Puncak Menwa Tembelan Mangunan Negeri Diatas Awan
2 Mar

Puncak Menwa Tembelan Mangunan Negeri Diatas Awan

Wisata Puncak Menwa Tembelan Mangunan Jogja. Mengapa Jogja selalu tidak pernah habis untuk diceritakan ? Karena Jogja selalu menghadirkan tempat wisata baru yang wajib untuk dikunjungi. Seperti Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo, tidak ada yang pernah menyangka lokasi yang hanya berupa perbukitan menyimpan pemandangan layaknya di negeri dogeng.

Wisata Puncak Menwa Tembelan Mangunan merupakan bagian dari obyek wisata baru di daerah Bantul Yogyakarta. Jika anda ingin mengunjungi obyek wisata ini tidak ada salahnya anda mengunakan Jasa Paket libruan Jogja sehingga dapat menikmati banyak obyek wisata tanpa perlu megkhawatirkan banyak hal.

Wisata Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Mengunjungi Negeri Diatas Awan

Saat mengunjungi Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo para wisatawan bagaikan menyaksikan lirik lagu karya seniman Katon Bagaskara yang berubah menjadi nyata. Seperti penggalan lirik ‘kau mainkan untukku sebuah lagu tentang negeri di awan, dimana kedamaian menjadi istananya’ begitu pula perwujudan nyata yang kita lihat disini.

Wisata Puncak Menwa Tembelan Mangunan Jogja

Berada di kawasan yang sama dengan Kebun Mangunan, Puncak Menwa Tembelan menawarkan ‘landscape’ yang lebih menarik bagi para pemburu foto instagram. Berada diatas ketinggian bukit, para wisatawan dapat melihat bentangan sungai Oyo , perbukitan hijau dan hutan Mangunan yang tertutup oleh awan. Dengan bentuk gardu pandan yang meyerupai kapal dari bambu, para wisatawan dapat berpose layakknya berada diatas kapal Titanic.

Obyek wisata yang terletak di Desa Dlingo ini bisa dibilang merupakan obyek wisata paling ‘bontot’ karena sebelumnya pemerintah kota Bantul telah membuka obyek wisata seperti Hutan Mangunan, Kebun Buah Mangunan, dan Puncak Becici. Mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat luas maka Puncak Menwa Tembelan pun diyakini mendapat sambutan yang sama baikknya.

Berada diatas bukit, Pucak tembelan memiliki treck downhill yang sangat menarik untuk ditelusuri. Meski bukan medan yang mudah namun jalan setapak yang dilewati sangat cocok dijadikan rute untuk olahraga mendaki. Seperti kita ketahui, akhir – akhir ini olahraga mendaki cukup populer dilakukan oleh kaum paruh baya.

Manfaat dari mendaki sendiri adalah melatih otot kaki dan tangan saat berjalan. Kemudian yang terpenting adalah melatih otot jantung dan pernafasan hal ini jika dilakukan secara rutin juga dapat mencegah serangan jantung serta penyakit Alzaimer. Karena itu, Puncak Menwa Tembelan dikategorikan tempat wisata bagi semua umur.

Hal menarik lainnya, jika biasannya wisatawan dapat melihat Sunrise maupun Sunset diatas birunya pantai, di Puncak Menwa Tembelan Matahari menampakan sinarnya tepat diantara perbukitan dan hamparan awan tebal. Pengalaman ini membuat para wisatawan lebih mensyukuri kehidupan yang mereka miliki saat ini karena melihat secara langsung fenomena alam yang luar biasa indah.

Tak berbeda jauh ketika matahari terbit, saat matahari terbenam pun para wisatawan mendapatkan pengalaman yang sangat menakjubkan. Seolah mengucapkan selamat tinggal pada hari ini, matahari berwarna jingga berlahan menghilang kemudian langit gelap dan berganti dengan sinar bulan dan kerlip bintang.

