Pura Mangkunegaran merupakan salah satu tempat bersejarah yang kini berubah menjadi objek wisata sejarah Kota Solo dan wajib Anda kunjungi. Saat beribur di Solo rasanya tidak lengkap jika tidak mampir di tempat ini dan melihat sendiri peninggalan bersejarah dengan seninya yang luar biasa. Jika dilihat dari sejarahnya, Kasunanan Surakarta Hadiningrat sudah berdiri sejak tahun 1755.

Selain liburan Anda bisa sambil mempelajari sejarah keraton Surakarta, jika ingin mengetahui secara mendetail tidak ada salahnya menggunakan pemandu wisata. Tentu saja Anda akan dikenakan biaya tambahan jika ingin menggunakam jasanya.

Pura Mangkunegaran

Sumber : Pang Hway Sheng

Wisata Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran sendiri sebenarnya merupakan istana kediaman para raja ataupun adipati Mangkunegaran. Raden Mas Said atau dikenal Pangeran Sambernyawa merupakan pendiri istana ini, bergelar sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I membuat istana ini diberi nama Pura Mangkunegaran.

Kemegahan Pura Mangkunegaran menjadi daya tarik tersendiri tidak hanya bagi wisatawan Nusantara saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Pura ini bahkan digunakan oleh Kaesang dan Erina sebagai tempat resepsi pernikahan pada tahun 2022 silam

Sejarah Pura Mangkunegaran

Menurut situs resminya, Istana Solo berdirinya karena adanya penandatanganan Perjanjian Salatiga yang terjadi antara Raden Mas Said dengan Sunan Pakubuwana III di kota Salatiga pada 17 Maret 1757. Bahkan proses penandatanganan perjanjian disaksikan langsung oleh VOC dan perwakilan Sultan Hamengkubuwana I.

Tidak hanya menjadi awal mula berdirinya Pura Mangkunegaran, menurut Perjanjian Salatiga ini, Mangkunegara I pada akhirnya memerintah di Kedaung, Honggobayan, Matesih, Gunung Kidul, Kedu, Sembuyan, serta Pajang sebelah utara. Sebagai penguasa Mangkunegaran, Pangeran Mangkunegara 1 berhak tinggal di Pura Mangkunegaran.

Mangkunegaran adalah Kadipaten yang memiliki posisi di bawah Kasultanan dan Kasunanan. Sejak tahun 1757-1946, Kadipaten Mangkunegaran menjadi kerajaan otonom sehingga mempunyai wilayah yang luas bahkan berhak mempunyai tentara sendiri, independen dari Kasunanan.

Akhirnya pada bulan September 1946, Mangkunegara VIII memutuskan untuk menjadi satu dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta melepas hak istimewanya. Tapi saat tahun 1945-1946, terjadi revolusi sosial besar di Solo Surakarta dan membuat Mangkunegaran pada akhirnya kehilangan kedaulatannya. Walaupun begitu, Mangkunegara beserta Pura Mangkunegaran tetap menjalankan tugasnya menjaga kebudayaan Solo.

Pura Mangkunegaran

Sumber : Zadri Indra

Harga Tiket Masuk Pura Mangkunegaran

Walaupun termasuk dalam bangunan bersejarah, jika Anda yang ingin datang ke tempat ini tidak perlu khawatir. Karena harga tiket masuk wisata ke Pura Mangkunegaran Surakarta hanya Rp.20.000/orang (wisatawan lokal) serta Rp.40.000 (wisatawan mancanegara).

Tapi untuk yang datang menggunakan sewa bus akan dikenakan biaya tambahan yaitu retribusi parkir. Perlu diingat ya jika harga tiket masuk Mangkunegaran Surakarta dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran Solo sendiri berada di Jl Ronggowarsito, Kec. Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Uniknya, kompleks bangunan di Pura ini terbagi jadi tiga halaman. Selain itu, ada beragam kegiatan yang dapat Anda lakukan selama di sini.

Pura Mangkunegaran

Sumber : Shiva

1. Tour Keliling Pura Mangkunegaran

Saat memasuki Istana Surakarta ini Anda akan menikmati keindahan Halaman pertama yang disebut pamedan, sebuah lapangan persegi panjang. Lalu di sebelah timur pamedan Anda akan menemukan bangunan Kavaleri Artileri yang memiliki dua lantai dan bernuansa Eropa, dulunya tempat ini berfungsi sebagai tempat pasukan Legiun Mangkunegaran.

Di belakang pamedan ada pintu gerbang menuju halaman kedua, Anda akan langsung disambut dengan Pendopo Ageng menyerupai Joglo namun mengusung arsitektur Jawa-Eropa. Pendopo ini seringkali dipakai sebagai tempat pertunjukan wayang dan tari dengan diiringi musik gamelan.

Bagian timur pendopo ada sebuah Perpustakaan Reksa Pustaka dan dibangun oleh Raja Mangkunegara IV. Perpustakaan berada di lantai dua Hamongpraja, bangunan ini seringkali dipakai sebagai kantor kerumah tanggaan yang mengurus istana.

Sedangkan di utara pendopo ada peringgitan, yang merupakan Dalem Agung atau tempat tinggal miliki keluarga Mangkunegaran dulunya. Sekarang Dalem Agung beralihfungsi menjadi museum, tempat di pajangnya beragam benda seni, pakaian, perhiasan, senjata, serta potrer penguasa Mangkunegaran dari masa ke masa.

2. Menyantap Hidangan Khas Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran Surakarta baru saja meresmikan sebuah pendopo baru bernama Taman Pracima Tuin. Taman Pracima Tuin pertama kali melakukan Soft Openinh pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2023. Pembukaan ini menghadirkan beberapa orang penting seperti pejabat negara.

Taman Pracima bukanlah sebuah taman biasa, karena di dalamnya terdapat restoran yang menyajikan menu-menu khas Mangkunegaran. Mengusung konsep restoran yang berbeda dibandingkan biasanya, pengunjung yang datang kesini harus mengikuti beberapa persyaratan. Untuk makanannya sendiri pun menyajikan makanan khas Mangkunegaran, dimana makanan ini merupakan favorit eyang Mangkunagoro sebelumnya.

Bahkan menu makanan ini disajikan berdasarkan arsip-searsip dari perpustakaan serta telah melalui riset kajian para sesepuh. Menu yang terkenal adalah brubus, berupa olahan daging dan dibalut sayuran. Tapi, jika ingin menikmati sajian khas Mangkunegaran Anda harus melakukan reservasi sebelumnya

Anda bisa melakukan reservasi paket wisata ataupun reservasi sendiri. Selain itu, perlu Anda ketahui jika di dalam taman ini ada e bangunan utama yaitu Pracimaloka, Pracimasana, serta Pracimawisik. Bangunan- bangunan inilah yang memfasilitasi aktivitas kuliner, mengolah hasil bumi serta melakukan pengembangan kesenian dan kebudayaan.

Pura Mangkunegaran

Sumber : Widi Afanie

Jam Buka Istana Mangkunegaran

Para wisatawan yang ingin berlibur ke Pura Mangkunegaran Solo bisa datang di hari apa pun. Karena wisata bersejarah ini selalu buka setiap harinya. Sedangkan untuk jam operasional Mangkunegaran Solo mulai dari pukul 08.30-14.00 saat hari biasa serta pukul 09.00 – 13.00 saat weekend.

Rute ke Pura Mangkunegaran

Bangunan bersejarah di Surakarta Jawa Tengah ini berada di tengah kota, jadi dapat diakses dengan mudah. Rute perjalanan menuju Pura Mangkunegaran sangatlah mudah dan baik jadi Anda bisa datang dengan sewa mobil Solo sekalipun.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum sesuai dengan rutenya, dan turun di halte terdekat. Untuk Anda yang masih .engalami kebingungan bisa melihat peta lokasi di smartphone Anda untuk mendapatkan rute terbaik dan bisa mengeksplore keindahan Solo dengan baik.

Pura Mangkunegaran

Sumber : Warga Tegal

Lokasi Pura Mangkunegaran

Walaupun berada di pusat kota, sebaiknya Anda tetap harus mengetahui dengan pasti alamat Pura Mangkunegaran. Pura Surakarta ini beralamat di Jalan Ronggowarsito, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Fasilitas Istana Mangkunegaran

Sebagai salah satu bangunan bersejarah dan kental dengan budaya solo, tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi. Istana Mangkunegaran juga menawarkan edukasi sejarah Solo, serta menjadi pusat kesenian dan budaya Solo serta menawarkan beragam spot terbaiknya.

Tidak hanya itu, wisata Solo ini memiliki sejumlah fasilitas yang akan memanjakan pengunjung, sehingga Anda bisa menikmati waktu liburan Anda di sini, berikut beberapa fasilitas yang ada :

  • Area parkir
  • Mushola
  • Galeri
  • Taman cantik
  • Toilet
  • Perpustakaan Istana
  • Ruang-ruang istana Mangkunegaran
  • Museum Istana
  • Spot foto yang instagramable

Jadi nikmatilah perjalanan liburan Anda bersama keluarga dan orag tercinta di Pura Mangkunegaran Solo dengan mengeksplore keindahan serta spot terbaiknya

Pura Mangkunegaran

Yulia Damayanti

Tips ke Pura Mangkunegaran

Supaya liburan Anda bersama keluarga terasa menyenangkan serta berjalan sesuai rencana. Pastikan aktivitas liburan anda sebelum mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo Jawa Tengah dengan tips berikut ini:

  • Pastikan Anda berkunjung sesuai dengan jam operasionalnya yaitu saat siang hari.
  • Jangan lupa membawa kamera buat hunting foto terbaik di spot-spotnya yang instagramable.
  • Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan serta menjaga kelestarian budaya Pura Mangkunegaran Surakarta dengan tidak merusak apa pun.

Semoga informasi wisata di atas bisa  membantu perjalanan liburan Anda dengan Keluarga tercinta. Pastikan Anda mengunjungi Pura Mangkunegaran Surakarta dan merasakan nuansa dan hidangan khas Mangkunegaran.

Buat Anda yang ingin berlibur dan mengeksplor kota Solo terutama Pura Mangkunegaran kini sudah tidak perlu bingung lagi, karena ada beragam paket wisata yang ditawarkan Nagantour. Apalagi jika Anda ingin mencoba hidangan khas Mangkunegaran, kami siap membantu reservasinya.

Agar perjalanan kamu tidak banyak kendala menuju lokasi kamu bisa sewa mobil atau sewa bus di Nagantour supaya perjalanan kamu lebih seru dan menyenangkan. Karena apa? Nagantour mempunyai armada yang tangguh dan driver yang sangat ramah. Hubungi admin kami untuk lebih detailnya.

Jadi tunggu apalagi!! Yuk, segera rencanakan liburan seru bersama keluarga, sahabat ataupun kerabat bersama Nagantour, liburan pun jadi lebih efisien.

Ikuti terus info wisata terbaru lainnya dari Nagantour.

Pernah Liburan ke Pura Mangkunegaran?

Jika sudah pernah ke sini, yuk berikan rating dan review untuk tempat wisata ini

Rate this post