Watu Goyang – Wisata Baru yang Sayang untuk Dilewatkan
11 Jan

Watu Goyang – Wisata Baru yang Sayang untuk Dilewatkan

Watu Goyang – Wisata di Yogyakarta seakan tidak ada habisnya. Dengan mengunjungi Yogyakarta, kamu bisa mendapatkan paket wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja dan wisata lainnya. Berbagai macam alternatif wisata baru pun banyak bermunculan. Salah satu tempat yang terdapat banyak tempat wisata baru yaitu Mangunan. Dulu Mangunan hanya dikenal dengan Kebun Buah Mangunannya yang menjadi spot favorit untuk menikmati sunrise dengan kabut-kabut yang menyelimuti layaknya berada di Negeri atas awan. Namun kini banyak bermunculan tempat wisata baru yang sejenis namun memiliki keunikan yang berbeda. Tak hanya menawarkan wisata yang asyik dikunjungi untuk melihat sunrise saja. Di Mangunan juga terdapat tempat wisata baru yang cocok dikunjungi untuk melihat sunset. Tempat wisata baru tersebut bernama Watu Goyang.

Watu Goyang – Photo by @ifabulet

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Watu Goyang

Watu Goyang Yogyakarta merupakan lokasi wisata alam yang baru saja di buka. Namun kini jumlah kunjungannya sudah cukup ramai ketika liburan tiba. Pengelola tempat wisata tersebut pun juga telah menambahkan berbagai macam fasilitas demi kenyamanan para pengunjung. Tempat ini bisa menjadi alternatif destinasi wisatamu ketika berkunjung ke Mangunan. Apalagi wisata watu goyang imogiri namanya belum setenar dengan lokasi wisata lain yang ada di Mangunan seperti Bukit Panguk Kediwung, Hutan Pinus Dlingo maupun Bukit Mojo. Jadi kamu bisa nyaman berwisata kesana tanpa terganggu dengan banyaknya wisatawan yang datang. Apalagi bagi kamu yang suka berfoto maka akan lebih menyenangkan untuk mencoba berbagai spot foto disana tanpa harus mengantri lama.

Watu Goyang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia akan berarti Batu Bergoyang atau Batu Bergerak. Nama itu dipakai karena disana banyak batu besar yang mudah sekali bergerak atau bergoyang ketika disentuh. Namun sekarang pengelola wisata watu goyang bantul telah membuat batu-batu yang ada disana menjadi tidak mudah untuk bergoyang untuk menjaga keselamatan para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Watu Goyang

Meskipun tergolong lokasi wisata baru, namun watu goyang dlingo bantul memiliki fasilitas yang cukup lengkap sehingga membuat nyaman pengunjung yang datang kesana. Fasilitas-fasilitas umum yang sudah dibangun oleh pihak pengelola Watu Goyang diantaranya adalah parkir yang cukup luas, gazebo, mushola, kamar mandi, taman, hingga spot foto yang menarik. Dengan tiket masuk Watu Goyang hanya sebesar Rp 3000 per orangnya, kamu bisa menikmati view indah dari ketinggian. Selain itu kamu cukup membayar parkir saja untuk kendaraan yang kamu bawa kesana. Untuk parkir motor tarifnya Rp 5000 dan tarif parkir mobil RP 7000. Dengan tarif yang sangat murah tersebut tentu saja tempat wisata ini cocok dikunjungi saat kamu mencari alternative wisata di Jogja yang murah namun tetap menyenangkan.

Lokasi Watu Goyang

Lokasi Watu Goyang berada di lokasi dusun Cempluk, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di ketinggian membuatmu bisa melihat keindahan Kota Jogja dan sekitarnya dari ketinggian. bahkan darisana kamu juga bisa melihat Makam-Makam Raja Imogiri yang dari kejauhan terlihat mencolok berwarna putih. Bagi kamu yang suka bersepeda atau gowes, trekking menuju Watu Goyang menanjak dan berliku-liku sangat recommended untuk dicoba. Bagi kendaraan bermotor lainnya yang datang kesana dipastikan dahulu kendaraan yang kamu bawa dalam kondisi baik.

Watu Goyang – Photo by @mita_oci

Rute Menuju Watu Goyang

Rute menuju Watu Goyang ini cukup mudah untuk ditemukan. Apalagi buat kamu yang sebelumnya sudah pernak menjelajah ke wisata Mangunan pasti taka sing lagi dengan rute menuju watu goyang. Namun jika kamu belum pernah kesana sama sekali maka jangan khawatir karena lokasinya bisa kamu temukan di Google Maps dan di jalan menuju kesana sudah ada papan petunjuk yang mengarahkan untuk menuju Watu Goyang.

 

Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Watu Goyang mencapai 20 kilometer dan bisa kamu tempuh dengan waktu kurang lebih satu jam. Sayangnya untuk akses kesana harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak tersedia angkutan umum. Bagi kamu yang datang dari luar kota maka bisa menggunakan jasa travel atau rental kendaraan di Yogyakarta sehingga memudahkanmu untuk sampai disana. Dari Kota Yogyakarta kamu harus menempuh rute melalui Rinroad Selatan menuju Jalan Imogiri Timur. Berjalanlah terus ke arah selatan dan kamu akan menemukan pertigaan setelah Pasar Imogiri. Disitu kamu harus mengambil rute menuju ke kiri arah Makam Raja Imogiri. Ikuti terus hingga kamu menemukan pertigaan terakhir sebelum masuk kawasan Makam Raja Imogiri. Di pertigaan itu kamu harus ambil ke arah kanan menuju Kebun Buah Mangunan. Setelah itu ikuti jalan utama yang berliku dan menanjak hingga kamu menemukan tulisan Bumi Langit. Jika sudah ada tanda itu berarti sebentar lagi kamu akan menemukan loksai Watu Goyang. Ikuti saja jalan hingga di kiri jalan ada papan petunjuk jalan menuju Watu Goyang.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Watu Goyang

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Watu Goyang imogiri bantul adalah saat sore hari. Lokasinya yang menghadap ke arah Barat membuat tempat tersebut menjadi spot yang tepat untuk menikmati sunset. Pemandangan indah persawahan, hutan, dan pemukiman warga yang terlihat dari kejauhan semakin membuat suasana sore disana semakin indah. Kamu pun bisa bersantai menikmati waktu disana hingga malam hari karena tempat tersebut buka hingga jam 10 malam. Namun bagi kamu yang ingin kesana pada pagi hari juga tak ada salahnya. Jika beruntung maka kamu bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan. Namun jangan berharap kamu bisa menikmati sunrise dari sana karena lokasinya tidak memungkinkan.

Pada waktu musim kemarau atau cuaca sedang panas, sebaiknya jangan datang pada siang hari. Meskipun lokasi Watu Goyang berada di ketinggian, namun ketika siang hari udara disana juga akan panas. Maka dari itu agar liburanmu menyenangkan sebaiknya carilah waktu yang tepat untuk datang kesana sehingga kamu bisa mendapatkan momen yang istimewa.

Kelebihan lainnya dari wisata Watu Goyang yaitu disana terdapat taman bunga yang indah dan berwarna-warni. Meskipun areanya tidak luas, namun cukup untuk berfoto-foto dan membuat stok fotomu lebih kaya tentunya. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berfoto di spot foto ikonik yang ada disana. terdapat sebuah spot foto berbentuk helicopter. Kamu bisa naik ke atasnya dan berfoto disana. Jika belum puas juga maka kamu bisa mencoba beberapa spot foto lagi yang ada disana.

Watu Goyang – Photo by @gunawanwicaksana28

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Watu Goyang

Puas berkunjung di Watu Goyang, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke destinasi wisata lain yang ada di sekitar sana. Jangan takut jika kunjunganmu ke destinasi wisata lainnya akan menguras dompet karena tiket masuk wisata di sekitar Mangunan sangat murah. Tak hanya tiket masuknya saja yang terjangkau, warung makan yang ada disana pun juga menyajikan menu makan yang istimewa namun tetap dengan harga yang aman bagi kantong wisatawan. Jadi jangan takut akan tekor ketika kamu berwisata kesana guys.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja watu goyang ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved