubuh yang baik karena dibutuhkan usaha yang cukup besar untuk trekking ke Puncak Bukit Kosakora. Agar perjalanan trekkingmu nyaman maka sebaiknya kamu menggunakan sandal atau sepatu gunung yang nyaman dan aman untuk digunakan. Bagi kamu yang ingin melakukan camping di atas bukit sebaiknya membawa perlengkapan sendiri. Namun jika kamu malas membawanya dari rumah dan memberatkan saat trekking maka kamu pun bisa menyewa peralatan camping di warga sekitar.

Sebaiknya kesana ketika awal musim hujan atau akhir musim hujan. Pada waktu itu rerumputan di atas bukit masih terlihat kehijauan sehingga akan lebih indah daripada kamu kesana saat musim kemarau dan semuanya terlihat menguning.

Bagaimana mau liburan ke puncak bukit kosakora bersama keluarga atau rombongan? Yuk intip paket wisata jogja ke kosakora klik => Paket Wisata Kosakora

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares