Soto Kadipiro yang Melegenda di Yogyakarta
2 Apr

Soto Kadipiro yang Melegenda di Yogyakarta

Soto Kadipiro – Salah satu destinasi kuliner Yogyakarta yang cukup terkenal adalah Soto Kadipiro. Makanan berkuah yang satu ini mampu menghadirkan cita rasa tradisional Yogyakarta yang begitu kental. Meskipun sebenarnya soto hampir semuanya memiliki isi dan rasa yang hampir sama, namun yang satu ini mampu membuat para konsumen ingin selalu kembali. Soto Kadipiro sendiri merupakan kuliner yang sudah ada sejak dulu dan kini memiliki cabang yang tersebar di Yogyakarta.

Soto Kadipiro – Photo by @vie_24

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Soto Kadipiro

Sejarah Soto Kadipiro

Warung Soto Kadipiro sudah ada sejak tahun 1921. Soto Kadipiro dikembangkan oleh bapak Karto Wijoyo, yang sebelumnya ia pasarkan dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Barulah pada tahun 1921, ia mendirikan warung Soto Kadipiro. Setelah itu, Soto Kadipiro dikembangkan oleh bapak Widadi Dirjo Utama yang juga merupakan generasi kedua bapak Karto Wijoyo. Hingga kini, Soto Kadipiro menjadi bisnis turun temurun yang masih terus dilanjutkan oleh generasi berikutnya sang pemilik.

Cita Rasa Soto Kadipiro

Dari dulu hingga sekarang, peminat Soto Kadipiro tetap bertahan dan tidak berkurang sama sekali. Hal ini karena cita rasa yang disajikan dengan resep rahasia asli sang pemilik membuat para konsumen ketagihan dan selalu ingin kembali lagi. Soto Kadipiro terbuat dari kaldu ayam bening yang diisi dengan ayam suwir, taoge, kol, bawang goreng, juga seledri. Tambahan mie pada soto juga menjadi ciri khas tersendiri yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat makan soto lainnya. Meskipun terlihat standar layaknya soto pada biasanya, namun rempah dan juga racikan yang digunakan tentu berbeda juga menjadi ciri khas tersendiri.

Untuk menambah hindangan Soto Kadipiro menjadi lebih lengkap, disediakan juga tambahan lauk seperti sate, tempe dan tahu bacem, ayam goreng dan perkedel. Selain makanan, ada juga minuman khas jaman dulu yang pastinya tidak akan anda temukan di kebanyakan mini market. Minuman soda jaman dulu atau biasa disebut Sarsaparilla ini menambah kesan jaman dulu dan berasa seperti kembali ke masa lampau ketika menikmati Soto Kadipiro.

 

Warung Soto Kadipiro

Warung Soto Kadipiro didesain menggunakan ornament klasik, sehingga kesan otentik dan sederhana akan sangat terasa. Sebagai salah satu destinasi kuliner khas Yogyakarta, beberapa dekorasi Yogyakarta seperti wayang dan sangkar burung perkutut juga digunakan untuk mempercantik warung tersebut. Dijamin suasana Yogyakarta yang nyaman dan sederhana akan sangat anda rasakan disana.

Menurut beberapa sumber, Soto Kadipiro asli tidak memiliki cabang dan hanya ada satu outlet saja. Meskipun sebenarnya ada beberapa warung soto yang memiliki nama sama hanya berbeda pada kata akhir atau tambahan angka dibagian belakang, namun tentunya cita rasa yang diberikan sudah pasti berbeda. Maka dari itu anda perlu berhati-hati jika ingin membeli Soto Kadipiro asli yang sudah sangat legendaris. Karena sebagian Soto Kadipiro lainnya berada pada lokasi yang berdekatan dengan Soto Kadipiro asli. Jam operasional Soto Kadipiro adalah 07.30 WIB hingga 14.00 WIB.

Soto Kadipiro – Photo by @tinoindra

Baca juga: Travel Wisata Jogja Murah ke Soto Kadipiro

Lokasi Soto Kadipiro

Lokasi Soto Kadipiro asli dan lagendaris berada di jalan wates no.33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Letaknya berada didepan jalan utama, sehingga anda tidak akan sulit untuk menemukannya. Berikut ini beberapa rute menuju Soto Kadipiro.

# Dari arah barat, Lampu merah pertigaan gamping, melaju kea rah timur hingga perempatan ringroad, belok kanan ke arah jl.wates, melaju ke timur hingga SPBU kadipiro, setelah SPBU ada deratan warung Soto Kadipiro, pilih yang paling ujung timur pada bagian kiri sebelum warung steak.

# Dari arah timur, Perempatan titik nol kilometer, melaju ke arah barat hingga melewati 2 lampu merah, terus melaju ke barat hingga menemukan warung steak pada bagian kanan jalan, setelah warung steak disitulah Soto Kadipiro asli.

Bagikan ke teman-teman

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved

shares