Watu Ngadek – Tempat Melihat Jogja dari Ketinggian
11 Jan

Watu Ngadek – Tempat Melihat Jogja dari Ketinggian

Watu Ngadek – Wisata alam biasanya menjadi pilihan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta. Di Jogja sendiri banyak sekali lokasi wisata alam yang asik untuk dikunjungi. Selain itu wisata alam yang disuguhkan di Yogyakarta cukup beragam. Mulai dari wisata alam berupa pantai, perbukitan, pegunungan, air terjun, dan masih banyak lagi jenis wisata alam lainnya yang ada di Yogyakarta. Tak heran jika di akhir pekan dan libur panjang, Yogyakarta selalu menjadi tujuan para wisatawan dari luar kota bahkan hingga luar negeri sebagai destinasi liburan yang tepat.

Watu Ngadek – Photo by @topekh98

Baca juga: Paket Wisata Jogja di Seribu Batu Songgo Langit

Jumlah kunjungan dari waktu ke waktu yang terus meningkat membuat banyaknya destinasi wisata baru yang bermunculan. Wisatawan yang datang ke Yogyakarta pun semakin punya banyak list lokasi wisata yang dikunjungi. Apalagi di Yogyakarta terkenal sebagai tempat yang murah untuk berwisata. Jadi meskipun mengunjungi banyak lokasi wisata tak akan membuat dompetmu kering ketika liburan di Jogja.

Salah satu lokasi wisata baru yang ada di Jogja yaitu bernama Watu Ngadek. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia maka Watu Ngadeg memiliki arti Batu Berdiri. Dinamakan seperti itu karena di lokasi tersebut terdapat batu-batu besar yang kuat dan lokasinya berada di pinggir tebing. Di atas batu-batu itu biasanya banyak orang berdiri untuk berfoto sehingga mendapatkan foto yang indah dengan latar belakang pemandangan yang menarik. Meskipun lokasi batunya itu dekat dengan tebing, namun masih aman untuk digunakan para pengunjung yang ingin berfoto-foto dengan posisi berdiri di atas batu tersebut. Apalagi di sekeliling tebing sudah diberikan pagar buatan sehingga lebih aman. Bagi kamu yang takut berfoto di atas batunya maka kamupun bisa berfoto atau menikmati pemandangan disekitar sana dengan berdiri di tepi tebing yang sudah dipagari.

Watu Ngadek jogja ini meskipun tergolong masih baru dibuka namun sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pengelola disana sangat serius mengembangkan destinasi wisata tersebut sehingga fasilitas yang dibutuhkan pengunjung sudah tersedia disana. Berbagai macam fasilitas yang ada disana seperti tempat parkir yang luas, warung makan, spot foto menarik, kamar mandi, musholla, gazebo, hingga wifi pun ada disana. Jadi buat kamu yang selalu eksis di media sosial bisa langsung upload hasil fotomu liburanmu di wisata watu ngadek dengan memanfaatkan wifi gratis yang ada disana.

Lokasi Watu Ngadek

Lokasi Watu Ngadek ini berada satu kawasan dengan wisata Hutan Pinus Pengger. Jadi dalam satu lokasi kamu bisa menikmati keindahan Hutan Pinus Pengger serta Watu Ngadek yang cocok sebagai spot foto. Lokasinya dari kota Yogyakarta kira-kira sekitar 25 kilometer yang bisa kamu tempuh dalam waktu 1 jam. Kondisi jalan disana sudah cukup bagus dengan kontur jalan yang bekelok-kelok dan menanjak. Dibutuhkan skill berkendara yang handal buat kamu yang baru pertama kali kesana.

Rute Menuju Watu Ngadek

Rute menuju Watu Ngadek dapat dicapai menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Sayangnya akses dengan menggunakan kendaraan umum menuju kesana belum tersedia. Namun bagi kamu yang datang dari luar kota jangan khawatir karena di Jogja banyak sekali persewaan motor serta paket wisata menuju ke tempat tersebut. Rute menuju watu ngadek dapat ditempuh melalui dua jalur. Kedua jalur tersebut sama-sama memiliki tantangan yang sama yaitu jalan yang berliku dan menanjak. Namun karena jalannya sudah mulus maka tidak menjadi masalah dan perjalananmu kesana pun akan lancar.

Watu Ngadek – Photo by @totohandoko

Rute menuju Watu Ngadek yang pertama yaitu dari Kota Yogyakarta kamu mengikuti jalan ke arah Imogiri Timur. Setelah sampai di pertigaan terakhir maka belok kiri. Setelah itu kamu akan menemukan pertigaan lagi dan pilih arah ke kanan menuju Kebuh Buah Mangunan. Ikuti terus jalan tersebut hingga kamu menemukan pertigaan antara Hutan Pinus Dlingo dan Kebun Buah Mangunan. Ambil arah lurus menuju Hutan Pinus Dlingo. Setelah itu kamu akan menemukan Hutan Pinus Dlingo di sebelah kanan. Kamu lanjutkan saja perjalananmu hingga kira-kira 8 kilometer lagi darisana kamu akan menemukan Hutan Pinus Dlingo di sebelah kiri jalan.

 

Untuk rute menuju Watu Ngadek yang kedua ini dari Kota Yogyakarta kamu harus menuju ke Jalan Wonosari. Setelah itu lanjutkan hingga ke arah Gunung Kidul. Kamu akan melewati Bukit Bintang dan menemukan tulisan Gunung Kidul. Tak jauh dari tulisan Gunung Kidul aka nada perempatan. Pilih rute ke kanan menuju jalan Dlingo-Patuk. Kira-kira 5 kilometer dari situ kamu akan menemukan lokasi Hutan Pinus Pengger yang ada di sebelah kanan jalan.

Tiket MasukWatu Ngadek

Untuk tiket masuk Watu Ngadek dlingo bantul sudah satu paket dengan tiket masuk menuju Hutan Pinus Pengger yaitu sebesar Rp. 2.500 per orangnya. Sedangkan untuk tarif parkirnya pun sangat murah yaitu hanya Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk mobil. Jadi pergi ke watu ngadek adalah pilihan yang tepat untuk liburanmu kali ini. Karena selain murah, kamu pun sudah mendapatkan banyak pengalaman di satu tempat. Bahkan di kawasan Hutan Pinus Pengger juga terdapat goa-goa yang harus kamu jelajahi ketika kamu berkunjung kesana nantinya.

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Watu Ngadek

Waktu berkunjung ke Watu Ngadek paling bagus yaitu ketika sore menjelang malam. Pada waktu itu adalah saat yang tepat untuk melihat sunset dari atas Watu Ngadek. Dengan lokasi yang menghadap ke barat membuat tempat tersebut menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunset dengan sempurna. Apalagi menjelang malamnya akan terlihat lampu-lampu rumah penduduk yang menyala sehingga membuat pemandangan semakin indah. Biasanya waktu yang paling ditunggu-tunggu pengunjung adalah ketika hari sudah mulai gelap dan lampu-lampu pemukiman penduduk sudah menyala sehingga terlihat cantik dari atas. Dengan begitu pengunjung yang berfoto di atas Watu Ngadek akan mendapatkan foto yang keren dengan background kerlap kerlip lampu.

Namun bagi kamu yang tidak punya waktu di malam hari dan hanya bisa berkunjung kesana saaat pagi hari maka sangat disarankan untuk datang kesana pagi-pagi. Ketika masih pagi udara di lokasi wisata tersebut masih sejuk dan jika kamu kesana pada waktu musim penghujan maka kamu akan melihat kabut-kabut tipis menyelimuti area wisata Hutan Pinus Pengger. Selain itu ketika masih pagi pemandangan dari atas Watu Ngadek akan terlihat lebih indah. Kamu bisa melihat pemandangan alam perbukitan dan hutan yang terhampar di depan matamu. Pemukiman penduduk yang terlihat kecil semakin membuat indah pemandangan tersebut.

Watu Ngadek – Photo by @saiffuul

Baca juga: Rental Mobil Jogja Berilibur ke Watu Ngadek

Tips saat Berkunjung ke Watu Ngadek

Jika kamu berencana untuk berfoto-foto di Watu Ngadek maka persiapkan kamera sebelum berangkat kesana. Hasil foto dari kamera tentunya akan lebih maksimal. Dibutuhkan skill memotret jika hasil fotomu di Watu Ngadek dapat terlihat maksimal di malam hari. Namun jika kamu tidak memiliki teman yang bisa memotret dengan bagus, jangan khawatir karena disana juga terdapat fotografer yang bisa membantumu memotret dengan hasil maksimal.

Bagaimana? Apakah mau wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman ke tempat wisata di jogja watu ngadek ini?

Related Post

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved