Menikmati Wisata Kaliurang Yang kini menjadi Favorit Kaum Milenial
1 Mar

Menikmati Wisata Kaliurang Yang kini menjadi Favorit Kaum Milenial

Saat anda memutuskan untuk berkunjung ke Yogyakarta dan ingin menikmati suasa pegunungan yang menyejukkan tentu Kaliurang adalah satu – satunya tempat yang layak untuk dituju. Berada tepat dibawah kaki gunung merapi, Kaliurang menawarkan berbagai pilihan wisata yang menarik.

Tidak hanya wisata bersama teman atau keluarga Kaliurang sangat cocok dijadikan tempat outing, gathering untuk perkumpulan, rombongan atau instansi tertentu. Bagi anda yang ingin merencanakan wisata dalam waktu dekat dapat menghubungi jasa paket wisata yogyakarta yang menyediakan penawaran berwisata menarik di wisata Kaliurang.

Wisata Kaliurang Yogyakarta

Berlibur ke Jogja tak lengkap tanpa ke Taman Wisata Kaliurang

Yogyakarta merupakan surga bagi para wisatawan, kota kecil ini menawarkan wisata pantai, wisata budaya dan wisata pegunungan. Berada tepat dibawah kaki gunung Merapi, Kaliurang merupakan pilihan menarik untuk menhabiskan akhir pekan ataupun liburan akhir tahun.

Wisata Kaliurang Jogja

Wisata Kaliurang Jogja

Nama Kaliurang sendiri memiliki makna harafiah ‘sungai udang’ hal tersebut disimbolkan dengan salah satu patung berbentuk udang yang berada beberapa kilometer sebelum jalan pintu masuk obyek wisata tersebut.

Untuk mencapai tempat wisata Kaliurang yang telah ada sejak puluhan tahun lamannya ini tidaklah sulit. Meskipun berada di lereng gunung, jalan yang dilewati tidak terlalu terjal dan tersedia banyak kendaraan umum.

Berbeda dari lereng bukit lainnya, Kaliurang memmiliki puluhan villa dan resort bergaya arsitektur lama. Bahkan ada beberapa bangunan yang memang telah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Villa tersebut berada dalam satu kawasa yang mengarah ke Tlogo Putri.

Tlogo putri merupakan hutan lindung yang menyimpan banyak kapasitas air sehingga membentuk air terjun kecil yang disebut dengan Tlogo Putri. Sebelum menyusuri hutan menuju telaga tersebut, para pengunjung disambut dengan pasar yang menawarkan beberapa makanan tradisional seperti jadah, tempe bacem dan pecel. Menariknya lagi ada beberapa warung yang menawarkan sate kelinci sebagai menu spesial.

Tak jauh dari sana juga terdapat taman bermain tlogo putri, lokasi ini tak hanya menawarkan playground bagi anak – anak namun juga terdapat panggung terbuka untuk pentas seni. Biasannya pada akhir pekan atau saat – saat tertentu beberapa komunitas berkumpul untuk membuat acara seperti Jathilan, konser musik, wayangan dsb.

Selain itu, terminal yang masih satu lokasi dengan Tlogo Putri menyediakan berbagai mobil Jeep untuk wisata off road berkeliling Kaliurang Jogja. Untuk satu Jeep dapat dikendarai oleh 4- 5 orang. Dengan medan yang ekstrem wisatawan diajak untuk menyusuri desa cangkringan lokasi bekas ‘lahapan’ awan panas dan kali kuning dimana lahar dingin pernah mengalir.

Wisatawan pun diajak untuk menyelami kesedihan masyarakat sekitar akibat letusan gunung merapi di museum Gempa, terletak di salah satu rumah museum ini menyimpan barang – barang yang menjadi ‘korban’ lelehan merapi. Wisatawan juga dapat berfoto di beberapa prasasti yang khusus dibuat untuk menghormati arwah para korban bencana alam tersebut.

Masih di kawasan wisata kaliurang yogyakarta, terdapat gardu pandang yang dikelilingi taman bunga. Pada mulannya gardu pandang ini berfungsi untuk mengamati aktivitas merapi dari kejauhan. Berbekal teropong jarak jauh, kita tidak perlu mendaki gunung untuk melihat merapi dari jarak yang lebih dekat.

Wisata Kaliurang Yogyakarta

Namun, sejak tahun 2014 gardu pandang ini memiliki daya tarik yang lain. Taman yang mengelilingi gardu tersebut kini dihiasi oleh ratusan lampion yang cantik. Bahkan kini setiap satu tahun sekali lokasi ini dijadikan tempat Festival of Light yang menyajikan atraksi dancing fame fountain show atau sering disebut dengan air mancur menari yang begitu memukau.

Tak hanya diminati oleh wisatawan lokal, banyak turis mancanegara yang mengunjungi kaliurang. Salaj satu obyek wisata yang paling diminati adalah Museum Ulen Sentanu, dengan sentuhan arsitektur bergaya jaman penjajahan museum ini menyimpan banyak benda pusaka, lukisan dan cerita sejarah yang sangat menarik.

Dengan potensi wisata yang begitu besar, para investor mulai melirik Kaliurang untuk dijadikan obyek wisata kekinian. Pada lima tahun terakhir ini telah bermunculan obyek wisata baru yang sukses meraih antusias pawa wisatawan.

Obyek wisata tersebut diantarannya The Lost World Castel, Runah Hobbit Kaliurang, Stonehenge Joga, Bukit Klangon, Merapi Park dsb. Ikon – ikon terbaru ini menawarkan berbagai tema yang unik dan menarik. Dengan pemandangan yang instagramable, tempat wisata jogja ini langsung mencuri banyak perhatian.

Lokasi Wisata Kaliurang Yogyakarta

Lokasi wisata Kaliurang sangat mudah dijangkau dari kota Yogyakarta, meski berada dilereng gunung merapi hanya membutuhkan watu kurang dari 60 menit untuk sampai ke lokasi tersebut. Beralamat di Jl. Kaliurang , Hargo Binangun , Pakem Kabupaten Sleman , DIY merupakan tempat wisata yang menawarkan banyak pilihan obyek yang akan dikunjungi.

 

Rute Wisata Kaliurang

Untuk sampai ke Kaliurang bukanlah perkara yang sulit bahkan untuk wisatawan yang berasal dari luar kota. Dari bagian manapun di Yogyakarta cukup menuju Ringroad utara, kemudia ambil jalan menuju ke Jl, Kaliurang setelah sampai di perempatan kentungan ambil arah ke utara, ikuti rute Jl. Kaliurang tanpa berbelok makan anda akan sampai ke Kaliurang.

Rute Wisata Kaliurang

Rute Wisata Kaliurang

Namun, karena Kaliurang kini memiliki lebih dari satu obyek wisata yang dapat dikunjungi, sebaiknya buat daftar tempat yang akan anda kunjungi terlebih dahulu. Kemudian setelah sampai ke Kaliurang ikuti petunjuk jalan yang ada. Memakai Gmaps juga akan sangat membatu anda.

Fasilitas yang Tersedia

Tidak perlu khawatir dengan fasilitas di lokasi ini, karena merupakan obyek wisata favorit akan banyak fasilitas yang ditawarkan diantarannya :

  • # Hotel
  • # Homestay
  • # Resort
  • # Masjid/mushola
  • # Jeep
  • # Kuda Hias
  • # Rest Area
  • # Restoran
  • # Warung Sate
  • # Pusat Oleh – oleh
  • # Area Parkir yang Luas

Jam buka atau jam Operasional Wisata Kaliurang

Karena merupakan area wisata dengan banyak hotel, obyek wisata Kaliurang tidak memiliki jam Operasional. Pengunjung dapat melewati pintu masuk kapan saja namun tetap dengan penjagan petugas setempat. Namun untuk obyek wisata lainnya dapat dikunjungi mulai dari pukul 07.00 s.d 16.00.

tempat wisata kaliurang

tempat wisata kaliurang

Harga Tiket Masuk Wisata Kaliurang

Untuk masuk ke Area Wisata Kaliurang biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut :

  • # Tiket Masuk : Rp. 5.000/kepala
  • # Motor : Rp. 2.000
  • # Mobil : Rp. 5.000
  • # Bus : Rp. 10.000
  • #Sewa Jeep : Rp. 250.000 – Rp. 300.000
  • # Obyek wisata lain di kisaran Rp. 25.000 s/d Rp 100.000

Nah apabila ingin liburan ke Jogja kurang lengkap tampa liburan ke tempat wisata di Kaliurang. Di nagantour juga ada paket wisata kaliurang jogja dan juga bisa custom tour Yogyakarta.

Bagikan ke teman-teman

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Leave a Reply

Copyright © 2020 NaganTour. All Rights Reserved.

Promo Liburan Jogja Murah dan Terbaik