Menunggu Senja di Waduk Sermo Kulon Progo
16 Feb

Menunggu Senja di Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk sermo Kulon Progo – Waduk atau yang sering disebut dengan resevoir adalah danau buatan yang dibentuk oleh manusia guna menampung air hujan. Begitu juga dengan Waduk Sermo Kulon Progo, dibuat guna untuk mengaliri area persawahan dan pemukiman penduduk.

Waduk ini telah dibangun sejak tahun 1990 an dan diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Berada diantara dua bukit, waduk ini juga dikelilingi oleh hutan lindung yang terdiri dari berbagai varietas pepohonan. Dikarenakan pemandangannya yang begitu indah, waduk iini bertambah fungsi menjadi obyek wisata. Waduk Sermo Kulon Progo inipun menjadi tujuan wisata favorit di berbagai Jasa Paket Wisata Yogyakarta.

Tempat Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Berada di kawasan Kulon Progo, Waduk Sermo merupakan tujuan wisata yang layak untuk dikunjungi. Awalnya waduk ini hanya tampak seperti kolam raksasa yang dipenuhi oleh berkubik – kubik air. Namun seiring dengan berjalannya waktu dilakukan beberapa perubahan seperti pembangunan track berjalan yang melingkari waduk. Hal ini memudahkan para pengunjung untuk berkeliling ditepian waduk dengan aman.

waduk sermo yogyakarta

Kemudian dibangunlah beberapa gazebo yang berbentuk jamur serta gubuk – gubuk kecil. Hal ini lantas dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bersantai sembari menikmati pemandangan di sekitar waduk. Hal inilah yang berangsur – angsur membuat waduk ini ramai pengunjung.

Setelah menjadi tempat wisata, pengunjung pun dapat menikmati waduk dengan berbagai cara. Berfoto diberbagai bagian waduk yang menarik, memancing serta berolahraga menjadi kegiatan rutin di setiap harinnya. Hal ini menjadikan waduh memiliki fungsi lain selain irigasi namun juga sebagai area rekreasi.

Beberapa Spot foto yang menjadi incaran para wisatawan terletak di beberapa bagian. Yang pertama spot Taman Bambu Air yang terletak di tengah waduk. Spot ini cukup unik karena terdiri dari meja , kursi bergaya jaman dahulu dan terbuat dari rangka besi. Kemudian spot menarik lainnya yaitu spot love, bukit pethu, perahu terapung, jangkang hill dsb.

Terus berbenah diri, pengelola waduk sermo kemudian menambahkan fasilitas yaitu pengunjung dapat berkeliling mengunakan perahu kayu maupun perahu motor. Fasilitas inilah yang menjadi favorit para pengunjung, karena dapat merasakan sensasi berkeliling waduk diatas perahu.

Bukan tanpa halangan, pembangunan waduk yang memiliki luas sekitar 157 hektar ini harus membendung kali Ngrancah di desa Hargowilis Kecamatan Kokap. Tak hanya itu, pemerintah juga harus melaksanakan program transmigrasi yaitu memidahkan 100 kk ke Tak Koi Bengkulu.

Pemerintah berani mengelontorkan biaya hingga 22 Milyar untuk pembangunan Waduk ini karena melihat potensi yang besar didalamnnya. Terbukti air dari waduk Sermo dapat mengaliri 7.152 Ha area di Kalibawang serta mensuplai air di PDAM setempat. Dan yang lebih membangakan lagi, waduk ini telah puluhan kali digunakan sebagai lokasi Olimpiade dayung kelas nasional maupun internasional.

Nama waduk Sermo sendiri ternyata berasalah dari nama salah satu sesepuh yang dulu pernah menempati lokasi tersebut. Konon kabarnya menskipun telah meninggal dunia, lokasi makamnya yang terletah di tenggah danau menolak untuk dipindahkan. Karena untuk warga setempat memeberikan tanda bendera putih tepat diatas lokasi makam beliau, sehingga dapat terus diingat, Tak hanya itu, waduk ini pun diberi nama Waduk Sermo sebagai bentuk perhormatan terhadap beliau.

Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo

Untuk mencapai lokasi Waduk Sermo Kulon Progo, wisatawan dapat memulia perjalan dari Jogja dengan menempuh waktu kurang lebih 90 menit perjalanan. Meski dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, namun disarankan untuk berkendara dengan mobil dikarenakan jalan yang dilewati. Bagi anda yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir, karena banyak Jasa Wisata Jogja yang menyediakan persewaan mobil terpercaya.

Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo

Waktu yang paling tepat untuk menikmati Waduk Sermo adalah di pagi dan sore saat matahari terbenam. Namun beberapa kilometer dari Waduk Sermo juga terdapat beberapa obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan seperti kalibiru, Gunung Gajah , serta Puncak Dipowono.

Rute Waduk Sermo Kulon Progo

Memulai perjalanan dari Jogja, Rute menuju Waduk Sermo Kulon Progo sangatlah mudah untuk dijangkau. Berlokasi di Desa Hargowilis kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo.

Rute dari arah Yogyakarta ;

> Ambil arah Jl. Wates ikuti jalan sampai ketemu dengan patung kuda

> Dari Alun – alun ambilah arah barat menuju ke Waduk Sermo

> Ikuti jalannya terus akan ada bebrabagi macam arah menuju ke Wadu Sermo

Fasilitas yang Tersedia

Berbeda dari obyek wisata lain di dareah Kulon Progo, Waduk Sermo mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah. Karena itu fasilitas yang disediakan sangat memadai bagi para wisatawan, diantarannya :

Rute Waduk Sermo Kulon Progo

Rute Waduk Sermo Kulon Progo

 

 

# Persewaan perahu ( perahu motor dan gethek)

# Gazebo ( Gazebo Jamur dan Pondokan)

# Toilet Umum

# Mushola

# Area Camping

# Area Outbound.

# Gardu Pandang

 

Jam buka atau jam Operasional Waduk Sermo Kulon Progo

Meski terkenal dengan keindahaannya disaat Sunrise maupun Sunset, jam buka Waduk Sermo Kulon Progo pada pukul 07.00 s.d 17.00. Namun jika anda tetap ingin datang lebih pagi ada baikknya tetap meminta ijin pengurus setempat.

Camping Waduk Sermo Kulon Progo

Camping Waduk Sermo Kulon Progo

Selain itu bagi wisatawan yang menyukai wisata lam dan hendak ber camping di lokasi ini ada baikknya anda menyewa Agen Paket Tour Jogja. Anda tidak perlu pusing untuk mengatur waktu, akomodasi serta ijin karena Agen tersebut menyediakan Jasa untuk mengurus semua kebutuhan wisata anda.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Jogja memang terkenal ramah dimata para wisatawan, selain ramah dalam pelayanan juga ramah dalam memberikan harga tiket masuk waduk sermo maupun makanan. Untuk menikmati keindahan alam saja, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebnayak berikut :

Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

# Tiket Masuk : Rp. 5.000

# Biaya Parkir motor : Rp. 2.000

# Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000

# Biaya Parkir Bus : Rp. 10.000

# Sewa Perahu Motor : Rp. 30.000

# Perahu Gethek : Rp. 6.000/ Orang

# Gardu Pandang : Rp. 10.000 / Orang

Sangat terjangkau bukan? Anda pundapat menikmati santapan sederhana di berbagai warung kaki lima dengan kisaran harga Rp. 3.000 s.d Rp. 30.000 saja.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik