Malang juga punya pantai indah yang bisa kamu kunjungi dan salah satunya adalah Pantai Parang Dowo. Pantai ini ada di area Malang Selatan  dan sekitar 65 km atau sekitar 2 jam dari pusat Kota Malang. 

Walaupun wisata Pantai Parang Dowo tak seterkenal Pantai Balekambang atau Pantai Goa Cina, tapi keindahannya bisa diadu. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan kalau Pantai Parang Dowo ini sebagai salah satu primadona baru di Malang. 

Sepertinya menarik untuk kamu kunjungi? Cek dulu informasi berikut ini ya. 

Lokasi, Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Parang Dowo

Lokasi  Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Tiket masuk  Rp15.000

Pantai Parang Dewo berada di Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur. Dekat dengan Pantai Nagateo dan Pantai Jolangkung. 

Jika kamu ingin ke pantai di Malang ini, kamu bisa datang kapan saja karena Pantai Parang Dowo buka setiap hari, 24 jam. 

Untuk masuk dan menikmati keindahan pantai Malang ini, kamu harus membayar tiket sebesar Rp15.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk tiket masuk dan parkir sepeda motor. Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat, ada biaya tambahan sebesar Rp10.000 per kendaraan.

“Anak usia di atas 3 tahun dikenakan biaya masuk.”

Alasan Liburan ke Pantai Parang Dowo

Pengunjung yang datang ke Pantai Parang Dowo memiliki alasan yang berbeda-beda kenapa memilih untuk liburan di sini. Berikut daya tarik dan alasan kenapa kamu perlu liburan ke Pantai Parang Dowo. 

1. Karang yang Kokoh

hamparan karang Pantai Parang Dowo

hamparan karang Pantai Parang Dowo (Cr. Iinstagram.com/hokitraveler)

Pantai Parang Dowo dikenal juga dengan nama Pantai Karang Dowo. Ini karena pantai ini memiliki karang yang kokoh dengan ketinggian sekitar 2 meter dan panjang 1 km. Karang ini berada di antara pantai dan laut lepas sehingga membuat pantai terlindungi dari gelombang laut. 

Menariknya, terumbu karang di Pantai Parang Dowo ini memiliki bentuk seperti tanggul yang melindungi pantai. Walau begitu, kamu tetap perlu berhati-hati ketika bermain-main di area terumbu karang di Pantai Parang Dowo.

“Saat musim penghujan, batu karang di Pantai Parang Dowo akan berwarna lebih hijau dari sebelumnya.”

2. Kolam dan Laguna untuk Bermain Air

Ombak di Pantai Parang Dowo tidak terlalu besar, bahkan cenderung cukup tenang. Karena hal tersebut, pantai ini cocok untuk liburan bersama anak-anak. 

“Ombak besar bisa sewaktu-waktu datang karena merupakan laut Samudra Hindia.”

Di area pantai juga terdapat laguna yang terlindungi oleh tanggul karang. Namun, untuk berenang di sini, kamu perlu menunggu dulu air pasang. 

Tidak hanya itu, di area terumbu karang di bibir pantai terdapat kolam kecil yang ada di  pinggir pantai. Sama seperti laguna, air kolam alami ini akan terisi kala air pasang. Air dari kolam ini tidak terlalu panas, jernih dan cocok untuk bersantai seperti berendam dan berenang terutama bagi anak-anak. 

3. Pemandangan yang Indah

sunset wisata Pantai Parang Dowo

sunset di Pantai Parang Dowo (Cr. Instagram.com/wahyu_te.es)

Pantai Parang Dowo Malang memiliki pemandangan yang indah. Luasnya lautan dan kombinasi tebing tinggi yang mengelilingi pantai plus terumbu karang memberikan kesan menakjubkan yang berbeda. 

Pasir putih di Pantai Parang Dowo menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa duduk santai di pasir atau gazebo sambil menikmati pemandangan pantai. 

Saat pagi atau sore hari, kamu bisa menikmati sunrise dan sunset yang eksotis. Warna kuning keemasan yang berpadu dengan birunya laut dan hamparan karang akan terlihat semakin cantik. Pemandangan tersebut bisa kamu nikmati dari pantai atau dari atas bukit.

Karena indahnya pemandangan di Pantai Parang Dowo, pengunjung kerap hunting foto di sini atau berfoto dengan background pemandangan alam. 

4. Adanya Area Kemping

berkemah di Pantai Parang Dowo

berkemah di Pantai Parang Dowo (Cr. Instagram.com/lutfi_almubarack)

Pantai Parang Dowo termasuk sebagai salah satu pantai yang memiliki area kemping. Adanya area yang cukup luas untuk mendirikan tenda ini membuat pantai ini seakan menjadi escape place bagi pengunjung. 

Kamu bisa lebih lama menikmati keindahan pantai tanpa perlu terburu-buru ke sini, misalnya untuk menikmati sunset

Untuk kemah, kamu perlu membawa perlengkapan kamu sendiri karena belum ada yang menyewakan perlengkapan kemah. Jika kamu tidak ingin repot, di sekitar Pantai Parang Dowo terdapat penginapan dengan harga sewa kurang lebih Rp250.000 per malam. 

Fasilitas Pantai Parang Dowo

Di Pantai Parang Dowo terdapat fasilitas yang cukup memadai sehingga pengunjung lebih nyaman untuk berlibur di sini. Fasilitas tersebut, di antaranya:

  • Area parkir. 
  • Toilet dan kamar mandi. 
  • Gazebo atau joglo.
  • Area kemah. 
  • Warung makan. 
  • Musala. 

Akses dan Rute ke Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo berada di tepi JLS (Jalur Lintas Selatan). Karena hal tersebut, akses jalan untuk sampai ke Pantai Parang Dowo cukup mudah, baik menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. 

Menggunakan Kendaraan Umum 

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu perlu melakukan transit atau pergantian moda transportasi. Ini karena belum ada angkutan umum yang langsung menuju Pantai Parang Dowo walaupun pantai ini ada di sekitar JLS. 

Untuk ke Pantai Parang Dowo menggunakan angkutan umum, lebih nyaman jika kamu dari Terminal Arjosari, Malang. Kemudian, kamu naik kendaraan yang menuju ke arah Terminal Gadang. 

Setelah itu, lanjutkan menggunakan angkutan kota menuju Batur. Sampai di Batur, kamu perlu menggunakan ojek untuk sampai ke Pantai Parang Dowo. 

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jikapun tidak ada motor atau mobil untuk ke Pantai Parang Dowo, masih ada sewa mobil Malang yang bisa kamu pilih. Ada pilihan mobil keluarga seperti Avanza, hingga minibus seperti Hiace dan Elf untuk liburan bersama rombongan. 

Enaknya dengan sewa mobil Nagantour, kamu juga bisa sekaligus merancang liburan ala kamu dengan paket wisata Nagantour. Apalagi nih, Pantai Parang Dowo letaknya hanya sekitar 3 km dari Pantai Balekambang. Jadi, kamu bisa sekaligus liburan ke Pantai Balekambang. 

Jika kamu dari arah pusat Kota Malang, kamu butuh waktu sekitar 2 jam 5 menit hingga 2 jam 20 menit. Rute tercepat yang bisa kamu ambil, yaitu:

Pusat Kota Malang > Jl. J.A Suprapto > Jl. Kolonel Sugiono ke arah Krajan > Jl. Panglima Sudirman > Jl. Raya Sidorejo > Jl. Raya Clumprit > Jl. Raya Hasanuddin > Jl. Raya Kartini di Gajahrejo > belok kiri dan kamu sudah sampai di Pantai Parang Dowo. 

Bisa juga kamu ambil rute:

Pusat Kota Malang > Gondanglegi lalu ikuti petunjuk ke arah Pantai Balekambang atau Batur > belok kiri jika sudah sampai perempatan Pantai Balekambang. Jika sudah dekat dengan Pantai Ngudel, maka artinya kamu sudah dekat dengan Pantai Parang Dowo. 

Tips Liburan ke Pantai Parang Dowo

Ada beberapa tips spesial buat kamu yang ingin liburan ke Pantai Parang Dowo, yaitu:

  • Tidak disarankan untuk berenang di laut.
  • Pengunjung dengan anak-anak harus tetap diperhatikan walaupun sedang berenang atau bermain air di area laguna. 
  • Perhatikan langkahmu terutama saat sedang berjalan di area karang karena cukup licin atau ada bagian karang yang tajam. 
  • Tetap perhatikan ombak karena ombak besar bisa datang sewaktu-waktu. 
  • Bawa perlengkapan kemah sendiri.
  • Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pantai. 

Jadi, Pantai Parang Dowo tidak hanya memiliki pemandangan alam dan terumbu karang yang indah tapi juga bisa kemah. Jika kamu ingin liburan ke sini, pilih waktu yang pas dan cek barang bawaan kamu ya. 

So, siap untuk liburan di Pantai Parang Dowo? 

Rate this post