Bukit Jangkang, Yogyakarta adalah tempat yang memiliki wisata alam yang beragam. Selalu saja ada tempat baru yang bermunculan dan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja ketika berkunjung ke Jogja. Berkunjung ke lokasi wisata yang baru mempunyai kelebihan tersendiri.

Pertama yaitu jika berkunjung ke lokasi wisata baru maka tempatnya masih jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga kamu lebih bisa menikmati pemandangan disana. Selain itu destinasi wisata baru juga biasanya masih murah harga tiket masuknya. Jadi kamu pun bisa menghemat anggaran untuk berlibur.

Sejarah Bukit Jangkang

Salah satu destinasi wisata baru di Jogja yang worth to try adalah Bukit Jangkang. Bukit Jangkang adalah Sebuah wisata alam baru yang berada di wilayah Kulon Progo. Wisata ini dibangun di atas sebuah bukit yang terdapat sebuah pohon Jangkang yang kemudian dijadikan nama bukit ini.

Pohon jangkang yang dahulu tumbuh dengan lebat kemudian sempat diteban, maka setelah ditebang kini dibuka untuk destinasi wisata alam pohon jangkang yang menjadi sejarah nama tempat ini ditanam kembali sebagai iconic dari wisata Bukit Jangkang. Bukit Jangkang kedepan dikonsep sebagai tempat berlibur, tempat bermain anak dan tempat mengabadikan moment foto dengan background landscape pemandangan alam seputar Bukit Jangkang dan view Waduk Sermo.

Lokasi Bukit Jangkang

Lokasinya berada di Dusun Sremo Lor, Desa Hargowilis, kecamatan Kokap tepatnya agak ke utara atau sebelah atas bendungan Waduk Sermo. Jika perjalanan dimulai dari Kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam. Dikarenakan tidak ada transportasi umum menuju kesana, maka sebaiknya kamu menggunakan mobil atau motor menuju kesana. Kondisi jalan disana cukup bagus namun dengan kontur jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Perjalanan yang panjang menuju kesana akan terbayarkan dengan pemandangan indah khas pegunungan Menoreh.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju ke lokasi cukup mudah untuk ditemukan. Dari Kota Yogyakarta kamu bisa mengikuti rute menuju ke Waduk Sermo. Nanti di sepanjang jalan menuju kesana terdapat papan petunjuk arah yang menunjukkan lokasi wisata Bukit Jangkang.

Harga Tiket Masuk

Sebagai destinasi wisata baru di Kulon Progo, harga tiket masuknya masih tergolong murah. Untuk masuknya sebesar Rp5.000 per orangnya untuk hari libur dan Rp4.000 per orangnya untuk hari biasa. Untuk tariff parkirnya sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Dengan harga yang murah tersebut kamu sudah bisa menikmati keindahan perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo yang terlihat dari kejauhan. Kamupun bisa berfoto di papan kayu yang memang sengaja dibuat agar para pengunjung bisa mendapatkan view terbaik untuk berfoto. Tak jarang, banyak pasangan yang melakukan foto prewedding di lokasi tersebut.

Jika kamu memang berniat untuk melakukan foto prewedding bersama pasangan, maka lokasi tersebut bisa kamu masukkan sebagai list destinasi tujuanmu. Agar kamu mendapatkan hasil foto dengan pemandangan yang sempurna, maka sebaiknya berkunjung kesana pada waktu sore hari. Sehingga pemandangan sunset dari balik bukit akan menambah keelokan fotomu ketika berada di sana.

Jangan khawatir jika kamu tidak tahu rute menuju kesana karena lokasi wisata ini sudah cukup terkenal maka di sepanjang jalan sudah ada papan petunjuknya. Agar liburanmu mudah dan semakin menyenangkan kamu bisa ditemani Nagantour selama di Jogja. Kamu bisa memilih paket wisata keluarga atau wisata rombongan bersama teman-teman di Jogja bareng Nagantour?

Rate this post