Bagi para pencari foto, pemandangan di Puncak Menwa Tembelan mampu memberikan lebih dari sekedar ‘konten’ bagi mereka. Karena itu tak hanya para wisatawan beberapa komunitas foto dan seni menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat favorit untuk dikunjungi.

Wisata Puncak Menwa Tembelan

Namun, sebelum anda mengunjungi tempat ini tentu ada beberapa hal yang sebaikknya dipersiapkan. Yang pertama gunakanlah pakaian yang hangat dan nyaman, jangan gunakan sepatu yang memiliki alas licin atau ber ‘hak’ mengunakan sepatu kets akan lebih mempermudah anda menyusuri jalan setapak.

Yang tak kalah penting adalah pastikan anda mengisi baterai ponsel, kamera saku atau kamera profesional anda. Karena akan sangat disayangkan jika tidak mengabadikan berbagai moment saat mengunjungi obyek wisata tersebut.

Meskipun Puncak Menwa Tembelan ini memilik udara yang bersih dan menyegarkan ada para wisatawan tidak membawa bayi maupun balita. Karena area ini tidak cukup nyaman jika harus dilalui oleh para balita. Selain harus ekstra penjagaan juga belum memiliki area khusus untuk mereka bermain.

Lokasi Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Lokasi Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo ini tepat berada di Mangunan, Dlinggo , Bantuk Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan untuk lokasi geografisnya terletak sebelah Puncak Mangunan, diatas sungai Oyo.

Dengan jarak tempuh 2,6 kilometer dari kota Yogyakarta melewati Imogiri melewati jalan menanjak dan berliku. Daerah sekitar lokasi ini juga menawarkan beberapa obyek wisata lain seperti Hutan Pinus, Rumah Hobbit, Kebun Buah dan makan Raja – Raja.

Puncak Menwa Tembelan Mangunan

Puncak Menwa Tembelan Mangunan

Rute Bukit Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Rute menuju wisata jogja di Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo dapat ditempuh melalui rute berikut ini :

> Dari arah kota Yogyakarta ambil arah menuju ke Jl. Parangtritis
> Sesampai Jl. Parangtritis ikuti jalannya lurus sampai dengan kilometer 11 kemudian ketemu perempatan bakulan.
> Dari perempatan Bakulan belok kiri menuju ke arah Imogiri.
> Setelah masuk di Imogiri akan bertemu dengan makan raja – raja, perhatikan petunjuknya jika lurus ke arah makan raja – raja namun jika ke ke kanan ke arah Dlinggo.
> Sesampainnya di Dlingo akan ada Tugu Mangunan sampai disana perhatikan petunjuk yang ada. Ikuti petunjuk terus dan sampailah ke Puncak Menwa.

Saat anda berada di area ini akan banyak obyek wisata yang dapat anda singahi, agar dapat mengunjungi satu persatu pastikan berangkat dari jogja sangat pagi. Selain dapat menyaksikan matahari terbit, anda tidak akan menyesal karena dapat mengunjungi semua tempat wisata. Karena itu ada baikknya mengunakan Agen Paket Tour Yogyakarta sehingga baik akomodasi maupun transportasi dapat terpenuhi dengan baik.

 

Fasilitas yang Tersedia

Beberapa fasilitas yang telah tersedia diantaranya :

  • # Mushola
  • # Tolilet
  • # Gazebo
  • # Spot Foto
  • # Area Parkir
  • # Warung Makanan
Bukit Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Bukit Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Jam buka Bukit Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Untuk jam operasional di Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlinggo tidak memiliki jam operasional. Para pengunjung dapat mengunjungi lokasi ini di jam berapapun, namun biasannya para wisatawan mulai berdatangan pada pukul 04.00 pagi.

Harga Tiket Masuk Puncak Menwa Tembelan Mangunan Dlingo

Untuk masuk ke area wisata ini, para pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun namun hanya diminta biaya parkir Motor : Rp. 2.000, Mobil : Rp. 5.000, Bus : Rp. 10.000.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik