Bersantai Sejenak di Wisata Watu Amben
30 Dec

Bersantai Sejenak di Wisata Watu Amben

Wisata Watu Amben – Buat kamu yang sudah sering berkunjung ke Yogyakarta pasti nama Bukit Bintang sudah tidak asing lagi di telinga. Lokasi wisata yang berada di kawasan perbatasan Jogja dan Gunungkidul itu memang terkenal karena dilalui oleh para wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai tempat wisata yang ada di Gunungkidul. Bukit Bintang sendiri memiliki keindahan tersendiri yaitu karena lokasinya yang pas berada di ketinggian sehingga dari tempat tersebut orang-orang bisa melihat pemandangan Kota Jogja dari ketinggian. Apalagi lokasinya yang berada di pinggir Jalan Patuk Gunungkidul membuat tempat tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan setelah pulang berwisata dari daerah Gunungkidul.

Baca juga: Paket Wisata Jogja Murah ke Wisata Watu Amben

Dari waktu ke waktu lokasi Bukit Bintang semakin ramai. Kini sudah banyak sekali restoran dan warung makan yang dibuka di daerah tersebut sehingga memanjakan para wisatawan yang ingin datang untuk menikmati suasana Kota Jogja sambil berwisata kuliner. Pada hari libur jumlah pengunjung bisa membludak dan kamupun harus pintar-pintar mencari tempat yang kosong untuk mendapatkan tempat yang oke serta harus bersabar ketika menunggu pesananmu datang.

Sebenarnya ada alternatf tempat lain yang bisa kamu kunjungi. Tempat tersebut bernama Watu Amben. Dengan menyuguhkan konsep yang sama yaitu pemandangan Kota Jogja dari ketinggian, watu amben menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi jika kamu menginginkan suasana yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai. Tempat tersebut baru dibuka sehingga tidak terlalu banyak orang yang tahu. Dulunya pada waktu masa Kerajaan Mataram, lokasi tersebut digunakan oleh Raja-Raja Mataram untuk beristirahat setelah berburu atau melakukan perjalanan. Kemudian dulunya warga sekitar juga hanya menggunakannya sebagai tempat beristirahat setelah pulang dari mencari pakan ternak. Kini tempat tersebut telah berubah, meskipun sama-sama masih digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, namun kini lebih memiliki nilai ekonomi sehingga dengan dibukanya Watu Amben sebagai tempat wisata bisa menjadikan ekonomi masyarakat sekitar lebih maju.

Watu Amben Malam Hari - Photo by @ongkyputraaa

Watu Amben Malam Hari – Photo by @ongkyputraaa

Waktu yang paling tepat untuk datang ke wisata Watu Amben yaitu saat malam hari. Watu Amben malam hari menawarkan keindahan berupa pemandangan lampu-lampu dari pemukiman warga di Kota Jogja yang terlihat sangat indah ketika dilihat dari ketinggian. Selain waktu malam, tempat tersebut juga cocok untuk kamu kunjungi pada waktu sore hari menjelang matahari tenggelan. Tak heran biasanya banyak para wisatawan yang sengaja datang kesana hanya untuk menikmati suasana sore hari atau melihat indahnya matahari tenggelam dari ketika. Sayangnya tempat tersebut kurang cocok untuk menjadi spot berburu sunrise. Jadi bagi kamu yang mengagendakan untuk mencari spot sunrise sebaiknya datang ke lokasi lain saja. Namun bagi kamu yang hanya ingin bersantai di pagi hari sambil menikmati pemandangan maka tempat tersebut bisa kamu masukkan ke dalam list.

Meskipun tempat tersebut masih tergolong wisata baru namun fasilitas yang ada disana sudah cukup lengkap. Ada lahan parkir, kamar mandi, gazebo hingga banyak warung-warung makan dengan menu yang bermacam. Biasanya wisatawan yang datang kesana menikmati waktunya berkunjung di Watu Ambil sambil menunggu makanan yang dipesan di warung. Posisi warung-warung makan disana dibuat menghadap ke arah tebing sehingga pengunjung bisa langsung menikmati makanan yang dipesan sambil melihat pemandangan indah yang terbentang. Kalau sudah begitu napsu makan semakin bertambah tentunya.

Makanan-makan yang dijual di warung tersebut juga harganya standar, tidak terlalu mahal untuk ukuran wisatawan. Jadi jangan ragu untuk membeli makanan ketika berwisata kesana. Dengan warung-warung bergaya lesehan semakin membuatmu merasa nyaman untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan. Meskipun menu makanan yang ada disana cukup sederhana, namun warung makan yang ada disana dibuat senyaman mungkin dan bersih. Bahkan di beberapa warung makan juga tersedia free wifi. Cocok buat kamu yang ingin selalu eksis dimanapun berada.

 

Lokasi Watu Amben

Lokasi Watu Amben berada di wilayah administratif kabupaten Bantul. Tepatnya berada di Jl. Dlingo-Patuk, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. meskipun masuk ke dalam wilayah administrative Kabupaten Bantul namun lokasi tersebut berbatasan langsung dengan wilayah Gunung Kidul. Tak jauh dari Watu Amben terdapat wisata lainnya seperti Bukit Bintang, Hutan Pinus Pengger, hingga Puncak Becici. Jadi ketika kamu kesana jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata lainnya di sekitarnya.

Jalan Menuju Watu Amben

Rute menuju Watu Amben dari Kota Yogyakarta bisa ditempuh dengan dua jalur. Jalan manuju Watu Amben yang pertama yaitu dari Kota Yogyakarta kamu hari lewat Jalan Wonosari. Kemudian lurus terus mengikuti jalur utama hingga kamu menemukan Jalan Patuk-Gunugkidul. Setelah itu kamu akan melalui jalanan menanjak dan berkelok-kelok. Tak lama lagi kamu akan menemukan Bukit Bintang di sebelah kanan jalan dan tulisan Gunung Kidul. Setelah tulisan Gunung Kidul itu kamu akan menemukan perempatan. Jika mengambil arah ke kiri maka akan menuju wilayah Gunung Nglanggeran namun jika menuju ke Kanan maka kamu akan menuju Watu Amben. Ambil jalan Dling-Patuk yang mengarah ke kanan dan ikuti terus jalan utama hingga di sebelah kanan jalan kamu akhirnya menemukan lokasi wisata alam watu amben bantul.

Jalan menuju Watu Amben yang kedua yaitu dari Kota Yogyakarta kamu lewat ringroad selatan dan masuk ke Jalan Imogiri Timur. Lanjutkan perjalanan hingga keselatan sampai kamu menemukan pertigaan setelah Pasar Imogiri. Di pertigaan tersebut ambil arah ke kiri menuju Makam Raja Imogiri. Selanjutnya kamu akan menemukan pertigaan lagi sebelum sampai di area Maka Raja Imogiri. Di pertigaan itu ambil jalan ke kanan menuju Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan yang menanjak dan berlikut hingga kamu sampai di pertigaan arah Kebun Buah Mangunan. Disitu kamu ambil jalan lurus menuju ke Hutan Pinus. Lanjutkan saja perjalanan kurang lebih 8 kilometer dari situ hingga di sebelah kiri jalan kamu menemukan lokasi wisata Watu Amben.

Biasanya orang-orang banyak menggunakan jalur pertama karena rutenya lebih cepat sampai. Namun buat kamu yang sebelumnya berkunjung terlebih dahulu ke destinasi wisata Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, Puncak Becici maupun wisata lain di daerah Mangunan maka akan lebih cepat jika menggunakan rute kedua. Pulangnya kamu bisa mengambil rute ke arah Patuk-Jogja sehingga lebih cepat dan jalannya pun lebih lebar

Baca juga: Sewa Mobil Jogja Murah Ke Watu Amben

Berwisata di Watu Amben tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang parkir saja dan uang untuk membeli makanan atau minuman yang ada disana. Selain bisa menikmati pemandangan yang indah kamupun bisa berfoto di spot foto yang bertuliskan Watu Amben dengan latar belakang pemandangan perbukitan, persawahan, dan pemukiman penduduk yang terlihat indah dari atas. Akan lebih indah lagi ketika berfoto pada malam hari ketika lampu-lampu pemukiman warga sudah menyala sehingga dari Watu Amben tersebut terlihat seperti bintang-bintang.

Related Post

Nagan Tour

Nagan Tour melayani jasa rental mobil di jogja atau sewa mobil di jogja dan juga menyediakan paket tour di jogja murah dan terjangkau

Comments (No Responses )

No comments yet.

Copyright © 2018 Nagan Tour. All Rights Reserved